Mengharukan! Loyalitas Hewan Terhadap Teman/Saudara/Induknya yang Baru Saja Mati

Pada dasarnya, hewan hanya memiliki insting dan hasrat untuk makan, berkembang biak dan menyelamatkan diri saja. Mereka tidak mempunyai apa yang dimiliki manusia, yaitu akal dan rasa secara global.

Namun, biarpun para hewan tersebut tidak memiliki apa yang dipunyai menusia secara keseluruhan, akan tetapi mereka tetap dikharuniai empati di dalam dirinya. Bahkan tingkatan dari empati tersebut dapat menyamai apa yang dimiliki manusia.

Tidak percaya? Berikut ini beberapa kisah dan foto mengharukan di mana ada hewan yang sedang berupaya membangunkan teman, saudara atau induknya yang baru saja mati.

1. Kanguru

Di awal tahun 2016 lalu, beredar foto yang cukup membuat orang menitikkan air mata dan menjadi viral. Foto tersebut memperlihatkan ada seekor kanguru jantan dewasa sedang mencoba membangunkan kanguru betina yang tergolek lemas tak bernyawa dengan memeluk bagian lehernya. Di sebelahnya ada kanguru kecil yang diperkirakan adalah anaknya.

[Image source Dailymail.co.uk]
[Image source Dailymail.co.uk]
Namun, setelah foto itu menjadi viral, seorang peneliti sekaligus pakar dalam dunia veterinary pathology di University of Sidney Dr Mark Eldridge menjelaskan bahwa kanguru jantan itu bukan sedang bersedih melainkan sedang ingin kawin dengan sang betina, walaupun dia mengetahui bahwa betinanya itu telah mati. Sayangnya, tidak banyak orang yang setuju dengan ucapan Eldridge dan tetap berpendapat bahwa si jantan sedang bersedih karena sang betina sudah tak bernyawa.

2. Monyet

Sebuah kejadian unik yang terjadi di utara India, seekor monyet sedang berusaha menyelamatkan monyet lain yang pingsan karena terkena kejutan listrik dan jatuh ke rel kereta api.

[Image source Dailymail.co.uk]
[Image source Dailymail.co.uk]
Setelah berhasil menarik temannya dari track kereta api, monyet tersebut mencoba beberapa cara untuk membangunkannya. Karena mungkin dirasa tidak berhasil, akhirnya dia menyeret dan memasukkan sang monyet pingsan ke dalam air dan akhirnya dia kembali sadar.

3. Sapi

Loyalitas sesama hewan juga ditunjukkan oleh segerombolan sapi di Sai Sha Road, Hong Kong, yang tidak mau pergi dari jalan raya ketika mengetahui salah satu dari teman mereka mati setelah ditabrak mobil.

 

[Image source Dailymail.co.uk]
[Image source Dailymail.co.uk]
Peristiwa yang sempat direkam dan videonya diunggah ke YouTube tersebut memperlihatkan bahwa ada beberapa sapi yang mengelilingi seekor sapi lain yang terlihat tergeletak tak bernyawa dan hewan-hewan itu tidak mau meninggalkannya sehingga membuat macet jalanan.

4. Kucing

Memang sungguh biadab yang melakukannya, ada orang yang tega membunuh dan memutilasi anak kucing di Cina yang beritanya diunggah ke internet pada bulan Juni 2016 lalu.

[Image source singaporeseen.stomp.com.sg]
[Image source singaporeseen.stomp.com.sg]
Yang membuat peristiwa itu tragis dan menyedihkan bukanlah karena sang oknum tidak tertangkap, melainkan ada seekor induk kucing yang ditemukan sedang mengeong sedih sembari menjilati kucing kecil yang diperkirakan adalah anaknya.

5. Gajah

Jika di Cina ada induk kucing yang bersedih karena anaknya mati, di India ada seekor gajah kecil yang mencoba membangunkan induknya yang sudah tak bernyawa. Awalnya, gajah betina dan anaknya yang diperkirakan berusia 2 tahun sedang berjalan beriringan di dekat kuil Kavadiammal, Pallam sebelah selatan India.

[Image source Dailymail.couk]
[Image source Dailymail.co.uk]
Saat berjalan perlahan tersebut, sang induk tiba-tiba roboh dan tidak bergerak lagi. Gajah kecil mencoba berbagai cara untuk membangunkan ibunya. Bahkan dia mengusir siapa saja yang mencoba mendekati induknya itu.

6. Anjing

Hewan yang disebut sebagai sahabat manusia ini juga tidak kalah loyal. Ada sebuah kisah yang terjadi di Zhanzhou, Cina, di mana seekor anjing sedang berusaha membangunkan temannya yang mati karena ditabrak mobil.

[Image source Dailymail.co.uk]
[Image source Dailymail.co.uk]
Setelah beberapa mencoba, mungkin akhirnya dia mengerti kalau temannya itu sudah mati, anjing tersebut ternyata tidak meninggalkan tempat dan justru melndungi sekitar daerah di mana temannya berbaring tak bernyawa itu.

Ketika hewan memiliki tingkat empati yang tinggi terhadap jenisnya sendiri, kenapa sekarang ini manusia lebih suka saling bunuh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *