Mereka Pernah Merasakan Pilunya Kehidupan, Tapi Sekarang Ciptaannya Menjadi Ikon di Dunia

Memang ada kalanya seorang kaya raya dan bergelimang harta karena bukan hasil dari kerja kerasnya, melainkan karena mendapatkan warisan, memenangkan undian atau juga karena pemberian.

Namun, tidak sedikit pula yang benar-benar memulai dari nol ketika ingin menjadi kaya dan berdiri di puncak kesuksesan, walaupun jalannya sangat berliku dan sempat dihina atau ditolak di sana-sini.

Rata-rata dari mereka yang sudah sukses tersebut menjadi inspirasi banyak orang karena ketika hidup serba kesusahan, mereka tetap tidak mau menyerah pada nasib yang kurang menguntungkan dan terus berjuang hingga akhirnya mereka berhasil mewujudkan apa yang banyak orang impikan sekarang ini.

Jika di Indonesia ada Bob Sadino, Susi Pudjiastuti sampai dengan Andrie Wongso, di luar negeri sendiri juga tidak kurang orang-orang sukses dengan kisah mengenaskan di zaman dulunya. Bahkan kini produk-produknya menjadi ikon di dunia. Berikut ini orang-orang sukses dengan masa lalu mengenaskan yang kini hasil kerja kerasnya sangat ikonik.

1. Kolonel Sanders

Bernama lengkap Harland David Sanders, pria yang produknya akhirnya menjadi ikon fastfood di seluruh dunia, Kentucky Fried Chicken, ini memiliki kisah hidup yang cukup mengenaskan.

Ketika baru menginjak umur 5 tahun, Sanders harus ditingal ayahnya untuk selamanya dan dia sebagai anak tertua di keluarganya, bertugas merawat adik-adiknya. Sayangnya, ketika ibunya menikah lagi di tahun 1902, Sanders tidak akur dengan ayah tirinya dan memutuskan untuk meninggalkan rumah dan berhenti sekolah. Dia sempat menggelandang dan akhirnya bekerja di peternakan, di bengkel dan sebagai kenek bus kota.

[Image Source via brandchannel.com]
[Image Source via brandchannel.com]
Seusai menyelesaikan program bela negara di tahun 1906, dia tinggal bersama pamanyna di Alabama. Dari tahun 1907 sampai 1930an, dia berganti-ganti pekerjaan mulai dari menjadi pembantu pandai besi, tukang servis perahu boat, sales keliling, penjaga SPBU sampai dengan pembantu umum di sebuah rumah makan.

Di antara tahun-tahun yang cukup mengenaskan itu, Sanders juga ditingal oleh istri dan anaknya. Dia sempat mengalami depresi berat. Namun, Sanders tetap ingin berjuang untuk mencapai kesuksesan sebelum maut menjemput.

Dia mencoba membuat masakan berbahan dasar ayam yang pertamanya diuji cobakan ke beberapa teman dan kerabatnya. Karena mendapatkan tanggapan positif, dia membuka Kentucky Fred Chicken yang sekarang franchisenya tersebar di seluruh dunia.

2. Jack Ma

Jika Kolonel Sanders terkenal di dunia makanan, Jack Ma adalah raja di dunia ecommerce dari Asia. Sebelum menjadi pendiri sekaligus CEO dari Alibaba Group, Jack Ma hanyalah orang yang sering dianggap sebelah mata dan masa lalunya juga cukup menyedikan.

Jack Ma terlahir dari sebuah keluarga miskin di sebuah desa di Cina. Dia harus hidup serba kekurangan dan sering dihina karena kemiskinannya itu. Walaupun tidak jarang dia merasa minder dan malu serta kesal atas perlakuan teman atau orang-orang di sekitarnya, Jack Ma tetap bertahan dan bertekad ingin mengubah nasibnya kelak.

[Image Source via storemantap.com]
[Image Source via storemantap.com]
Seusai lulus dari sekolah, Jack Ma ingin meneruskan pendidikannya di jenjang lebih tinggi, sayangnya dia gagal tes di 3 universitas yang berbeda-beda. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkahnya untuk terus maju.

Setelah lulus kuliah, dia mulai mencari kerja dengan mengandalkan ijazah dari universitasnya. Sayangnya, lebih dari 30 kali, dia mengalami penolakan di sana-sini. Bahkan dia juga pernah mencoba peruntungan untuk melamar di KFC dan kembali ditolak.

Pada tahun 1998, Jack ma mendirikan Alibaba dan selama 3 tahun tidak mendapatkan hasil atau keuntungan. Akan tetapi, hal tersebut menjadi suatu tantangan baginya. Dengan ilmu dari bangku perkuliahan ditambah pengalaman, akhirnya Alibaba tumbuh pesat dan menjadi pemimpin di dunia ecommerce di Asia.

3. Soichiro Honda

Honda merupakan salah satu brand otomotif yang terkenal di dunia, khususnya di Indonesia. Namun tahukah Anda, sang pendiri, Soichiro Honda ternyata memiliki nasib yang tidak begitu menyenangkan sebelum dirinya menciptakan imperium bisnis level dunia itu?

Honda bukanlah seorang yang memiliki otak cemerlang atau dikenal baik oleh guru saat dia sekolah. Bahkan setelah menuntaskan pendidikannya, dia masuk ke sebuah perguruan tinggi, sayangnya dia harus drop-out dan mulai mencoba bekerja.

[Image Source via frontroll.com]
[Image Source via frontroll.com]
Memasuki dunia kerja mulai menjadi montir, Honda mencoba mendirikan pabrik sendiri. Sayangnya, keinginannya sering kali gagal. Bahkan pabriknya pernah terbakar habis dan pernah pula hancur karena gempa. Tidak berhenti dari situ, ketika Jepang kalah perang di Perang Dunia II, produknya tidak terjual sama sekali. Namun berkat kerja kerasnya untuk terus hidup di dunia otomotif, akhirnya apa yang diimpikannya terwujud. Kini Honda menjadi salah satu ikon otomotif di Jepang dan dunia.

Selain ketiga orang sukses di atas yang memiliki kisah pilu di awal kehidupan mereka, masih ada segudang orang-orang juga hebat lainnya di seluruh dunia dengan cerita yang sama.

Oleh karenanya, jika Anda hanya berpangku tangan dan berharap ada emas turun dari langit, lebih baik mulailah beranjak dari tempat Anda sekarang dan mulailah bergerak dan menciptakan sesuatu. Every steps begins with one step first, right?

2 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *