Sering Heboh, Inilah Suku-suku Paling ‘Bandel’ di Indonesia

Batak [image source]

Indonesia didiami oleh ratusan suku bangsa yang mengusung adat, kebiasaan, dan tradisi masing-masing. Saking banyaknya etnis yang tinggal di tanah air, beberapa suku bahkan tidak kita kenal sepak terjangnya. Umumnya, mereka tinggal di wilayah-wilayah pelosok dan pedalaman, sehingga jarang terjangkau dan terekspos.

Namun di antara sekian banyak suku di Indonesia, ada beberapa yang cukup menonjol. Selain karena jumlah masyarakatnya yang sangat banyak, karakter orang-orang dari suku ini juga sangat tipikal sehingga mudah dikenali. Ditambah lagi, orang-orang dari suku ini juga sering membuat ‘ulah’ dan membuat etnis mereka semakin dominan di antara yang lain. Suku-suku apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Jawa

Suku yang satu ini memang memiliki jumlah sangat melimpah di Indonesia. Suku Jawa mendiami kawasan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Barat. Tentu saja itu belum termasuk populasi suku Jawa lain yang mengembara ke daerah di luar pulau Jawa. Banyaknya orang Jawa membuat mereka mudah ditemui di mana-mana. Di mana pun kalian bekerja, mungkin masyarakat suku ini selalu muncul dan menemani hari-hari kalian. Mereka selalu muncul di kantoran, tempat wisata, sekolah, kampus, dan semua aspek dalam kehidupan kita.

bahasa jawa [image source]
bahasa jawa [image source]

Secara garis besar, publik menganggap orang-orang dari suku ini memiliki karakter yang lemah lembut, suka basa-basi, dan lapang dada (walau nyatanya tidak semua demikian). Mereka juga dikenal pekerja keras, serta suka membantu sesama. Namun, bagi beberapa pihak di luar suku Jawa, sikap terlalu ramah yang ditunjukkan orang Jawa justru dianggap mengganggu.

2. Madura

Banyak orang yang menganggap suku Madura identik dengan kekerasan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh budaya carok (saling bacok dengan sabit), yang hingga saat ini masih sering dilakukan di Pulau Madura. Carok sendiri dilakukan sebagai cara mereka mempertahankan harga diri dan nyawa mereka. Gaya bicara mereka juga menjadi salah satu faktor munculnya anggapan itu. Pola bicara mereka sangat cepat, suara keras, dan banyak penekanan seolah sedang marah-marah.

Madura [image source]
Madura [image source]

Suku Madura sendiri terdiri dari empat bagian yang masing-masing mendiami kota yang berbeda, Bangkalan, Sampang, Pemekasan, dan Sumenep. Masing-masing daerah ternyata memiliki karakter penduduk, gaya bicara, dan dialek berbeda. Orang-orang dari suku Madura juga dikenal memiliki watak keras, yang tercermin dari gaya bicara dan budaya mereka. Meski demikian, mereka dikenal sangat peduli sesama, punya solidaritas tinggi, dan pekerja keras yang dilandasi tekad bagai baja. Kebanyakan dari mereka akan melakukan banyak cara agar setiap tujuan terpenuhi. Satu lagi sisi positif dari suku Madura adalah wanita-wanitanya yang tangguh.

3. Batak

Suku yang tentunya tak kalah populer adalah Batak yang mendominasi kawasan Sumatera Barat. Populasi suku ini juga terbilang melimpah dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Orang suku ini masih menjunjung tinggi adat istiadat, yang salah satunya dibuktikan oleh penggunaan marga di belakang nama masing-masing. Selain itu, berbagai tradisi juga terus dijunjung orang-orang Batak walau mereka telah bermigrasi ke wilayah lain.

Batak [image source]
Batak [image source]
Hampir sama dengan orang Madura, orang Batak juga memiliki karakter yang cukup keras, terutama dalam hal berbicara. Walau dalam percakapan sehari-hari, orang Batak selalu berbicara dengan intonasi tinggi seolah sedang marah-marah. Pembawaan yang sangat bertolak belakang membuat Batak sering dibandingkan dengan orang Jawa. Padahal nyatanya, di balik sikap keras mereka, orang Batak juga tergolong orang-orang yang sangat peduli dengan sesama.

Kebanyakan orang juga menganggap orang-orang suku Batak memiliki karakter keras kepala dan tak bisa dilawan. Mungkin ada benarnya, namun di balik itu, mereka tergolong orang yang sangat tegas, berani bersikap, dan tak ragu untuk bekerja keras. Tidak heran jika di Indonesia mereka hampir selalu mendominasi lingkungannya.

4. Sunda

Sunda memiliki dialek khas yang tentunya sudah pernah kalian dengar sebelumnya. Suku ini bermukim di beberapa wilayah di Jawa Barat. Uniknya kebanyakan orang awam akan beranggapan bahwa orang Sunda berasal dari Bandung. Orang Sunda biasanya memiliki karakter fisik tinggi dan berkulit putih. Mereka juga tergolong ramah pada sesama dan sangat cermat dalam berbagai hal, termasuk keuangan. Mungkin ada yang bilang bangsa Sunda tergolong matrealistis, namun hal itu dibantah oleh pihak yang bersangkutan dengan mengatakan bahwa mereka adalah masyarakat yang selalu punya perhitungan.

sunda [image source]
sunda [image source]

5. Minangkabau

Suku Minangkabau identik dengan istilah orang Padang, walau tidak semua masyarakatnya bermukim di wilayah itu. Salah satu hal yang membuat mereka dikenal adalah menjamurnya warung Padang yang memang dikenal lezat dan memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Saat ini, suku Minangkabau telah menyebar ke seluruh bagian di Indonesia.

Minangkabau [image source]
Minangkabau [image source]

Salah satu faktor yang membuat suku ini menonjol adalah kerja keras mereka yang bagaikan baja. Tidak heran jika kebanyakan dari mereka sukses sebagai pengusaha, terutama di bidang kuliner. Orang Padang juga dikenal sangat cermat dalam berbagai hal termasuk keuangan. Alhasil, ada beberapa pihak yang memberikan label bahwa orang Padang punya sifat pelit.

Suku-suku di atas tentunya tidak asing lagi di telinga kita, karena partisipasi sosial mereka yang cukup tinggi. Mereka memiliki berbagai watak unik yang menjadi trade-mark mereka di antara suku-suku yang lain. Menurut kalian, suku mana yang layak mendapat predikat paling bandel?

8 Comments

Leave a Reply
  1. suku jawa di tanah sunda juga dikenal keras.
    kata mereka orang jawa mah ramah dan sabar tapi sekali tersakiti hatinya biasanya suka melakukan hal yang tidak terduga.
    ahh kalau menurut saya sih tergantung orangnya. nyatanya yang menonjol sifat apiknya.

  2. Saya asal minang, tapi masih ada bbrpa lainya pantas masuk suku paling bandel.. suku bugis makassar bukan hanya bandel dan ulet dari dulunya malah terkenal garang… orang suku Ambon malahan bukan hanya keras tapi tergolong ganas baik saat bersama belanda jadi tentara bayaran maupun jaman sekarang jadi bodyguard dan debtcollektor.. yg kurang sepakat malah orang sunda dari dulu tergolong nurut baik sama pemerintahan inggris, belanda juga pemerintahan sekarang.. tingkat kebandelan orang sunda kurang terlihat..
    A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *