Wah, 5 Profesi Ini Sangat Penting Tapi Sering Dipandang Sebelah Mata

cover

Beberapa waktu lalu, muncul gurauan beserta meme-meme yang muncul di internet bertemakan seorang liveguard yang duduk terbengong di belakang seorang perenang yang mengikuti kejuaraan renang di Olimpiade 2016 yang diadakan di Brasil.

Banyak yang mengatakan bahwa sang liveguard memakan gaji buta karena sebenarnya pekerjaan yang ditekuninya tidak penting-penting banget. Tapi tahukah Anda bahwa jika tidak ada liveguard dan terjadi sesuatu di kolam renang atau ketika sang perenang mengalami kram atau sejenisnya, maka liveguard adalah barisan pertama yang akan maju untuk melakukan penyelamatan.

Tentunya menjadi satu hal yang miris ketika banyak netizen yang justru memperolok suatu jenis pekerjaan karena dianggapnya tidak memiliki andil penting bagi kehidupan atau hanya terlihat sepele.

Di Indonesia sendiri, ada segudang jenis pekerjaan yang dianggap sepele namun pada kenyataannya sangat penting dan jika mereka (sang pekerja di bidang tersebut) tidak ada, maka akan muncul suatu hal yang merugikan banyak pihak, salah satunya adalah tukang sampah.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan yang juga terlihat sepele namun sangat penting.

1. Stuntman

Di banyak film-film laga, baik yang di Tanah Air ataupun yang dari luar negeri, mempertontonkan aksi menegangkan serta mendebarkan karena sang aktor terlihat bergelut dengan maut. Bahkan tidak jarang diperlihatkan juga pemeran utama atau dari tokoh antagonisnya harus terbanting, tertabrak atau terkena sesuatu yang pastinya sangat menyakitkan jika terjadi betulan.

Akan tetapi, benarkah mereka (para aktor/aktris) melakukan adegan tersebut sendiri? Tentu saja tidak karena ada orang-orang lain yang bertugas untuk menggantikan adegan tersebut. Mereka adalah stuntman.

[Image Source getsmaart.com]
[Image Source getsmaart.com]
Peran dari stuntman ini sering kali dipandang sebelah mata karena dia tidak pernah menjadi bagian yang akan dielu-elukan ketika film yang diproduksi meledak dan menjadi terkenal serta meraup untung besar-besaran.

Terkadang, bayaran yang mereka peroleh juga tidak sepadan dengan apa yang mereka lakoni ketika harus menggantikan pemeran utama dalam adegan bahaya. Tidak jarang, para stuntman mengalami cedera serius saat bekerja.

2. Pustakawan

Nah, jenis pekerjaan satu ini sangat jarang ada peminatnya karena dianggap kurang ‘ngehits’ dan dapat dibanggakan. Pustakawan adalah seseorang yang bertugas untuk merawat, menjaga, entry data sampai dengan pengelolaan.

Sayangnya, banyak orang menganggap bahwa pekerjaan sebagai petugas perpustakaan atau pustakawan ini adalah tidak penting dan hanya dianggap sebelah mata. Dikarenakan hal itu, banyak orang yang tidak terlalu tertarik untuk menjadi seorang pustawakan.

[Image Source teacher.scholastic.com]
[Image Source teacher.scholastic.com]
Secara umum, pekerjaan satu ini tidak dapat dianggap remeh karena menjadi seorang pustakawan harus melalui pendidikan khusus atau dapat dikatakan tidak semua orang dapat sekenanya dipilih dan bertugas menjadi petugas perpustakaan.

Jika pekerjaan satu ini tidak ada, maka dapat dibayangkan berapa ribu atau juta arsip yang sangat penting akan hancur dan menjadi sarang serangga atau dimakan ngengat karena tidak diperhatikan atau dirawat dengan seksama.

3. Tukang semprot taman kota

Di setiap kota atau kabupaten tentunya memiliki badan pemerintahan khusus yang bertugas untuk mengatur tata kota, kebersihan dan pertamanan. Dalam bidang pertamanan sendiri, ada orang-orang yang sengaja bertugas untuk menyemprot tanaman di seluruh tempat di kota atau kabupaten tempat dia bertugas.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata akan profesi ini karena menganggapnya dapat dilakukan siapa saja. Namun, seperti halnya profesi sebagai penggali kubur, walaupun banyak orang yang dapat mengerjakannya, hanya berapa gelintir manusia yang mau melakukannya?

[Image Source analisadaily.com]
[Image Source analisadaily.com]
Pekerjaan menyemprot tanaman kota memang terkesan sepele dan remeh, akan tetapi mereka yang bertugas memiliki tanggung jawab agar tanaman atau tumbuh-tumbuhan tetap terlihat hijau dan hidup.

Bayangkan saja jika suatu daerah tidak memiliki tanaman, maka selain akan terlihat gersang, banjir dan polusi udara akan semakin dapat dirasakan oleh penduduk daerah yang bersangkutan.

4. Tukang gali kubur

Setiap makhluk hidup di seluruh dunia ini pasti akan mati, bukan? Begitu pula dengan manusia. Jika hewan mungkin akan mati dan menjadi bangkai tanpa harus dikubur, sedangkan manusia harus dikuburkan atau dibakar ketika ajal sudah menjemput.

Salah satu pekerjaan yang berkaitan dengan kematian seseorang adalah tukang gali kubur. Sayangnya, pekerjaan satu ini juga sering dianggap remeh oleh banyak orang karena beranggapan bahwa siapa saja dapat melakukannya.

[Image Source media.keepo.me]
[Image Source media.keepo.me]
Walaupun semua orang dapat melakukannya (menggali lubang kubur), akan tetapi seberapa banyak orang yang rela dan mau mengerjakannya? Oleh karena itulah muncul profesi sebagai penggali kubur.

Memang terkesan terlalu melebih-lebihkan, akan tetapi apa yang akan terjadi jika orang yang bertugas untuk melakukannya itu tidak ada? Pastinya, tataan liang lahat yang akan digunakan juga akan amburadul, bukan?

5. Tukang palang pintu kereta api

Bolehlah Anda mengira bahwa para petugas palang pintu kereta api seperti halnya liveguard di pantai atau kolam-kolam renang. Mereka hanya bertgas ketika ada kereta api akan lewat saja.

Namun jika mereka tidak ada dan kebetulan di suatu pelintasan kereta api tidak memiliki palang pintu, apa yang bakal terjadi? Tentunya, akan menimbulkan korban jiwa dan materi bukan?

[Image Source initasik.com]
[Image Source initasik.com]
Nah, jangan menganggap bahwa pekerjaan sebagai petugas palang pintu kereta api adalah sebuah profesi yang remeh-temeh karena tanpa kehadirannya, keselamatan banyak orang akan menjadi taruhan.

Suatu pekerjaan diciptakan oleh manusia tentunya memiliki tujuan tertentu. Walaupun terkesan sepele dan remeh, akan tetapi jika profesi atau orang yang bertugas tidak ada, maka akan muncul suatu hal yang tidak diinginkan.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *