4 Prestasi Besar KPK Sejak Didirikan

Prestasi Besar KPK

Sesuai UU Nomor 30 Tahun 2002, KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi didirikan pada era Presiden Megawati Sukarnoputri. Beliau berangapan jika institusi kejaksaan dan kepolisian saat itu penuh dengan kecurangan, sehingga dinilai tidak akan mampu memberantas koruptor. Maka dibentuklah KPK untuk mencari dan menemukan koruptor di tengah kecurangan-kecurangan yang terjadi.

KPK bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. KPK memiliki lima asas dalam melaksanakan tugasnya, yaitu: kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingn umum, dan proporsionalitas.

Sejak didirikan hingga saat ini, KPK banyak menorehkan prestasi. Setidaknya sudah sekitar Rp249 triliun uang negara yang berhasil diselamatkan. Lalu apa sajakah prestasi lain dari KPK? Berikut empat prestasi besar KPK dalam memberantas korupsi.

1. Berhasil Menjerat Tiga Menteri Aktif

Terdapat tiga menteri dari kabinet pimpinan Presiden SBY yang terjerat kasus korupsi, yaitu:

  • Andi Alifian Mallarangeng yang ditahan pada 13 Oktober 2013, terjerat kasus dugaan korupsi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang pada Desember 2012 lalu. Politisi Demokrat ini ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK saat masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).
    kasus dugaan korupsi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang
    Andi ditahan atas dugaan korupsi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang [Sumber Gambar]
  • Menteri Agama Drs. H. Suryadharma Ali, M.Si. yang dijadikan tersangka terkait kasus penyelenggaraan ibadah haji Tahun Anggaran (TA) 2012-2013 di Kementerian Agama.
    Suryadharma Ali ditangkap KPK Terkait Kasus Penyelenggaraan Ibadah Haji
    Suryadharma Ali ditangkap KPK Terkait Kasus Penyelenggaraan Ibadah Haji [Sumber Gambar]
  • Jero Wacik yang menjabat sebagai Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, menjalani pemeriksaan KPK pada Rabu 16 Juli 2014 dengan dugaan menyalahgunakan wewenangnya sebagai menteri untuk mendapatkan dana operasional demi keberlangsungan program-program di Kementerian ESDM.
    Jero Wacik Ditahan Atas Tuduhan Penyalahgunaan Wewenang
    Jero Wacik Ditahan Atas Tuduhan Penyalahgunaan Wewenang [Sumber Gambar]