4 Sajian Kopi Unik Indonesia, Siap Temani Kamu Nongkrong

Apakah Anda seorang penikmat kopi? Jangan mengaku sebagai pecinta kopi jika belum mengetahui berbagai sajian kopi dari beberapa daerah di Tanah Air. Soal rasa jangan ditanya lagi, kopi-kopi berikut ini memiliki cita rasa yang tinggi. Apalagi cara penyajiannya yang lain daripada yang lain membawa keseruan tersendiri bagi para penikmatnya.

Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi. Beberapa jenis di antarannya begitu terkenal hingga ke luar negeri. Tak heran jika yang namanya ngopi sudah menjadi budaya tersindiri. Penasarankan bagaimana sajian kopi paling unik yang populer di Indonesia? berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Kopi Tarik Aceh

Salah satu jenis kopi yang populer di aceh adalah kopi Gayo. Kopi tersebut berasal dari pengunungan Gayo. Di Aceh sendiri ada teknik penyajian yang tebilang unik sehingga rasa yang tercipta dari seduhan kopi ala Aceh itu juga punya ciri khas tersendiri. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai kopi tarik.

Kopi Tarik Aceh [image source]
Kopi Tarik Aceh [image source]
Hingga saat ini masih banyak kedai-kedai kopi yang menyediakan menu khusus kopi tarik tersebut. Cara penyajiannya adalah dengan  menyeduh kopi dalam sebuah wadah yang besar. Setelah itu seduhan tersebut disaring dengan kain tipis berkali-kali hingga mengental. Baru setelah itu disajikan pada konsumen.

2.  Kopi Kopyok Gresik

Salah satu julukan Gresik selain sebagai kota industri adalah sebagai kotanya warung kopi. Tek heran, karena di kawasan yang berada di pantai Utara Jawa Timur itu banyak berdiri kedai-kedai kopi tentunya dengan suguhan menu yang khas yaitu kopi kopyok.  Perbedaannya dari kopi lain terletak pada serbuk kopi yang lebih kasar.

Kopi Kopyok Gresik [image source]
Kopi Kopyok Gresik [image source]
Konsumen harus mengaduk terlebih dahulu kopi tersebut sebelum dinikmati. Soal rasanya kopi kopyok khas Gresik terasa lebih masam. Selain itu kopi tersebut juga lebih kental karena serbuk kopi yang dimasukan hampir mencapai separuh gelas. Salah satu warung kopi yang masih menyediakan kopi kopyok adalah warung kopi milik Cak Wito yang berada di dekat Masjid Jami’ Gresik dan telah berdiri sejak era 60an.

3. Kopi Jos Yogyakarta

Kopi jos Yogyakarta memang unik dan mungkin tidak akan bisa ditemui di daerah lain. Selain ada kopi dalam satu gelas kopi jos Yogyakarta juga ada arang. Ya, arang yang membara dimasukan ke dalam kopi yang panas. Konon kopi tersbut begitu baik untuk kesehatan adanya arang bisa menambah khasiat kopi tersebut sebagai penetralisir asam lambung.

Kopi Jos Yogyakarta [image source]
Kopi Jos Yogyakarta [image source]
Selain itu kopi jos juga bermanfaat untuk mengatasi kembung. Sejarahnya kopi tersebut sudah ada sejak tahun  60-70an dan dikenalkan oleh peramu kopi bernama Pak Man. Saat ini kopi jos manjadi salah satu kuliner yang dicari-cari ketika bertandang ke Yogyakarta.

4. Kopi Kawa Sumatera Barat

Minuman kopi ini populer di Sumatera Barat dan disebut dengan kopi kawa. Uniknya kopi ini dibuat bukan dari biji kopinya melainkan dari daun kopi. Lalu bagaimana dengan rasanya? Karena dibuat dari daun tentu rasanya khas dan berbeda dari kopi yang dibuat dari biji. Cara penyajiannya pun tidak menggunakan gelas melainkan dengan tempurung kelapa.

Kopi Kawa [image source]
Kopi Kawa [image source]
Konon budaya minum kopi dari daun ini bermula sejak ada penjajah. Saat itu penduduk diharuskan untuk menanam kopi sedangkan hasil panennya harus diserahkan semua pada penjajah. Karena tidak ada biji kopi, daun pun jadi. Meski begitu, terbukti kandungan kafein pada kopi kawa lebih rendah sehingga tidak sampai menyebabkan insomnia bagi peminumnya.

Itulah beberapa sajian kopi khas nusantara. Lalu bagaimnana dengan daerah Anda? Apakah punya sajian kopi unik seperti dia atas? Silahkan berikan komentar di bawah ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *