5 Cara Menyapa Yang Aneh Tapi Sudah Jadi Tradisi

Kita sebagai makhluk sosial sudah sepantasnya menyapa jika bertemu dengan kawan atau tetangga. Adanya kontek dengan orang lain sudah menjadi keharusan. Di Indonesia sendiri, secara umum menyapa orang lain dengan bersalaman atau pun tersenyum.

Namun, tidak semua negara menggunakan cara menyapa yang sama. Di berbagai belahan dunia, banyak sekali cara aneh yang digunakan saat bertemu dengan sesama. Dan berikut ini adalah cara menyapa paling aneh yang ada di dunia.

Mengucapkan “Wawawa”

Tradisi ini berasal dari Indonesia, lho. Tepatnya suku Dani dari Papua. Mereka mengucapkan kata ‘Wawawa’ dengan tempo cepat jika bertemu dengan seseorang. Maksud dari kata tersebut adalah sapaan.

0[ Image Source ]

Orang suku Dani tidak hanya mengucapkan kata ‘wawawa’ saat bertemu dengan sesama sukunya, namun juga terhadap orang asing. Fungsinya adalah sebagai ucapan selamat datang, atau juga rasa terima kasih. Wah, sungguh ramah sekali ya.

Menempelkan Ujung Hidung

Alaska memiliki cara menyapa yang tak kalah aneh, yaitu menempelkan ujung hidung pada lawan bicaranya. Kebiasaan ini disebut Kunik, atau biasa disebut juga dengan Eskimo Kissing, yang juga merupakan simbol dari rasa sayang.

0[ Image Source ]

Rupanya Eskimo Kissing juga merupakan tradisi. Wah, kalau hal ini diterapkan di Indonesia pasti sangat banyak kaum yang mencekal ya. Sebab di Indonesia memiliki warga yang sebagian umat muslim yang tidak perperkenankan bersentuhan dengan lawan jenis.

Menjulurkan Lidah

Hmm… kebiasaan satu ini kalau di Indonesia pasti dianggap meledek. Namun menjulurkan lidah di Tibet memiliki makna lain, yaitu mengajak berkenalan. Mereka juga menyapa orang dengan cara melet. Sungguh cara yang unik.

0[ Image Source ]

Cara ini dilakukan karena sebuah tradisi untuk membuktikan bahwa orang tersebut bukanlah rainkarnasi dari raja lalim yang pernah memimpin Tibet. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, lidah raja berwarna hitam.

Mencium Hidung Dengan Hidung

Saat kita berkenalan, hal yang wajar adalah bersalaman. Tapi pernahkah kamu bayangkan jika dua lelaki berkenalan lantas saling mencium hidung dengan hidung dengan cara mendorong. Kalau melihat adegan itu di Indonesia, kita mungkin langsung berpikir kalau mereka itu maho.

0[ Image Source ]

Tapi jangan berpikir demikian jika berada di Oman. Sebab hal itu sudah jadi tradisi penduduknya saat berkenalan. Hal itu banyak dilakukan oleh orang laki-laki. Konon, cara itu mereka lakukan untuk menunjukkan rasa kekerabatan.

Salam Adu Kepala

Di Selandia Baru juga memiliki cara menyapa yang tak kalah unik. Cara itu disebut Hongi, yaitu menempelkan saling beradu dahi dan hidung lalu menekannya. Selain itu, mereka juga saling menukarkan napas.

0[ Image Source ]

Kalau kamu sudah melakukan Hongi, maka status akan berubah menjadi salah satu warga mereka. Nah, jika sudah menjadi bagian dari mereka, berarti juga harus mengikuti segala kegiatan yang ada.

Tiap negara memang memiliki keunikan masing-masing, termasuk cara menyapa. Dan rupanya, mereka memiliki kepercayaan tersendiri dengan cara mereka saat menyapa. Tapi, jangan coba-coba cara menyapa seperti mereka di negeri kita ya, bisa jadi pusat perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *