Inilah 5 Kota Di Indonesia yang Bergelar Mistis

Dunia ini memang tak dihuni oleh makhluk yang tampak saja. Kita, sebagai makhluk hidup memang tinggal bersama dengan makhluk tak kasat mata. Entah sadar atau tidak, makhluk gaib itu nyata.

Keberadaan mereka tidak terasa bisa jadi karena kita tidak pernah ‘mengganggu’, begitu pun sebaliknya. Namun di beberapa kota Indonesia, ada yang dikenal karena ‘keaktifan’ makhluk gaibnya. Entah itu bentuk kerjasama atau lainnya. Dan berikut adalah lima kota yang paling mistis di Indonesia.

Banyuwangi Dijuluki Kota Santet

Kota yang terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang tak kalah dengan Bali ini rupanya juga memiliki julukan lain, yaitu kota santet. Julukan ini tentu tidak serta merta disandang oleh Banyuwangi. Gelar mistis itu mulai melekat saat terjadi tragedi memilukan di tahun 1998.

0[ Image Source ]

Peristiwa itu berupa terbunuhnya 100 orang dengan cara misterius. Diduga kematian tersebut dikarenakan adanya ilmu santet yang telah menyerang mereka. Peristiwa itupun dikenal sebagai ‘Tragedi Santet’

Banten Terkenal Dengan Debus

Debus adalah sebuah seni kebal yang biasanya dipertontonkan untuk masyarakat. Pada zaman sultan Ageng, pertunjukan ini diadakan untuk memberi semangat para rakyat Banten untuk melawan penjajah.

0[ Image Source ]

Namun, ada pula yang percaya jika Debus sebenarnya berasal dari Timur Tengah.  Pertunjukan ini dikenal mistis memuat adegan kekebalan yang tidak wajar. Jika baru pertama kali melihat, pada ngeri menyaksikan orang yang menusuk tubuh dengan golok, memakan api, nemusuk jarum ke lidah dan sebagainya.

Pati Dikenal Banyak Dukunnya

Jangan heran jika di akhir pekan banyak sekali tamu yang ke Pati. Mereka adalah para pasien paranormal yang datang dengan berbagai tujuan. Terang saja, kota Pati terkenal dengan banyaknya paranormal yang membuka praktek.

0[ Image Source ]

Maraknya aksi paranormal juga ditandai dengan banyaknya baliho yang terpasang di berbagai jalan. Baliho tersebut menawarkan jasa alternatif pemecahan berbagai masalah. Padahal, dulunya kota kecil tersebut dikenal sebagai kota pensiunan.

Legenda Sepasang Naga di Tapaktuan

Tapaktuan adalah ibu kota dari Aceh Selatan. Meski memiliki wisata bahari yang memesona, rupanya tempat ini belum banyak dikunjungi.  Kota ini memiliki legenda unik tentang naga. Sejarah tersebut berupa cerita masyarakat yang turun temurun.

0[ Image Source ]

Cerita tersebut berupa sepasang naga yang mendiami teluk Tapaktuan. Keduanya adalah naga Tiongkok yang diusir karena tidak memiliki anak. Kemudian mereka memelihara bayi perempuan yang terapung di sungai.

Konon, Banyak Kuntilanak Pontianak

Pontianak adalah kota misterius yang konon, masyarakatnya berdampingan dengan hantu kuntilanak. Banyak cerita dari mulut ke mulut yang mengatakan bahwa hantu kuntilanak suka sekali menculik anak-anak kecil.

0[ Image Source ]

Selain itu, ia juga sering menjebak laki-laki dengan cara menjelma sebagai wanita cantik. Setelah lelaki terjebak, maka kuntilanak pun menunjukkan sosok aslinya. Masyarakat percaya kuntilanak akan pergi jika mendengar suara meriam. Itulah sebab kenapa di Pontianak selalu mengadakan tradisi meriam saat akan menggelar suatu acara.

Sebagai masyarakat beragama, kita memang diharuskan percaya pada hal gaib. Namun, bukan berarti kita harus tunduk pada kepercayaan dan legenda yang belum tentu benarnya, apalagi sampai percaya pada dukun, itu syirik hukumnya. Lebih baik banyak berdoa, supaya kita dilindungi dari gangguan hal mistis seperti di lima kota di atas. Setuju?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *