Yuk, Kunjungi 5 Air Terjun Terbaik Di Indonesia

Di Indonesia, banyak sekali obyek wisata bernuansa alam. Setiap daerah, pasti memiliki obyek yang dijadikan icon wilayahnya. Salah satu obyek terkenal dan menjadi tujuan para wisatawan tentu air terjun.

Banyak sekali air terjun yang bisa dijadikan pilihan menghabiskan hari libur. Dari banyaknya wisata air terjun di Indonesia, tentu ada yang terbaik. Dan lima air terjun di bawah ini memang pantas mendapat gelar terbaik di Indonesia.

Air Terjun Moramo

Air terjun ini terbentuk dari bebatuan granit besar. Air yang mengalir begitu jernih dan deras. Hal itulah yang membuat air terjun ini banyak diminati oleh para wisatawan. Di sini, kamu bukan hanya dimanjakan dengan pemandangan air yang begitu alami, tapi juga pemandangan hijau alam sekitar.

0[ Image Source ]

Air terjun ini berbentuk tujuh buah undakan air terjun, serta puluhan undakan kecil yang berbeda. terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Menurut cerita setempat, air terjun ini adalah tempat mandinya para bidadari.

Air Terjun Saluopa

Air terjun ini adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia. Terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Keindahan obyek wisata ini begitu memukau para pengunjung.

0[ Image Source ]

Tak heran jika banyak wisatawan asing yang tertarik datang untuk menyaksikan air terjun yang memiliki ketinggian 25 meter ini. Terlebih air terjun ini memiliki 12 tingkatan. Dengan adanya bebatuan di sekitar  aliran air, sangat memungkinkan bagi wisatawan untuk menjelajah tingkatan air.

Air Terjun Mursala

Tak kalah dari air terjun Saluopa, Mursala juga begitu beken di kalangan wisatawan. Air terjun ini dialiri air yang jatuh dari tebing menuju laut lepas. Air terjun ini tidak pernah kering meski sedang musim kemarau.

0[ Image Source ]

Selain bisa menikmati pemandangan, kamu juga bisa menyelam di bawah air terjun. Air terjun dengan ketinggian 35 meter ini mengaliri bebatuan granit, dan kemudian jatuh ke permukaan Samudera Hindia. Lokasinya terdapat di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Air Terjun Sibolangit

Air terjun ini cukup unik karena memiliki dua warna yaitu biru dan dingin, sementara satu lagi berwarna putih dan hangat. Kedua air terjun tersebut dipisahkan oleh beberapa air terjun kecil dan tebing tinggi. Sedangkan warna air Sibolangit dipercaya merupakan hasil proses alam ketika gunung Sibanyak meletus. Letusan tersebut lantas mengeluarkan air belerang.

0[ Image Source ]

Jika suatu kali kamu berkesempatan datang berlibur dan menikmati air terjun ini, sebaiknya jangan mencoba menelan air terjun Sibolangit. Hal itu dikarenakan belum ada penelitian untuk mengetahui kandungan belerang dalam air tersebut aman atau tidak.

Air Terjun Grojokan Sewu

Dari cerita masyarakat, dulunya banyak air terjun di tempat ini. Namun saat ini yang tersisa hanya tiga air terjun yang menjadi induk dari beberapa air terjun kecil. Air terjun tertinggi terletak di 80 meter. Airnya begitu deras, terlebih saat musim hujan.

0[ Image Source ]

Air terjun ini merupakan bagian dari Hutan Grojokan Sewu yang memiliki luas hingga 20 hektar. Untuk sampai di tempat ini, kamu harus melakukan perjalanan sejauh 27 km ke sebelah timur dari Karanganyar Jawa Tengah.

Lima air terjun di atas memang sangat memukau. Pemandangan alam sekitarnya begitu indah, serta memiliki keunikan masing-masing. Jika kamu pecinta traveling, terlebih pecinta alam, lima tempat air terjun di atas sepertinya harus masuk list lokasi wisata yang harus dikunjungi.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *