Beginilah Kalau Kamu Malas Minum Air Putih

dehidrasi

Manusia membutuhkan asupan air terutama air putih sepanjang harinya. Karena memang 80% dari tubuh kita itu terdiri dari air. Banyak penelitian yang bisa membuktikan bahwa manusia mampu bertahan hidup beberapa waktu tanpa makanan namun tidak akan sanggup bertahan hidup tanpa air.

Meskipun sangat penting, namun kenyataannya masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Di bawah ini telah ada daftar beberapa akibat yang akan terjadi jika kita kurang mengkonsumsi air putih. Semoga dengan daftar ini, kita bisa mengingat betapa pentingnya mengkonsumsi air untuk tubuh kita.

Dehidrasi

Akibat pertama jika kita kurang mengkonsumsi air putih, kita akan merasa dehidrasi. Di mana tubuh kita mengalami kekurangan cairan, karena cairan yang keluar dari dalam tubuh lebih banyak dibanding cairan yang masuk ke dalam tubuh kita.

dehidrasi
dehidrasi [via]
Tubuh manusia itu membutuhkan cairan sebanyak 2-3 Liter (termasuk air putih) per harinya, terlebih lagi saat cuaca panas. Fatalnya jika sudah dehidrasi, kita akan mengalami sakit kepala, hilangnya nafsu makan dan kecemasan meningkat.

Mudah Lelah dan Mengantuk

Jika tidak rajin mengkonsumsi air putih, tubuh kita nantinya juga mudah sekali merasa lelah dan kita pun cepat mengantuk. Tak jarang juga kita akan mengalami sakit di bagian kepala. Tentu hal tersebut sangat tidak nyaman bukan.

mudah lelah dan mengantuk
mudah lelah dan mengantuk [via]
Tentu saja hal ini bisa mengganggu kinerja otak kita. Kita akan menjadi malas untuk berfikir, dan kitapun akan lambat dalam menyelesaikan segala pekerjaan. Entah itu mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas di kantor.

Kulit Menjadi Kering

Kalau akibat yang satu ini perlu diperhatikan untuk semua kaum wanita. Wanita mana sih yang tidak menginginkan kulit yang halus? Nah, jika kita kekurangan minum air putih, kulit kita akan terasa kering dan juga kasar. hal tersebut terjadi karena enzim tidak dapat bekerja dengan sempurna.

kulit kering
kulit kering [via]
Seluruh kulit tubuh kita bisa menjadi kering, termasuk bagian bibir.  Bayangin deh kalau bibir kita sampai kering, tentunya permukaannya jadi tidak rata karena kulit bibir mengelupas. Padahal kulit bibir yang mengeluas akan merusak keindahan lipstik yang wanita pakai.

Ginjal dan Kandung Kemih Bermasalah

Hal utama dan yang paling fatal jika kekurangan minum air putih, ya apalagi kalau bukan permasalahan pada ginjal. Padahal ginjal mempunyai peran penting dalam menyaring racun dalam darah, sehingga darah yang disalurkan ke seluruh tubuh sudah bersih.

ginjal bermasalah
ginjal bermasalah [via]
Saat kekurangan cairan, ginjal akan bekerja lebih keras. Kotoranpun akhirnya akan menumpuk di ginjal dan tidak dapat keluar lewat kantung kemih. Hati-hati jika urin kita warnanya keruh, itu salah satu tanda kalau ginjal kita telah bermasalah.

Gendut

Nah ini dia ini yang cukup menakutkan. Jika kita kekurangan minum air putih, tubuh kita bisa menjadi gendut loh. Karena asupan air yang kurang akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak lancar. Sehingga lemak pun akan menumpuk dalam tubuh.

badan jadi gemuk
badan jadi gemuk [via]
Terlebih lagi jika kita sangat suka makan makanan berat nih. Hal ini tentu sangat penting bukan, siapa juga yang mau memiliki tubuh gendut. Bukan hanya karena faktor penampilan saja, akan tetapi juga berhubungan dengan kesehatan tubuh kita.

Itulah tadi beberapa akibat yang bisa terjadi jika kita kekurangan minum air putih. Sempatkanlah selalu untuk minum air putih setiap harinya. Seimbangkanlah dengan tidur yang cukup, makan yang teratur dan juga olahraga yang rajin. Selamat hidup sehat readers.