5 Alasan Yang Membuat Anak Sulung Lebih Bertanggung Jawab

Bagi anak sulung, mungkin menyangdang gelar itu termasuk menyebalkan. Banyak yang menyesali kenapa ia yang harus pertama dilahirkan dalam keluarga. Sebagai anak tertua, kamu dituntut untuk lebih cepat dewasa dibanding adik-adik. Kamu juga mengemban tugas dan tanggung jawab yang tak sedikit.

Ada kalanya kamu ingin bermanja, tapi keadaan tidak memungkinkan. Barangkali sering berandai-andai jika saja kamu punya kakak. Tapi toh, pada kenyataannya kamu tetap seorang kakak yang diharuskan menjadi teladan bagi para adik. Jangan pernah sesali itu. Jika kamu anak sulung, sudah pasti kamu orang yang bertanggung jawab. Beberapa hal yang membentukmu lebih bertanggung jawab adalah berikut.

Paling Paham Kondisi Keluarga

Lahir pertama, berarti kamu adalah saksi jatuh bangun orang tuamu. Kamu yang paling mengerti bagaimana kondisi keuangan keluarga yang tak selalu di atas. Atau barangkali, kamu tahu sejarah keluarga saat masih kekurangan hingga mapan.

10903414_638817809578243_583428059_n[ Image Source ]

Sedangkan adik-adik kamu, sama sekali tidak tahu bagaimana saat roda berputar. Mungkin kamu sering menganggap jika adik-adikmu hanya tahu “enaknya” saja. Tapi, sesungguhnya keadaanmu justru yang paling berpengaruh pada kepribadianmu yang lebih dewasa. Kamu akan lebih siap dengan segala keadaan, dan lebih tahu cara bersikap.

Harus Lebih Mandiri

Ketika orang tua lebih sibuk mengurus adik-adikmu yang lebih kecil, keadaan memaksa kamu untuk bisa mandiri. Sejak kecil kamu terbiasa mengikat rambut sendiri atau mengerjakan PR sendiri. Kamu juga dituntut untuk bisa pergi ke mana-mana seorang diri.

mandiri-800x420[ Image Source ]

Hal itu yang akan menguntungkan dirimu ketika dewasa. Setidaknya, perlakuan orang tua membuat mentalmu lebih terbentuk. Dan kamu akan siap melangkah ke mana pun tanpa bergantung pada siapapun.

Dituntut Menjadi Panutan

Menjadi anak pertama, berarti kamu harus siap menjadi contoh baik adik-adik. Jika adikmu melakukan sesuatu yang  buruk, biasanya orang tua akan bertanya, apakah kamu yang mengajari? Itulah sebab kenapa kamu berusaha menjadi panutan yang baik.

large5-750x557[ Image Source ]

Kamu ikut bertanggung jawab atas kelakuan adikmu. Karena kebiasaan itulah, pribadimu otomatis terbentuk menjadi sosok yang layak jadi panutan. Hal itu membuat hidupmu akan mengarah pada sesuatu yang lebih positif.

Selalu Mengalah

Tanggung jawab sebagai sulung memang besar. Belum lagi orang tuamu juga menuntut agar dirimu selalu mengalah pada adik. Itu pasti sangat menyebalkan. Tapi mau bagaimana lagi, kamu adalah seorang yang paling diandalkan.

q[ Image Source ]

Kamu harus menjaga adikmu. Kamu juga harus menuruti kemauan adikmu, meski kadang dia merebut jusmu. Seringkali dia juga mendominasi televisi saat kamu senang ingin nonton bola. Tapi, sebagai seorang sulung, orang tuamu tetap mewajibkan kamu untuk mengalah. Hal inilah yang akhirnya membuatmu jadi pribadi yang berbesar hati.

Terbiasa Menjadi Pendengar Yang Baik

Karena jadi anak yang paling tua, otomatis kamu adalah tempat berkeluh kesah adikmu. Kamu dianggap orang yang bisa memberi jalan keluar bagi masalah mereka. Adikmu juga pasti yakin jika kamu adalah orang paling tepat untuk berbagi beban.

curhat[ Image Source ]

Terbiasa menjadi tempat penyelesaian masalah akan membuat kamu lebih peka dengan keadaan. Kamu juga akan selalu siap menjadi pendengar berhati lapang. Kamu adalah figur sandaran bagi adik-adikmu. Dan pastinya kamu harus bangga akan hal itu.

Itulah 5 hal yang membuat anak sulung menjadi lebih bertanggung jawab. Kelihatannya menyebalkan memang. Tapi ketika dewasa, kamu pasti akan paham banyak sekali manfaat menjadi anak sulung. Benar, kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *