Rambut Rontok Karena Hijab? Ini 5 Solusi Yang Dijamin Murah dan Mudah!

Masalah kerontokan seringkali mengganggu wanita berhijab. Rambut kesulitan bernapas karena tertutup seharian. Akibatnya, rambut menjadi lepek dan rapuh. Jika dibiarkan, kerontokan tersebut akan makin parah. Bukan hal yang tidak mungkin jika berakhir pada kebotakan.

Meski setiap hari menutup bagian kepala, bukan berarti kita bisa abai dengan masalah rambut. Jika rambut sampai botak, bagaimana penampilan kita di depan suami? Padahal, semua kaum Adam tentu suka wanita berambut panjang, terlebih lebat. Untuk menjaga rambut Anda agar tidak rontok meski berhijab, gunakanlah 5 cara perawatan alami ini.

Rutin Keramas

Anda yang berhijab baiknya jangan sampai ‘telat’ mencuci rambut. Meski rambut tertutup dari paparan debu, bukan berarti kulit kepala akan terbebas dari ketombe. Rambut berhijab justru sangat mudah lepek, sehingga harus rutin dibersihkan.

0[ Image Source ]

Tapi jangan keramas setiap hari, karena hal itu justru menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Keramaslah sekitar dua hari sekali. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan sampo khusus rambut berhijab, sebab sampo tersebut menggunakan bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk rambut berhijab.

Gunakan Minyak Alami

Menggunakan hijab berarti Anda juga harus siap melakukan perawatan ekstra untuk rambut. Rata-rata masalah orang berhijab adalah kerontokan. Hal itu seringkali membuat frustasi, dan rasa stress itu justru makin membuat rambut rontok lebih parah.

0[ Image Source ]

Luangkanlah sedikit waktu untuk merawat rambut Anda dengan minyak-minyak alami, seperti minyak kemiri atau minyak kelapa. Anda bisa mengoleskan minyak alami tersebut ke bagian rambut hingga kulit kepala sembari dipijat perlahan. Diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini sekitar seminggu sekali. Namun jika kerontokan Anda parah, bisa lebih sering lagi.

Pakai Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal dengan banyak manfaatnya untuk rambut. Saat ini banyak sekali sampo, kosmetik maupun produk kecantikan lainnya yang menggunakan lidah buaya. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan yang alami, tanpa sentuhan pabrik.

0[ Image Source ]

Selain lebih hemat, manfaat lidah buaya juga lebih maksimal Anda dapatkan. Anda bisa mengambil satu batang lidah buaya untuk diambil lendirnya. Oles pada bagian kepala, usahakan merata dari akar hingga helai rambut. Lakukan pijatan lembut agar nutrisi lidah buaya bisa terserap sempurna. Diamkan selama 15 menit atau 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Pilih Sisir Bergigi Jarang

Sebelum mengenakan hijab, Anda pasti merapikan rambut dengan cara menyisir. Saat itu banyak sekali helai rambut yang tersisa di sisir. Hal itu tentu membuat Anda ngeri sampai tidak berani menggunakan sisir lagi.

0[ Image Source ]

Padahal Anda tidak perlu takut untuk menyisir rambut. Rambut yang dibiarkan kusut justru akan memperparah kerusakan. Tetap sisir rambut Anda, tapi gunakan sisir bergigi jarang agar helaian rambut Anda tidak terjepit di antara gigi sisir dan membuatnya rontok.

Istirahatkan Rambut

Bukan cuma Anda yang butuh istirahat. Rambut juga perlu. Setelah seharian ditutup dalam balutan hijab, Anda juga perlu memberi waktu luang bagi rambut untuk bebas bernapas. Saat tidur, bukalah hijab Anda, jangan pula mengikat rambut.

0

[ Image Source ]

Urai rambut, dan bila perlu gunakan serum untuk menutrisi rambut. Sebab, sel-sel pertumbuhan rambut lebih aktif ketika tidur. Letakkan rambut Anda ke atas bantal agar tidak tertindih saat tidur. Jika Anda punya rambut pajang, bisa disisir terlebih dahulu, tujuannya agar minyak alami rambut bisa lebih merata ke seluruh bagian rambut.

Merawat rambut berhijab bukan hal yang sulit, hanya saja butuh ketelatenan. Barangkali merawat rambut dengan produk-produk perawatan yang mahal memang praktis dan cukup membantu, namun tidak ada perawatan yang lebih baik dari perawatan alami.

2 Comments

Leave a Reply
  1. Memakai jilbab merupakan kewajiban bagi setiap wanita muslim. Tapi banyak diantara mereka mengalami permasalahan yaitu terjadi kerontokan pada rambut. Makasih tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *