Bangkai Kapal Penjelajah Vasco da Gama Ditemukan di Perairan Oman, Isinya WOW!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Vasco da Gama, seorang penjelajah berkebangsaan Portugis yang tercatat sebagai orang pertama yang mengelilig benua Afrika untuk melakukan pelayaaran menuju benua Asia. Salah satu armada kapal Vasco da Gama bernama Esmeralda diketahui tenggelam di perairan Oman pada 500 tahun lalu.

Kapal Esmeralda membawa banyak barang berharga dari India. Kapal tersebut diketahi tenggelam akibat hantaman badai. Kini setelah 500 tahun berselang, kapal tersebut ditemukan oleh para arkeolog. Bangkai kapal Esmeralda berisi penuh barang berharga yang mencengangkan. Berikut kisah penemuan bangkai kapal milik Vaco da Gama.

Vasco da Gama, Penjelajah Tangguh Dari Portugis yang Mengarungi Lautan Eropa Menuju Asia

Sebelumnya mari berkenalan dengan sosok Vasco da Gama. Ia adalah seorang pelayar berkebangsaan Portugis yang sangat tangguh. Tercatat dirinya sebagai penjelajah pertama yang mengarungi lautan dari Eropa ke Asia dengan mengelilingi benua Afrika. Negara yang dituju pertama kali adalah India.

03013_Cheng_Ho
Vasco da Gama, Penjelajah Tangguh Dari Portugis yang Mengarungi Lautan Eropa Menuju Asia [ Image Source ]

Pelayaran pertama Vasco dan Gama ke India dilakukan pada tahun 1497-1499. Pelayaran tersebut menjadi tonggak kekuasaan bangsa Portugis atas negara India selama bertahun-tahun lamanya. Ia juga menjadi pionir yang membuka jalur perdagangan laut, yang mana menjadi alternatif paling aman untuk berdagang setelah jalur sutera dianggap cukup berbahaya.

Kapal Esmeralda Tenggelam Pada Tahun 1503

Kapal Esmeralda adalah kapal yang tergabung dalam pelayaran Vasco da Gama yang kedua menuju India. Kapal tersebut dilaporkan tenggelam pada bulan Mei tahun 1503 di perairan Oman. Saat tenggelam, kapal ini dinahkodai oleh paman Vasco yang bernama Vicente Sodre. Kejadian nahas tersebut menewaskan seluruh awak kapal beserta barang-barang berharga di dalamnya.

submarinetitanic
Kapal Esmeralda Tenggelam Pada Tahun 1503 [ Image Source ]

Menurut artikel yang dirilis Daily Mail, pada bulan Februari 1503 Vasco da Gama kembali ke Lisbon menggunakan Armada ke-4. Saat itu ia memerintahkan pamannya untuk tetap tinggal di India sembari menjaga patroli keamanan di laut. Sayang pamannya tidak menggubris dan berlayar segera setelah Vasco pergi. Ia meninggalkan India dan berlayar menggunakan kapal Esmeralda menuju Laut Merah.

Tanggal 20 April 1503 ia berlabuh di pulau-pulau di Kuria Muria, lepas pantai Oman. Warga setempat telah mengingatkan adanya ancaman badai dalam waktu dekat namun ia tidak menggubris. Hasilnya kapal dihantam badai dan seluruh awak beserta barang berharga tenggelam. Tidak ada yang selamat dalam peristiwa tersebut.

Bangkai Kapal Esmeralda Ditemukan Setelah 500 Tahun

Setelah 500 tahun berselang bangkai kapal Esmeraldapun akhirnya ditemukan kembali. Tim dari perusahaan asal Inggris bernama Blue Water Recoveries bersama dengan Kementerian Kebudayaan dan Peninggalan Oman melakukan pencarian reruntuhan kapal Esmeralda di kawasan perairan Pulau Al Hallaniyah, lepas pantai Oman pada tahun 2013.

estonia2
Bangkai Kapal Esmeralda Ditemukan Setelah 500 Tahun [ Image Source ]

Pencarian itu akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukannya sejumlah benda milik kapal Esmeralda. Benda-benda berharga yang ditemukan diduga kuat memang milik kapal Esmeralda sebab dalam penyelaman yang dilakukan ditemukan pula sejumlah kion perak yang sangat langka bernama Indio yang diketahui menjadi salah satu muatan di dalam kapal kuno itu. Barang-barang berharga lain yang ditemukan antara lain peluru batu, keramik, bel dan puing-puing lainnya.

Video Penemuan Koin Perak Indio Yang Mengungkap Keberadaan Puing-Puing Kapal Esmeralda

Salah satu benda yang ditemukan dalam penyelaman yang dilakukan oleh perusahaan asal Inggris bernama Blue Water Recoveries bersama dengan Kementerian Kebudayaan dan Peninggalan Oman dalam usaha menemukan bangkai kapal Esmeralda adalah koin perak langka yang disebut Indio. Koin ini pula yang mengungkap bahwa reruntuhan di dasar laut perairan Oman itu memang benar bagian dari kapal Esmeralda, kapal armada milik Vasco da Gama.

Dalam jurnal The International Journal of Nautical Arcehology yang diterbitkan para tim peneliti, Koin Indio adalah koin perak yang dibuat tahun 1499, setelah pelayaran pertama Vasco da Gama ke India. Penemuan koin inilah yang menjadi petunjuk kut akan identitas reruntuhan kapal yang ditemukan tersebut. Kegiatan ini menjadi penemuan pertama pemerintah Oman dan membuat mereka semakin bersemangat untuk menemukan peninggalan lain dari kapal-kapal kuno yang tenggelam guna mempelajari hubungan dan perdagangan negaranya dengan bangsa luar di zaman dahulu. Cuplikan video penemuan koin Indio dapat kamu tonton pada video di atas.