5 Perbedaan Dulu Dan Sekarang

Waktu berputar, zaman pun terus berkembang. Banyak perkembangan yang membuat masyarakat makin berkembang, namun tak jarang kehidupan modern justru berpengaruh pada kebiasaan yang dilakukan.

Rupanya, kebiasaan jadul tidak selamanya norak. Buktinya anak zaman dulu juga bahagia meski dengan mainan sekenanya. Beberapa perbedaan mencolok dalam kebiasaan yang dilakukan adalah sebagai berikut.

Permainan Anak Dulu Dan Sekarang

Kalau dulu permainan anak-anak dilakukan di luar rumah. Dengan media seadanya, anak dulu sudah bahagia. Permainan zaman dulu dilakukan tanpa modal, dan tentu saja bahagianya nggak kalah maksimal.

0Zaman Dulu [ Image Source ]

0Zaman Sekarang [ Image Source ]

Kalau anak zaman sekarang jarang keluar rumah. Pulang sekolah, masuk kamar, pakai tablet (entah ngapain aja) terus keluarnya kalau lagi laper aja. Usai makan, balik ke kamar, main tablet lagi.

Lagu Yang Dinyanyikan

Anak zaman dulu lugu, selugu Joshua yang lagi nyanyi lagu diobok-obok. Anak dulu, rasanya tabu kalau ngebahas cinta. Belum waktunya, dan mereka nurut saja.

0[ Image Source ]

0[ Image Source ]

Berbeda dengan zaman sekarang, coba kamu amati anak-anak kecil sekitarmu, masih adakah yang nyanyi lagu anak-anak? Jarang, bahkan nyaris nggak ada. Palingan kalau mereka nyanyi, yang keluar justru lagu-lagu tema dewasa yang isinya cuma cinta, patah hati dan sebangsanya.

Dandanan

Tempo dulu, berangkat sekolah nggak pakai neko-neko. Pakai serangam rapi, nggak pakai dandan. Kalau mau dandan, paling banter juga kuncir dua. Sederhana, dan cerminan penampilan anak-anak sejati.

0[ Image Source ]

0[ Image Source ]

Nah, kalau anak SD zaman sekarang ya dewasa sebelum waktunya. Rambutnya diurai, kayak bekas dari salon gitu. Wajahnya juga sudah dipoles berbagai make up. Jadi nggak heran kalau anak SD zaman sekarnag sudah banyak yang jerawatan. Hal itu tentu saja karena kulit mereka yang masih sensitif tercemar bahan kimia pada make up.

Tempat Tongkrongan

Pengen nongkrong. Anak zaman dulu gampang, tinggal pergi ke sawah dekat lokasi rumah. Udara sejuk, pemandangan indah udah berasa mewah. Apalagi kalau nongkrongnya bareng teman-teman.

0[ Image Source ]

0[ Image Source ]

Manusia modern, kalau mau nongkrong mah ke cafe. Apalagi kalau bawa gadget, bakal seharian deh duduk di cafe. Pesannya segelas kopi saja, tapi nongkrongnya seharian. Modus numpang wifi gratis. Ih!

Kendaraan

Berangkat ke sekolah cukup pakai sepeda saja. Berangkatnya lebih pagi, sambil jemput teman-teman yang lain. Bersepeda rame-rame seru lho. Anak zaman sekarang, apa pernah merasakan?

0[ Image Source ]

0[ Image Source ]

Jarang ya, lebih sering bawa kendaraan yang lebih cepat macam motor. Nggak peduli belum punya sim, nggak peduli kaki kurang panjang untuk berkendara, yang penting cepat sampai tujuan.

Itulah beberapa perbedaan anak dulu dan sekarang. Semua memang dipengaruhi oleh teknologi dan fasilitas yang tersedia. Andai orang tua lebih bijak memberikan fasilitas kepada mereka, barangkali tidak akan ada kasus anak dewasa sebelum waktunya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *