5 Tips Menabung Gaji Hingga Separuh Agar Cepat Beli Rumah Sendiri

Membeli rumah sendiri adalah impian setiap orang mandiri. Bagi Anda yang punya kemandirian itu, pasti lebih giat berusaha menabung. Tapi, sudah sukseskah perjuangan Anda?

Dengan harga rumah yang makin hari makin melambung, apa Anda merasa masih merasa jauh dari target? Jangan buru-buru merasa depresi, cobalah 5 tips menabung ini agar Anda bisa cepat beli rumah sendiri.

Menabung Emas

Jika saat ini uang Anda masih kurang untuk membeli rumah, coba Anda investasikan saja dalam bentuk membeli emas. Emas adalah uang yang nilainya tidak akan tergerus oleh inflasi. Hal itu paling aman untuk menjaga nilai uang Anda.

www.ohioact.org_[ Image Source ]

Jika mobil bekas dijual, nilainya akan turun, tapi hal itu tidak akan berlaku untuk emas. Semakin hari, harga emang semakin tinggi. Jika Anda menyimpan emas hari ini, mungkin lima tahun lagi nilainya sudah mengalami kenaikan yang fantastis.

Menerapkan Hidup Hemat

Jika ingin segera beli rumah, tentu saja Anda harus memiliki gaya hidup hemat. Tidak perlu melakukan penghematan yang terlalu ekstrim. Itu justru akan menyiksa diri Anda.

counting-money-budget[ Image Source ]

Cukup merampingkan anggaran belanja.  Misalnya, mengganti menu daging dengan tempe. Hal itu sederhana, tapi dalam sebulan Anda akan bisa melihat perbedaannya.

Investasi

Cara ini juga bagus dijadikan opsi untuk tujuan membeli rumah. Namun dalam hal investasi, usahakan Anda lakukan dengan mandiri. Jangan percaya pada tawaran investasi bodong yang justru membuat dana Anda melayang.

4910[ Image Source ]

Investasi mandiri sendiri maksudnya adalah menggunakan uang Anda untuk membeli sesuatu yang potensial. Misalnya tanah. Jika beruntung, dengan cepat Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.

Punya Tabungan Rutin di Rumah

Tak kalah efektif dengan cara sebelumnya, menabung di rumah jika rutin pasti menghasilkan banyak dana. Katakanlah setiap hari Anda menyisihkan 20.000 rupiah untuk dimasukkan ke dalam celengan.

cara-mengatur-keuangan_bukalapak2[ Image Source ]

Coba hitung berapa yang Anda kumpulkan dalam waktu setahun? Jumlahnya cukup banyak. Bagusnya lagi, aktifitas menabung itu tidak begitu terasa karena jumlah yang disisihkan tiap harinya tidak begitu besar.

Menggunakan Uang Dengan Bijak

Sudah jadi rahasia umum jika bijak mengelola keuangan bisa membuat lebih cepat mencapai tujuan. Gunakan uang seperlunya. Jangan sampai membeli barang yang tidak perlu dan hanya membuat Anda menyesalinya.

money in the hand

[ Image Source ]

Akan lebih baik jika Anda tidak sering mengunjungi tempat-tempat perbelanjaan. Sabab, mendatangi super market biasanya mata akan tergiur membeli barang-barang tak penting. Dan pasti membuat mengeluaran membengkak.