Muslimah Kini Bisa Berenang Tanpa Terlihat Auratnya Dengan Baju Ini

Seorang muslimah biasanya memiliki ruang gerak yang terbatas untuk melakukan berbagai jenis kegiatan olahraga. Pasalnya, kebanyakan kostum olahraga mempunyai desain yang mini dengan tujuan untuk memudahkan ruang gerak si pemakainya. Seperti berenang misalnya, pakaian renang untuk wanita yang dijual di pasaran selama ini kebanyakan berbentuk bikini dengan model terbuka yang tentu tidak cocok dipakai wanita muslim.

Tapi baru-baru ini salah satu peruahaan pakaian terkenal asal Inggris, Marks & Spencer (M&S) merilis sebuah kostum renang untuk wanita berhijab yang dinamakan burkini. Dengan begitu mulai saat ini wanita muslim bisa berenang tanpa terlihat auratnya. Seperti apa model pakaian renang muslimah ini?

1. Apa Sih Burkini Itu?

Wanita muslim yang suka menggeluti bidang olahraga khususnya berenang tentu tidak asing dengan istilah burkini. Burkini adalah pakaian renang yang didesain khusus untuk wanita muslim. Istilahnya sendiri merupakan gabungan dari dua kata yakni “burka” dan “bikini.”

341058-burkini-slger-godt--
Bburkini, Baju renang muslimah [ Image Source ]

Model burkini dibuat sedemikian rupa sehingga aurat wanita yang memakainya tidak terekspose yang mana pada desainnya hanya bagian wajah, telapak tangan dan kaki saja yang terlihat. Dengan hadirnya burkini para muslimah kini bisa berenang dengan nyaman tanpa harus memperlihatkan aurat mereka lagi.

2. Peluncuran Burkini Oleh H&M Menjadi Bukti Inggris Adalah Negara yang Multikultural

Bukan rahasia lagi jika muslim di kawasan Eropa adalah kelompok minoritas yang acapkali mendapatkan perlakuan rasis. Namun dengan diluncurkannya burkini oleh perusahaan pakaian multinasional di Inggris sekali lagi membuktikan bahwa negara-negara barat khususnya Inggris mulai terbuka dengan agama Islam.

burkini
Peluncuran Burkini Oleh H&M [ Image Source ]

M&S sendiri sebelumnya telah memiliki toko di Dubai dan Libya dengan produk-produk pakaian muslim. Tapi mulai sekarang mereka juga menjual pakaian muslim dan juga burkini diwebsite resmi dan juga di toko utama yang terletak di Marble Arch, Central London. Burkini buatan H&M ini dibanderol dengan harga £ 49,50 atau sekitar Rp. 800 ribuan per setel. Perusahaan ini juga menjelaskan pakaian renang muslimah ini tetap nyaman dipakai, dan tetap stylish.

3. Burkini Disukai Wanita Non-Muslim

Burkini yang diluncurkan perusahaan pakaian H&M baru-baru ini bukanlah sebuah gebrakan baru di dunia fashion. Sebelumnya telah banyak perusahaan lain yang meluncurkan kostum renang sejenis. Namun kemunculan produk burkini dari H&M yang notabene sangat terkenal inipun membuat banyak wanita non-muslim turut kepincut dengan produk tersebut.

arton39188
Burkini Disukai Wanita Non-Muslim [ Image Source ]

Alasannya adalah mereka tidak perlu lagi memakai tabir surya karena lengan panjang burkini sudah menutupi kulit mereka dari paparan sinar matahari. Apalagi saat ini sedang gencar adanya isu resiko kanker kulit sehingga tidak sedikit wanita non-muslim yang berminat memakai burkini saat bermain di pantai alih-alih mengenakan bikini seperti umumnya.

4. Perusahaan Pakaian H&M Membuat Iklan Komersil Dengan Model Wanita Berhijab Pertama di Dunia

Keputusan perusahaan pakaian H&M untuk meluncurkan model pakaian renang muslimah ini tentu tidak luput dari pro dan kontra dari pelanggannya. Tidak sedikit dari pelanggan yang menyatakan kekecewaannya dan mengancam tidak lagi membeli produk dari H&M. Pun demikian hal tersebut tidak menggoyahkan perusahaan tersebut untuk merilis iklan pertama dengan model muslimah memakai hijab.

mqlA_P9nKvu3dbBgwAGPtCA
Perusahaan Pakaian H&M Membuat Iklan Komersil Dengan Model Wanita Berhijab Pertama di Dunia [ Image Source ]

Munculnya tren pakaian muslim ini turut diikuti oleh perusahaan terkenal lainnya. Dilansir dari Daily Mail setidaknya label-label seperti Mango, Uniqlo dan DKNY juga siap merilis pakaian muslim mereka bertepatan dengan hari Ramadan nanti. Bagaimana dengan muslimah Indonesia, sudah memesan burkini?