Bersyukurlah Tinggal Di Era Modern, Sekian Hal ini Tidak Perlu Kamu Rasakan

Zaman memang berkembang sangat pesat saat ini. Berbagai teknologi diciptakan untuk mempermudah aktivitas kita. Fasilitas pendidikan pun banyak ditemukan untuk mencukupi kebutuhan tiap masyarakat.

Selain teknologi yang canggih dan pendidikan, banyak alasan lain yang membuat kita diharuskan bersyukur hidup di era modern ini, termasuk tradisi kuno yang tidak diterapkan lagi. Banyak sekali peraturan yang pastinya dianggap ‘tidak adil’, dan berikut adalah sedikit contohnya.

Menikah Harus Dijodohkan

Barangkali orang zaman dulu tak lama merasakan masa remaja, sebab mereka diharuskan menikah oleh para orangtua. Hal itu mutlak harus diterima. Masing-masing mempelai harus menjalani pernikahan meski tidak saling mencintai.

0

[ Image Source ]

Coba bayangkan, baik gadis maupun laki-laki remaja zaman dulu pasti didesak untuk segera menikah. Padahal usia mereka pasti masih haus kesenangan masa muda, bukannya mengurus rumah tangga yang penuh dengan masalah.

Tidak Boleh Sekolah Tinggi

Kehidupan modern, tiap orangtua pasti berusaha keras selain untuk membuat dapur tetap mengepul, juga bertujuan untuk menyekolahkan anak setinggi-tingginya. Bahkan sampai beberapa kali sarjana. Tak sedikit orangtua dengan profesi seadaanya mampu mengantar anak mereka pada gelar sarjana.

0[ Image Source ]

Berbeda dengan orang zaman dulu, tiap orangtua pasti tidak mengizinkan anak mereka untuk bersekolah tinggi. Menurut mereka, sekolah hanya buang-buang uang. Pendidikan itu cukup dengan bisa membaca, menulis dan berhitung saja.

Tidak Boleh Bekerja

Bekerja, meniti karier yang lebih baik lagi seharusnya jadi impian semua orang. Tak jarang orang yang rela memilih jalur belakang untuk bisa lolos seleksi sebuah pekerjaan. Namun ternyata, hal tersebut tidak berlaku di zaman dulu.

0[ Image Source ]

Orang dulu tidak suka melihat ada yang bekerja, terlebih meninggalkan kampung halaman. Pekerjaan yang boleh dilakukan hanya memelihara hewan ternak, mengurus sawah atau merawat keluarga.

Perempuan Harus di Bawah Laki-laki

Wanita kuno, tak pernah bisa sejajar dengan laki-laki. Zaman dulu, wanita selalu diperlakukan secara tidak adil baik secara sosial maupun pendidikan. Wanita dilarang mengembangkan diri layaknya laki-laki. Hal macam ini tentu bentuk ketidakadilan yang menjadi tradisi orang zaman dulu.

0[ Image Source ]

Kita masyarakat modern harusnya bangga dan berterima kasih atas jasa sosok Kartini yang menjadi pelopor emansipasi wanita. Berkat perjuangannya, perempuan masa kini memiliki hak yang sama dengan laki-laki, baik dalam hal pendidikan atau pengembangan diri lainnya.

Tidak Ada Fasilitas Kesehatan

Susahnya orang kuno, saat sakit pun tak ada fasilitas dan tenaga menis yang bisa membantu. Bahkan wanita kuno mengalami masa melahirkan yang sulit dan hanya dibantu dengan dukun. Hal tersebut tentu karena tidak adanya masyarakat yang bersekolah tinggi, apalagi menjadi dokter.

0[ Image Source ]

Pengobatan yang dilakukan hanya dengan ramuan-ramuan kuno, tanpa peralatan kedokteran yang canggih. Sangat berbeda dengan ilmu kedokteran saat ini yang semakin maju dengan perlengkapan yang canggih.

Well, masih ingin membandingkan susahnya orang dulu dengan keberuntungan orang modern? Silakan saja. Yang jelas semua hal pasti membuatmu beruntuntung terlahir di era modern. Selayaknya kamu bisa banyak bersyukur atas segala nikmat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *