Bikin Kagum! Ternyata Etnis Betawi Sangat Kaya

Betawi adalah salah satu suku yang terkenal di Indonesia. Ciri khas mereka sering dijadikan tokoh (karakter) dalam sineteron di Indonesia. Jika kamu beranggapan kalau Jakarta hanya ada hingar bingar warga kota yang serba glamor, itu berarti kamu perlu tahu tentang suku Betawi.

Sebenarnya, etnis Betawi sendiri alalah perpaduan antara suku-suku sebelumnya yang tinggal di Jakarta, seperti etnis Sunda, Jawa, Arab, Bali, Sumbawa, Ambon, Melayu dan Tionghoa. Suku Betawi juga memiliki kekayaan yang tidak dimiliki suku lain, berikut di antaranya.

Perkembangan Hidup

Betawi merupakan suku yang perkembangannya paling pesat dari suku lain. Termasuk dalam perkembangan teknologinya. Hal ini mungkin karena suku Betawi berada di Jakarta yang merupakan ibu kota dari Indonesia.

0[ Image Source ]

Kebanyakan teknologi di Betawi berasal dari negara asing, seperti kompas, teropong, peralatan pabrik dan sebagainya. Jadi, jangan heran jika hingga saat ini suku Betawi sangat maju, sebab mereka bisa beradaptasi dengan teknologi maju sepertihalnya Jepang. Tapi, bukan berarti suku lain tidak bisa mengikuti. Banyak etnis di Indonesia yang sama potensialnya.

Sistem Religi

Mayoritas suku Betawi menganut agama islam. Memang, beberapa ada yang menganut Kristen dan yang lainnya, namun hanya sedikit. Itulah sebab Betawi tidak bisa dipisahlan dengan kegiatan islami dalam menjalani aktivitas.

0[ Image Source ]

H. Mahbud berpendapat bahwa budaya Betawi dan Islam tidaklah bisa dipisahkan. Sudah menjadi subkultur yang mengakar yang tidak bisa dihilangkan. Pakaian adat Betawi pun begitu sopan, menutup aurot lengkap dengan kerudung.

Kesenian

Meski Jakarta dikenal sebagai kota yang dipenuhi hiruk pikuk, namun adanya warga Betawi masih menyelamatkan ‘jati diri’ Indonesia. Adanya adat yang hingga kini masih berkembang dan dilestarikan tentu saja merupakan kekayaan.

0[ Image Source ]

Ondel-ondel adalah sebuah boneka besar yang tingginya sampai 2,5 meter. Ini salah satu kesenian dari Betawi yang terkenal. Dan pastinya, bukan hanya warga Betawi saja yang tahu, melainkan seluruh warga Indonesia. Ondel-ondel adalah pertunjukan yang biasanya di adakan dalam pesta rakyat.

Adat Istiadat

Orang Jakarta masih tahu adat. Coba lihat warga aslinya, para suku betawi yang masih menerapkan adat dalam perkawinan. Para suku Betawi biasanya melakukan serangkaian prosesi yang lumayan panjang. Diawali dengan perkenalan melalui mak comblang, lamaran, pingitan, siraman, potong cantung, dan seterusnya.

0[ Image Source ]

Puncaknya adalah ketika Akad Nikah, kedua mempelai memakai baju adat. Dalam setiap pernikahan, biasanya akan selalu ada roti buaya. Ini sudah jadi tradisi sejak dulu.

Bahasa

Dalam segi bahasa, Betawi memiliki ciri khas yang sama dengan Indonesia. Salah satu bahasa Melayu, banyak sekali istilah Malaysia yang digunakan dalam bahasa Betawi. Salah satunya kata, “Niari” untuk hari ini.

0[ Image Source ]

Sedangkan ciri khas Betawi adalah mengganti hurup A menjadi E dalam akhir pelafalan sebuah kata. Misalnya, kenape, dimane, Ade, Ape dan lain sebagainya.

Meski Jakater terkenal dihuni oleh banyaka suku, namun Betawi adalah penghuni asli Jakarta. Banyak ciri khas yang menjadikan Jakarta tetap ‘membudaya’ semoga keturunan asli Betawi terus melestarikan budaya mereka, ya.

 

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *