Inilah 5 Fakta Tentang Black Hole yang MENGEJUTKAN

Black Hole merupakan bintang misterius yang bergerak dengan kecepatan puluhan kilometer per-detik. Black Hole mewujud lubang yang menyedot benda langit apa pun yang berada di dekatnya. Teori ini pertama kali ditemukan oleh John Michell pada tahun 1783. Teori tersebut mulai dikenal luas pada tahun 1915 ketika Albert Einstein mempublikasikan teori gravitasi umum.

Makin populernya Black Hole ini mendorong penelitian di wilayah lubang itu. Misteri tentang lubang hitam itu belum juga menemukan kejelasan. Dan berikut adalah 5 fakta tantang black hole yang ditemukan oleh para ilmuan.

1. Peristiwa Tabrakan Antar Black Hole

Merupakan hal yang sangat mungkin ketika ada dua black hole bertabrakan. Para peneliti pernah menemukan suara-suara misterius yang ternyata berasal dari black hole yang bertabrakan dan menyatu. Sebelum bertabrakan, dua lubang misterius ini saling mengitari dan akhirnya menyatu menjadi lubang lebih besar.

664xauto-2-black-hole-akan-bertabrakan-apa-akibatnya-pada-bumi-dan-semesta-150919u
Peristiwa Tabrakan Antar Black Hole [ Image Source ]

Ketika mereka bergabung, beberapa massa berubah menjadi energi gelombang gravitasi. Teori ini pertama kali ditemukan oleh Einstein. Masalahnya adalah, tidak ada cara untuk mendeteksi gelombang gravitasi dan fisika. Bahkan Einstein sendiri, tidak yakin bahwa mereka benar-benar ada. Meski begitu, penemuan ini dipuji sebagai salah satu terobosan ilmiah terbesar abad lalu. Stephen Hawking mengatakan itu adalah kunci ilmiah untuk bisa melihat alam semesta.

2. Waktu yang Semakin Melambat

Jika Anda pernah melihat Interstellar, Anda akan tahu apa yang terjadi jika berada di dekat lubang hitam mengertikan itu? Waktu seakan melambat. Misalnya Anda melempar benda menuju lubang misterius itu, benda tersebut akan melembat dan kemudian berhenti. Hal ini dipengaruhi oleh kecepatan gerak pada pada area black hole.

6ac22b95d982703cb912048bb2c78620
Waktu yang Semakin Melambat [ Image Source ]

Seperti yang dijelaskan oleh teori “bahwa bila suatu partikel bergerak lebih cepat hingga mendekati kecepatan cahaya, maka waktu akan berjalan lebih lambat dibandingkan partikel yang bergerak lebih lambat darinya, dan begitupun sebaliknya”. Hal itulah yang menyebabkan waktu di sekitar black hole menjadi kacau.

3. Apa yang Ada Dalam Black hole?

Sampai saat ini, belum ada kepastian apa sebenarnya yang ada dalam blackhole. Sebab tak ada seorang pun yang berhasil kembali jika sudah tersedot ke dalam lubang misterius tersebut. Namun, diyakini bahwa pusat dari blackhole adalah ruang waktu yang disebut singularistas.

456-misteri-balck-hole-dalam-al-quran
Apa yang Ada Dalam Black hole [ Image Source ]

Namun itu hanyalah teori fisikawan, karena sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan secara langsung. Masih banyak yang bertanya-tanya, dengan cara apa para ilmuwan menyaksikan bahkan menganalisa black hole? Sementara benda misterius itu sama sekali tidak bisa didekati.

4. Sumber Energi

Pada awalnya, diyakini bahwa black hole hanya saluran energi yang melintasi cakrawala. Tapi pada tahun 1970, Stephen Hawking menunjukkan bahwa black hole juga memancarakan radiasi yang saat ini dikenal dengan radiasi Hawking. Beberapa fisikawan percaya bahwa black hole juga menghasilkan energi.

1
Sumber Energi [ Image Source ]

Pada tahun 1983, sebuah tim fisikawan menyatakan bahawa energi yang terkumpul pada black hole bisa turun dekat cakrawala. Peristiwa ini seperti mendapat air dari sumur menggunakan tali dan ember. Jelas, Anda akan perlu ember yang sanngat kuat dan tali untuk menghidari tersedot ke dalam lubang.

5. Yang Terjadi Jika Anda Masuk Ke Dalam Black hole?

Apa yang akan terjadi jika Anda sampai terjatuh dalam lubang black hole? Pernahkah membayangkah hal itu sebelumnya? Pasti sangat mengerikan saat membayangkan jika Anda sampai menjadi salah satu aliran partikel yang berputar-putar dalamnya.

7285285_20150825073212
Terjadi Jika Anda Masuk Ke Dalam Black hole [ Image Source ]

Jika Anda dapat bertahan, pastilah Anda dapat melihat lengkungan ruang dan waktu. Melihat sesautu yang pernah jatuh ke dalam lubang hitam itu. Namun apa kesempatan itu ada? Sebab, kemungkinan terbesar adalah gravitasi pasang surut pada lubang hitam itu dengan cepat merusak partikel apapun yang dihisapnya.

Tidak ada yang tahu pasti tentang lubang black hole. Lubang tersebut masih menjadi misteri yang dipelajari hingga kini. Apakah Anda juga tertarik untuk tahu lebih banyak? Atau justru tahu fakta lainnya?