Bikin Geram! Inilah 5 Budaya Asli Indonesia Yang Diklaim Negara Tetangga

Indonesia memang kaya akan budaya dan adat istiadat. Begitu kayanya hingga membuat negara lain silau dan berhasrat untuk memiliki kekayaan itu juga. Jadi, tak heran jika negara tetangga kita seringkali meng-klaim kekayaan Indonesia sebagai miliknya.

Forum Masyarakat Peduli Budaya Indonesia (FORMASBUDI) bahkan sudah mencatat banyak banyak Budaya yang diakui oleh negara tetangga. Dan 5 budaya ini diantaranya.

Lumpia Semarang

Lumpia adalah jajanan yang terkenal dengan isi rebungnya yang sedap. Makanan ini dipelopori oleh Tjoa Thay Joe, yang menikah dengan pribumi bernama Mbok Wasi pada tahun 1870. Pasangan itu dikenal dengan generasi pertama Lumpia Semarang.

145310_lumpia_663_382[ Image Source ]

Makanan ini tiba-tiba diakui oleh Malaysia sebagai makanan yang berasal dari negaranya. Bahkan pewaris Lumpia Semarang, Cik Me Me harus datang ke Jakarta untuk memberikan kesaksian di depan Kedubes Malaysia. Hayo, ketemu sama keturunan pelopor lumpia. Malaysia mau apa, coba?

Reog Ponorogo

Ini lho yang bikin geram. Sudah jelas-jelas Reog itu kesenian asal Ponorogo. Kok nggak malu gitu ngakuin kalau Reog itu kesenian yang berasal dari negeri Malaysia. Bahkan namanya pun dirubah menjadi Tarian Barongan.

5392_menyinggahi_bumi_reyog_kota_ponorogo[ Image Source ]

Bukan itu saja, kisah di balik tarian itu pun dirubah. Kalau saja mereka menyertakan info dari mana tarian itu berasal, mungkin tidak akan ada tindak protes.

Kuda Lumping

Ternyata, negara tetangga memang selalu silau melihat kekayaan Indonesia. Bahkan Kuda Lumping pun tak lolos dari incaran mereka. Malaysia dengan bangga mengakui bahwa kesenian yang khas dengan replika anyaman bambu adalah kesenian mereka.

SEMARANG, 15/8 - PARADE SENI. Sejumlah seniman dari Kabupaten Klaten, Jateng, mementaskan kesenian Kuda Lumping pada Parade Seni dan Budaya Jawa Tengah, di Semarang, Jateng, Sabtu (15/8). Parade yang digelar untuk memperingati HUT ke-59 Provinsi Jawa Tengah itu menampilkan beragam kesenian dari 35 kabupaten/kota se-Jateng. FOTO ANTARA/R. Rekotomo/ss/nz/09

[ Image Source ]

Padahal, sudah jelas jika kesenian ini dari Jawa Timur. Hal ini direspon oleh kalangan budayawan dan seniman. Mereka sangat geram dengan tindakan negeri Jiran.

Gamelan Jawa

Tak kalah menghebohkan adalah klaim atas alat musik khas Jawa. Klaim itu muncul di akun Instagram Asosiasi Tenis Profesional, yang mengakui bahwa gamelan adalan instrumen asli Malayasia.

Gamelan[ Image Source ]

Sontak saja netizen asal Indonesia menolak keras atas klaim itu. Bahkan banyak netizen yang langsung melaporkan tindakan Malaysia itu ke gubernur DKI. Negara tetangga kita ini memang harus diberi ketegasan.

Angklung

Kesenian asli Sunda ini pun salah satu budaya yang disukai oleh Malaysia. Saking sukanya sampai ingin memilikinya. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mendudukkan fakta bahwa Angklung adalah bagian dari Indonesia.

3795830067angklung[ Image Source ]

Pemerintah pun bergerak dengan membangun musium Angklung di Bandung. Musium ini dibangun di tahun 2011 lalu. Tindakan ini diharapkan bisa mempatenkan Indonesia sebagai pemilik tunggal dari alat musik tradisional bambu itu.

Betapa budaya kita begitu dihargai oleh negara lain, bahkan cenderung ingin merebut dan memilikinya. Melihat hal itu, apa masih bisa mengabaikan budaya kita? Jika tidak, mari lestarikan bersama. Setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *