7 Cara Paling Unik dan Ekstrim Untuk Melakukan Perjalanan Keliling Dunia

keliling dunia menggunakan tuktuk

Traveling bukan sekedar kebutuhan mewah seseorang tapi juga menjadi gaya hidup. Mereka yang berkantong tebal bisa dengan mudah keluar masuk negara lain sebagai bagian dari kegiatan traveling mereka sedangkan traveler yang punya dana pas-pasan melakukan perjalanan dengan cara yang unik atau malah terkesan ekstrim agar bisa sampai di destinasi impian mereka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk sampai ke tempat liburan impian. Mereka yang mengaku petualang sejati bahkan rela melakukan cara-cara nyeleneh nan ekstrim untuk memuaskan passion traveling mereka. Dikumpulkan Travelingyuk dari berbagai sumber berikut ini ada tujuh cara paling unik yang pernah dilakukan traveler untuk berkeliling dunia, beberapa diantaranya bisa kamu coba.

1. Sekolah di Dalam Kapal Pesiar Via Semester at Sea

Cara yang pertama ini mungkin akan menginspirasimu untuk keliling dunia dengan cara yang elegan. Semester at Sea merupakan suatu program studi luar negeri yang didirikan pada tahun 1963. Saat ini sponsor utama kegiatan ini adalah Universitas Virginia. Namun bukan hanya mahasiswa universitas itu saja yang bisa mengikuti program studi ini melainkan mahasiswa dari universitas lainnya juga bisa turut serta di dalamnya.

belajar saat berlayar
belajar saat berlayar

Semester at Sea akan membawa ratusan mahasiswa dari berbagai universitas untuk belajar di dalam kapal pesiar sambil berkeliling dunia. Terhitung sejak program ini didirikan sudah ada hampir 55 ribu mahasiswa dari 1.500 perguruan tinggi di dunia telah berpartisipasi di dalamnya. Umumnya agenda ini dilakukan pada musim semi dan musim gugur dan diikuti oleh sekitar 720 mahasiswa sekali jalan. Setiap program akan memakan waktu hingga 100 hari dan mengunjungi 8-11 negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika. Tertarik? Kalian bisa mengunjungi website www.semesteratsea.org untuk informasi selengkapnya.

2. Menumpang Kapal Kargo

Untuk melakukan perjalanan keliling dunia sehemat mungkin traveler bisa mempertimbangkan untuk menumpang kapal kargo atau kapal kontainer. Dalam dunia traveling hal ini mungkin masih sangat jarang dan terdengar aneh mengingat akses untuk mendapatkan izin menumpang di kapal barang seperti ini juga tergolong sulit tapi bukan tidak mungkin. Sebagai contoh, traveler asal Moskow, Rusia bernama Anton Krotov pernah melakukannya di tahun 2008. Dalam kisahnya ia telah menjelajahi 50 negara dimana beberapa diantaranya ia lakukan dengan menumpang kapal kargo.

traveling nebeng kapal cargo
traveling nebeng kapal cargo [via]
Saat ini model wisata keliling dunia menumpang kapal kargo mulai diminati traveler. Bahkan ada perusahaan yang menawarkan traveling jenis ini yaitu Kapal Cargo Voyages. Dengan menumpang kapal barang biaya yang traveler keluarkan tentu sangat minim atau bisa jadi gratis. Beberapa kapal kargo yang menawarkan tumpangan terkadang juga memberikan fasilitas kolam renang kecil, gym, dan makan malam di meja kapten. Kalau traveler mau keliling dunia naik kapal kargo bisa mencari informasi via laman cargoshipvoyages.com.

3. Lanka Chalenge, Berkeliling Sri Lanka Sejauh 1.000 Kilometer Menggunakan Tuk Tuk

Ada cara seru untuk traveling sekaligus beramal yaitu dengan mengikuti Lanka Chalenge. Sebuah kegiatan amal yang diselenggarakan oleh perusahaan traveling Large Minority mengajak traveler dunia untuk mengelilingi Sri Lanka dengan menggunakan alat transportasi tradisional bernama Tuk Tuk. Mereka akan menyetir sendiri kendaraan tersebut dan dibekali sebuah peta yang menunjukkan rute yang harus dilewati.

keliling dunia menggunakan tuktuk
keliling dunia menggunakan tuktuk [via]
Tak kurang dari 1.000 kilometer jarak harus ditempuh para peserta melewati tempat-tempat yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Mengikuti acara ini menjamin setiap peserta akan mendapat banyak pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Tantangan ini dilakukan dalam format tim dimana satu tim yang terdiri dari 2 hingga 3 orang akan diberi Tuk Tuk untuk dikendarai berkeliling negeri tersebut. Tata cara, pendaftaran serta biaya yang diperlukan untuk mengikuti tantangan ini bisa traveler baca di laman www.largeminority.travel.

4. Mendaftar Dalam National Geographic Expeditions

Secara rutin National Geographic selalu mengadakan ekspedisi dan mengajak traveler maupun travel bloger bergabung di dalamnya. Mereka memiliki armada sendiri mulai dari kapal hingga pesawat terbang pribadi yang digunakan untuk menjelajahi dunia. Tempat yang mereka sambangi pun bukan hanya tempat-tempat mainstream melainkan kawasan terpencil seperti kutub hingga padang gurun.

ikut natgeo expedition
ikut natgeo expedition [via]
Tahun National Geographic telah mengagendakan acara serupa yang akan mengajak siapa saja berekspedisi selama 24 hari berkeliling dunia menggunakan pesawat pribadi mengunjungi daerah-daerah Machu Picchu, Pulau Paskah, Samoa, The Great Barrier Reef, Angkor Wat, Chengdu, Tibet, Taj Mahal, Tanzania, Petra, dan Marrakech. Ekspedisi ini rencananya akan berlangsung dalam waktu dekat sehingga bagi yang berminat bisa melakukan reservasi secepatnya di laman www.nationalgeographicexpeditions.com.

5. Berkeliling Dunia Dengan Kapal Layar

Berikutnya ini adalah kisah para petualang yang berhasil berkeliling dunia dengan cara yang sangat ekstrim, cukup menginspirasi namun butuh nyali dan pertimbangan beribu kali untuk diikuti. Yang pertama adalah kisah traveler wanita asal Inggris bernama Ellen MacArthur yang telah mengelilingi bumi dengan berlayar sendirian menggunakan kapal layar dan memecahkan rekor dunia.

keliling dunia menggunakan kapal layar
keliling dunia menggunakan kapal layar [via]
Aksi nekadnya ini ia lakukan pada tahun 2012 silam dimana petualang ini menghabiskan waktu 71 hari, 14 jam, 18 menit, 33 detik melintasi samudera sepanjang 42.000 kilometer. Tentu saja ini adalah aksi berkeliling dunia yang sangat ekstrim mengingat dirinya adalah seorang wanita di atas perahu layar sendirian dan menghadapi kondisi laut dalam berbagai cuaca. Mungkin ada di antara kalian yang berencana memecahkan rekor wanita ini dalam waktu dekat?

6. Keliling Dunia Dengan Gowes

Gowes adalah kegiatan yang paling menyenangkan dan biasa dilakukan anak-anak muda di sore hari sambil berkeliling kota. Sedangkan bagi atlet, bersepeda adalah bagian dari hidup yang membawa mereka untuk berkompetisi dari satu ajang ke ajang yang lain. Tapi rekor yang dicetak petualang ini nampaknya akan sulit untuk dipatahkan oleh atlet bersepeda profesional sekalipun.

keliling dunia bersepeda
keliling dunia bersepeda

Adalah Mike Hall, namanya sangat terkenal lantaran pada tahun 2012 ia memecahkan rekor berkeliling dunia dengan cara gowes. Jarak sejauh 40.000 kilometer atau satu putaran penuh bumi ia lahap dengan sepedanya dalam waktu 107 hari. Ia telah melintasi 20 negara dalam aksinya tersebut. Siapa yang terinspirasi dan tertarik untuk mengulang aksi Mike Hall?

7. Berkeliling Dunia Dengan Jalan Kaki

Dari sekian pengalaman petualang dalam mengelilingi dunia nampaknya tidak ada yang lebih nekad dibanding petualang yang terakhir ini. Namanya adalah Karl Bushby, ia tidak menggunakan sepeda tidak pula mengendarai perahu layar, ia berkeliling dunia dengan berjalan kaki. Hingga saat ini ia tercatat sebagai manusia pertama yang berjalan kaki paling jauh.

keliling dunia jalan kaki
keliling dunia jalan kaki

Butuh bertahun-tahun bagi Karl Bushby untuk mengelilingi dunia, wajar mengingat cara yang ia gunakan hanya dengan berjalan kaki. Hingga saat ini sudah lebih dari 54 ribu kilometer ia susuri dengan rute start dari Amerika Selatan hingga sampai London. Selama itu pula ia telah menjalani pengalaman yang menyenangkan dan menyedihkan namun pengalaman yang ia dapatkan juga tak kalah berharganya. Berani menandingi rekor petualang ini?

Punya pengalaman traveling yang unik seperti diatas? Kamu bisa menuliskan pengalamanmu di kolom komentar. Siapa tahu pengalaman unikmu bisa menginspirasi traveling lain.