Ternyata Ciuman Sembarangan Bisa Bikin Kamu Kena 5 Penyakit Ini

Masa muda memang yang paling indah. Masa di mana kita dimabuk asmara. Di usia ini, biasanya dimanfaatkan untuk ‘perburuan’ dalam menemukan pasangan. Tak jarang pula yang berganti-ganti hanya demi mendapatkan yang ternyataman.

Ciee… mentang-mentang sudah punya pasangan, lantas kamu dikit-dikit ciuman. Jangan sembrono! Ciuman sembarangan, selain tak pantas dipandang mata, ternyata juga berisiko penularan beberapa penyakit, di antaranya sebagai berikut.

Herpes

Herpes adalah penyakit kulit yang menular. Penyakit ini termasuk ‘bandel’, karena sangat memungkinkan bagi mantan penderita herpes akan menderita penyakit yang sama dalam jangka waktu tertentu.

0[ Image Source ]

Virus penyakit ini bisa menular dengan kontak langsung dengan si penderita. Dan berciuman adalah salah satu bentuk kontak langsung tersebut. Kaum muda, berpikirlah seribu kali sebelum merelakan bibirmu tersentuh virus.

Flu dan Pilek

Penyakit ini memang terkesan remeh, sebab tak ada sejarah orang terkena flu dan pilek yang sampai meninggal, kecuali flu burung atau flu babi pastinya. Meski demikian, siapa sih yang mau pilek? Kalau ditanya, pasti tidak seorang pun yang mau.

0

[ Image Source ]

Pilek juga penyakit yang bisa mengganggu aktifitas dan penampilanmu. Virus ini juga menular dengan adanya kontak langsung. Terkena tetesa liur saat berciuman dengan penderita akan berdampak menularnya virus tersebut.

Hepatitis B

Adalah penyakit yang disebabkan virus, penyakit ini dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun. Dalam berbagai kasus (meskipun jarang) penyakit ini bisa berlanjut pada kanker hati. Dibanding dengan virus HIV, virus Hepatitis B seratus kali lebih ganas.

0[ Image Source ]

Cara penularannya sepertihalnya HIV, melalui jarum suntik, tranfusi darah, menggunakan alat cukur yang sama dan tentu saja ciuman adalah salah satu kegiatan yang dapat menularkan virus ini. Gejala penyakit ini ditandai dengan hilangnya selera makan, mual, muntah, deman ringan dan bengkak pada perut bagian atas. Setelah lewat seminggu, barulah gejala utama terlihat, yaitu warna kuning pada bagian putih mata dan kulit.

Infectious Mononucleosis atau Mono

Penyakit ini disebabkan Epstein-Barr (EBV). Penyakit ini sebagian besar menyerang remaja berusia 15-17 tahun. Ya, usia-usia rawan senang berciuman. Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, sakit tenggorokan parah, dan juga pembengkakan kelenjar getah bening leher.

0[ Image Source ]

Virus ini menular melalui liur, jarang sekali kasus penularan Mono melalui transfusi darah. Penyakit Mono biasanya bertahan hingga satu atau dua bulan. Namun, virus tersebut bisa saja masih terus tertidur dalam tenggorokan si penderita seumur hidup.

Meningokokus

Dari semua penyakit yang ditularkan ciuman, penyakit satu ini yang paling berbahaya. Penyakit ini dapat menyebabkan infeksi selaput yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit Meningokokus lebih mengerikan, sebab jarang bisa disembuhkan.

0[ Image Source ]

Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, bahkan meninggal. Andai masih memungkinkan ditanggulangi, penyakit ini membutuhkan banyak waktu untuk sembuh. Salah satu artis Indonesia yang meninggal karena penyakit ini adalah Olga Syahputra.

Ternyata tak selamanya ciuman itu indah. Selain rasa berbunga-bunga, dampak ciuman juga membawa risiko tertular penyakit menyeramkan. Baiknya, jaga diri ya, jangan sampai sembarang ciuman, apalagi belum resmi jadi suami istri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *