Coban Talun, Air Terjun Seindah Wallpaper Komputer

keindahan coban talun

Traveler mungkin akan langsung kagum sejak pandangan pertama saat melihat keindahan air terjun Coban Talun. Air terjun di Kota Batu ini memang dianugerahi dengan pemandangan alam yang ciamik sehingga terlihat seperti gambar wallpaper di komputer. Penasaran dimana letak persis air terjun ini? Berikut ulasan lengkap Travelingyuk.

Ada setidaknya tiga air terjun yang cukup terkenal di Kota Batu yaitu Coban Rais, Coban Putri dan Coban Talun. Ketiga air terjun tersebut memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri tetapi Coban Talun memiliki pemandangan yang lain dari pada yang lain. Perpaduan keindahan air terjun dan alam sekitarnya membuat siapa saja yang melihatnya akan langsung terpana.

coban talun
coban talun [via]
Keindahan Coban Talun bisa traveler temukan di dusun Junggo, desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Lokasinya hanya berjarak 15 kilometer dari kota Malang sehingga cukup mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Coban Talun adalah salah satu obyek wisata air terjun di Kota Batu yang juga sekaligus kawasan wisata bumi perkemahan.

Karena obyek wisata ini juga menjadi area perkemahan maka cara paling asyik menikmati air terjun super keren ini adalah dengan cara kemping. Tidak perlu repot membawa tenda sebab di sekitar lokasi sudah ada persewaan perlengkapan kemping termasuk tenda, lampu minyak, generator serta perlengkapan lain. Fasilitas pendukung berupa WC dan kamar mandi yang bersih juga telah disediakan.

keindahan coban talun
keindahan coban talun [via]
Hanya saja lokasi bumi perkemahan dengan air terjun berada terpisah. Untuk menuju ke Coban Talun dari gerbang masuk kawasan wisata traveler harus berjalan kaki sekitar 30 menit melewati hutan pinus dan menyisir sungai. Nanti traveler akan berada di posisi atas air terjun, untuk turun harus memutar lagi menuruni jalan tanah yang berliku-liku. Jadi perlu memakai alas kaki anti selip dan selalu hati-hati saat menuruni tangga.

Lelah yang didapatkan akan terbayar tuntas saat tiba di depan Coban Talu setinggi 75 meter. Rasa penat langsung buyar melihat keindahan air terjun ini. Traveler tidak akan sabar menunggu lama-lama untuk masuk ke dalam kolam dangkal yang ada di bawah air terjun. Air terjun ini memang pas dikunjungi saat musim hujan karena airnya yang melimpah akan sangat keren jika di foto. Namun jika sedang terjadi hujan lebat sebaiknya tidak mendekat ke air terjun pasalnya cukup riskan aliran sungai bisa banjir sewaktu-waktu.

grujukan air di coban talun
grujukan air di coban talun

Rute menuju ke air terjun ini cukup gampang sebab ada angkutan umum dengan trayek ke obyek wisata ini. Start dari mana saja turun di terminal Arjosari Malang kemudian lanjut naik angkutan ke Landungsari. Dari Landungsari lanjutkan kembali dengan naik angkutan jurusan terminal Batu setelah itu baru naik angkot lagi yang jurusan Selecta-Coban Talun. Untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan ini traveler hanya cukup membayar tiket masuk sebesar 5 ribu perak. Murah kan?