5 Eksperimen Paling Gila Sepanjang Sejarah

Untuk menemukan hal-hal baru atau menjawab pertanyaan ilmiah dibutuhkan sebuah eksperimen atau percobaan. Manusia selalu siap melakukan kegiatan ini, bagi beberapa orang eksperimen adalah hal yang menyenangkan. Tapi tanpa mereka sadari eksperiman yang dilakukan kerap membahayakan keselamatan manusia itu sendiri dan bahkan mengancam planet bumi yang mereka tinggali.

Beberapa orang yang menasbihkan dirinya sebagai ilmuan telah melakukan serangkaian eksperimen yang jumlahnya tidak terhitung sejak zaman dahulu. Daftar berikut ini akan membuatmu geleng-geleng kepala karena eksperimen yang dilakukan ini telah melampaui batas kewajaran. Inilah 5 eksperimen paling gila sepanjang sejarah.

Mengendalikan Pikiran

Eksperimen cuci otak untuk mengendalikan pikiran orang lain nampaknya hanya dianggap sebatas sebuah karya fiksi ilmiah dan hanya terjadi di negeri dongeng. Atau mungkin memang belum ada yang tahu jika percobaan macam ini memang pernah dilakukan di dunia nyata setidaknya pernah dicoba oleh seorang profesor bernama Jose Delgado.

1 ilustrasi MindControl
Mengendalikan Pikiran [ Image Source ]

Jose Delgado yang merupakan profesor berkebangsaan Spanyol pernah melakukan serangkaian uji coba mengembangkan teknik untuk mengendalikan pikiran. Eksperimen pertamanya menciptakans ebuah alat bernama “stimoceiver” semacam chip yang ditanam di otak hewan percobaan. Chip tersebut dikendalikan oleh remot kontrol untuk memacu gelombang elektrik yang merangsang beberapa bagian otak hewan. Dengan alat ini ia bisa menyuruh hewan melakukan beberapa gerakan yang ia mau.

Test Nuklir

Jangankan uji coba senjata nuklir, mau membangun pambangkit listrik tenaga nuklir saja banyak negara yang enggan melakukannya lantaran takut dengan efek samping dari penggunaan nuklir berupa radiasi yang berbahaya untuk tubuh makhluk hidup dan lingkungan. Tapi dalam sejarah pernah dilakukan test nuklir dan pelakunya adalah Amerika Serikat.

2 ilustrasi nuclear
Test Nuklir [ Image Source ]

Pada tanggal 16 Juli 1945 di gurun Jornada del Muerto, Amerika Serikat dilakukan uji coba bom nuklir untuk pertama kalinya. Pada test tersebut diledakkan 20 kiloton TNT dan dianggap salah satu uji coba paling berbahaya di dunia. Nuklir yang diuji cobakan pada saat itu diberi nama Trinity. Bisa saja sedikit kesalahan dan perhitungan yang meleset bisa membuat kehidupan di Amerika berakhir lebih cepat.

Eksperimen Untuk Bangkit Dari Kematian

Di era modern seperti sekarang mungkin banyak dari kita yang pernah membaca berita mengenai sekumpulan orang kaya raya yang banyak mendonasikan uangnya untuk penelitian ambisius agar terhindar dari kematian atau setidaknya memiliki umur panjang. Namun tahukah kamu jika jauh sebelumnya pernah ada seorang dokter “gila” yang melakukan eksperimen untuk menghidupkan orang mati.

3 ilustrasi death3
Eksperimen Untuk Bangkit Dari Kematian [ Image Source ]

Adalah Robert E. Cornish, seorang dokter pernah melakukan eksperimen untuk menghidupkan orang yang telah mati. Ia melakukannya dengan cara menyuntikkan zat antikoagulan dan epinefrin pada tubuh mayat dengan harapan darah dapat mengalir kembali dan mambuat orang yang mati bisa hidup. Sudah bisa ditebak, tidak satu pun mayat yang bisa ia hidupkan, meski dalam percobaan sebelumnya ia pernah menghidpukan dua ekor anjing yang mati dengan teknik serupa.

Ekperimen Nazi

Dari judulnya saja kita bisa menebak jika eksperimen berikut ini pasti sangat tidak manusiawi. Eksperimen Nazi sedikit banyak memang berkaitan erat dengan kekejaman Hitler di masa kekuasaannya. Saat ia berkuasa para ilmuan yang ada di bawah perintahnya melakukan banyak sekali percobaan tidak manusiawi untuk uji coba senjata atau alat penyiksaan lainnya.

4 nazi-experiments
Ekperimen Nazi [ Image Source ]

Beberapa yang pernah tercatat adalah eksperimen membekukan manusia, metode amputasi, hingga percobaan racun yang mematikan. Kesemuanya itu dilakukan dengan menggunakan manusia sebagai objek percobaan. Kebanyakan mereka yang menjadi bahan percobaan tidak akan selamat, jika pun mereka masih hidup keseluruhan objek uji coba manusia ini mengalami gangguan mental.

Tusuk Jantung

Pernah mendengar istilah kedokteran kateterisasi jantung? Kateterisasi jantung adalah proses pemasukan slang kecil berukuran 2 mm ke dalam pangkal pembuluh jantung untuk mendiagnosis pasti penyakit jantung koroner. Dengan cara ini banyak sekali pengidap jantung koroner yang mendapatkan penanganan medis lebih cepat dan menyelamatkan jiwanya.

5 tusuk jantung
Tusuk Jantung [ Image Source ]

Sepertinya dunia kedokteran perlu berterimakasih pada Werner Theodor Otto Forssmann, ia adalah peserta pelatihan bedah dari Jerman yang secara sukarela ditikam jantungnya menggunakan slang kecil yang dimasukkan dari lengannya. Beruntung saat itu ia berhasil selamat, dari situlah kemudian menjadi tonggak awal proses kateterisasi jantung yang kini digunakan di dunia kedokteran. Forssmann kemudian dianugerahi Nobel pada tahun 1956.