Harus Tahu! Ini Lho 5 Fakta Membanggakan dari Ambon

Ambon memang dikenal berkat wisatanya yang memukau. Kota yang berada di bagian Timur Indonesia ini memang selalu menyimpan banyak cerita unik. Baik dari masyarakatnya, hingga keindahan alamnya.

Kota tersebut dihuni oleh masyarakat yang mayoritas berkulit gelap. Meski demikian, orang Ambon memiliki gurat wajah yang manis. Selain itu, ada istilah yang mengatakan kalau orang Ambon itu seperti pohon sagu, luarnya saja hitam, tapi dalamnya bersih.

Rasa Persaudaraannya Kuat

Orang Ambon memiliki istilah “Ale rasa, beta rasa. Potong di kuku rasa di daging” makna yang terkandung dalam ungkapan tersebut adalah saling membantu sesama. Pastilah orang Ambon tidak akan tinggal diam jika sesamanya mengalami kesulitan.

0[ Image Source ]

Hal itu dikerenakan ikatan emosional sebagai sesama orang Ambon. Hubungan sesama orang Ambon bahkan kadang bisa melebihi saudara kandung. Menjaga tali persaudaraan adalah salah satu amanat yang tidak boleh ditinggalkan.

Budaya Santun

Sepertihalnya suku Jawa yang memiliki sopan santun tinggi, orang Ambon juga demikian. Cara memperlakukan orang yang lebih tua juga berbeda. Mereka akan menambahkan embel-embel Bu (Bung) atau abang untuk laki-laki, sementara Caca dan Usi untuk perempuan.

0[ Image Source ]

Orang Ambon tak hanya menghormati yang lebih tua saja, untuk yang lebih muda, mereka juga menyertakan sebutan ade. Atau kadang juga dikhususkan nyong, untuk laki-laki, sementara nona untuk perempuan.

Jujur dan Blak-blakan

Inilah kebiasaan yang sudah mendarah daging, orang Ambon kebanyakan memiliki sifat jujur dan suka blak-blakan. Jika menyukai sesuatu, mereka akan terus terang mengatakannya. Dan sebaliknya, jika tidak suka, mereka juga akan mengatakan yang sebenarnya.

0[ Image Source ]

Tipe yang ekspresif, mereka akan marah-marah jika kesal. Namun setelah semua selesai, mereka bisa kembali seperti sedia kala. Mungkin hal ini juga karena pengaruh rasa persaudaraan yang tinggi.

Suka Berbaur dan Kumpul-kumpul

Orang Ambon, khususnya kaum lelaki suka sekali berkumpul dengan sesama sembari membahas berbagai hal. Mereka membahas masalah yang juga dicari berbagai solusinya. Selain bisa memecahkan masalah bersama, acara kumpul-kumpul tersebut juga bermanfaat untuk mempererat pertemanan.

0[ Image Source ]

Orang Ambon tidak memerlukan markas khusus untuk berkumpul. Mereka bisa berkumpul di mana saja. Di warung-warung kopi, pos kampling dan sebagainya. Saat malam datang, tak jarang pula mereka begadang bersama, sambil bermain gitar atau bernyanyi.

Pemilik Pantai Paling Indah di Indonesia

Di Ambon, begitu banyak pantai dengan pemandangan yang begitu fantastis. Destinasi di sana memiliki standart internasional. Tiap wisatawan yang datang ke Ambon, tak akan mengenal kata penyesalan.

0[ Image Source ]

Saking indahnya, bahkan dijuluki Oasis di tengah lautan oleh Cina abad ke-7. Pantas saja Ambon mendapat julukan demikian, keindahan alamnya terhampar luas. Sebut saja pantai Ora, pantai Natsepa, pantai Liang dan lain sebagainya.

Demikian adalah lima fakta tentang Ambon yang harus kamu ketahui. Kalau kelak diberi kesempatan bertualang berkeliling Ambon, jangan lupa berbaur dengan penduduknya yang santun itu. Dijamin memberikan pengalaman tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *