Fakta Tentang Mario Miranda yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Siapa itu Mario Miranda? Ia adalah sosok pelukis sekaligus kartunis yang berasal dari Daman, India. Karya-karyanya telah mendunia. Bahkan ia pernah membuat karya bersama dengan Charles M. Schulz serta Herblock, seorang kartunis editorial untuk Washington Post.

Debutnya sebagai kartunis cukup memukau, sebab karyanya sampai ditampilkan majalah The Ilustrated Weekly of India. Setelahnya, Miranda memulai bekerja sebagai kartunis di Times of India. Ia juga menciptakan tokoh Miss Fonseca yang selalu muncul di Femina serta Economic Times. Untuk mengenal sosok Mario Miranda lebih dalam lagi, berikut ini adalah fakta-fakta tentang Mario Miranda yang mungkin belum kamu tahu.

Memulai Karier Di Dunia Iklan

mario-mirandas-90th-birthday-750x400[ Image Source ]

Miranda memang seorang kartunins dan pelukis terkenal. Namun, lelaki asal India trrsebut mulai dikenal sejak masuk di dunia iklan. Pada awalnya, karya Mario dimuat di Mid-day, The Illustrated Weelu of India, Femina, Economic Times and The Times of India.

Berawal dari Beasiswa, Karya Mario pun Tenar di Eropa

0[ Image Source ]

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Mario. Ia mengenyam pendidikan lewat beasiswa Fundacao Calouste Gulbenkian. Pendidikan tersebut adalah gerbang awal perjalanan karier Mario. Ia sempat tinggal di Portugal selama setahun, dan tinggal di London selama 5 tahun. Selama itu, karyanya dimuat di beberapa koran. Namun setelahnya, ia memilih kembali ke negeri asalnya, dan bekerja di Times of India.

Karyanya Juga Menghiasi Buku Ilustrasi

0[ Image Source ]

Sosok Mario Miranda memang terkenal dengan kreatifitasnya. Selain munculnya karya Mario di berbagai koran, hasil garapannya juga banyak menghiasai buku ilustrasi. Termasuk di dalamnya Inside Goa karya Manohar Malgonkar, A Familiy in Goa The Open milik Dom Moraes.

Banyak Memperoleh Penghargaan

0[ Image Source ]

Aktif di dunia kartun, dan banyak memberi kontribusi, tak heran kalau usahanya selama ini berujung pada penghargaan. Lelaki yang mulai beken sejak tahun 1974 ini banyak memperoleh penghargaan. Ia telah menerima Padma Bhushan pada tahun 2002. Selain itu, sebelumnya ia juga pernah diberi penghargaan Padma Shri pada 1988.

Sebuah kesungguhan memang selalu berbuah keberhasilan. Meski sosok Mario Miranda saat ini sudah tak ada lagi di dunia, namun karyanya tetap ada dan banyak dikenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *