5 Fakta Orang Bali Yang Belum Anda Tahu

Bali memang dikenal dengan keindahan alam dan adat istiadatnya yang kental. Sebagai aset negara, Bali memang lokasi yang dibanggakan. Tiap hari, lokasi ini dibanjiri oleh wisatawan asing.

Salah satu yang unik dari Bali adalah, masyarakatnya yang menjunjung tinggi tradisi. Sampai saat ini, Bali masih bersih dari kontaminasi budaya asing. Padahal, Bali selalu ramai dikunjungi oleh warga negara asing. Entah bagaimana cara orang bali tetap mempertahankan identitas dirinya. Di antara keunikan Bali, ada beberapa fakta unik yang mungkin belum Anda tahu. Dan berikut adalah kupasannya.

Memiliki Nama Yang Sama

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, kenapa orang Bali memiliki nama yang sama. Hal itu sudah jadi ciri khas, bahkan termasuk adat-istiadat bagi warga asli Bali. Bagi penduduk pulau Dewata, memeberi nama harus sesuai urutan.

pantai seseh 1

[ Image Source ]

Berawal dari anak pertama yang harus memasukkan nama Wayan atau Putu. Sedangkan anak kedua harus menyertakan nama Made atau Kadek. Anak ketiga menggunakan Nyoman atau Ketut, dan seterusnya.

Memelihara Anjing

Hampir semua masyarakat Bali memelihara Anjing. Warga sangat menyayangi binatang satu ini. Orang Bali berpendapat jika Anjing adalah peliharaan yang sangat setia pada tuannya.

Fakta-unik-pulau-dewata-bali-pulau-dengan-jumlah-anjing-terbanyak

[ Image Source ]

Anjing dipelihara selain sebagai hiburan, juga untuk menjaga rumah ketika keluar rumah.

Wanita Haid Dilarang Masuk Pura

Sayang sekali jika Anda sedang menstruasi saat berlibur ke Bali. Karena Anda pasti dilarang untuk memasuki Pura atau tempat wisata yang dianggap suci. Jadi, pastikan Anda dalam kondisi suci saat mengunjungi tempat ini.

pura2

[ Image Source ]

 

Sepertihalnya masjid yang terlarang bagi mulsimah yang sedang haid, Bali juga menerapkan prinsip yang sama.  Tempat wisata atau Pura merupakan tempat ibadah bagi warga Bali. Kaum wanita yang haid, harap menghormati agama di Bali ya.

Memiliki Polisi Adat

Uniknya di Bali memiliki polisi adat. Polisi ini bahkan mengambil lebih banyak peran daripada polisi nasional. Tak heran jika Anda lebih sering melihat polisi adat yang berpatroli daripada polisi nasional.

 

9532119609_816a4e4272_b

[ Image Source ]

Jika Anda warna luar Bali yang tinggal di sana, lebih baik segera membuat kartu indentitas sebagai warga Bali atau warga sementara. Sebab, jika sewaktu-waktu datang seorang polisi adat untuk memeriksa tempat dan tidak menemukan identitas Bali, Anda bisa disidang di balai adat.

Menanam Kamboja

Jika Anda sedang berjalan-jalan ke Bali, pasti akan selalu menemui pohon kamboja di semua rumah penduduk. Pohon kamboja di Bali begitu dimuliakan. Pohon eksotik ini dikenal sebagai pohon kuburan. Di Bali sendiri, kamboja dijadikan tanaman yang wajib ada dalam ritual keagamaan.

jual-bibit-kamboja-di-mamuju-3

 

[ Image Source ]

Selain itu, bunga kamboja juga digunakan sebagai pewangi dan penghias pakaian adat Bali. Bunga kuning ini pula yang diselipkan di telinga para penari Bali. Kamboja juga dijadikan tanama inti di area-area publik seperti taman dan perkantoran.

Bali hingga saat ini memang menjadi kiblatnya wisatawan. Dari fakta-fakta di atas, dijelaskan bahwa Bali memiliki kekayaan dan keunikan yang lebih dari sekadar tempat wisata. Sudah pernahkah Anda buktikan?