Penasaran Tentang Tarzan Si Anak Hutan? Ini Dia!

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tokoh Tarzan. Kisah tentang anak manusia yang hidup di hutan. Cerita ini sudah banyak difilmkan dengan berbagai versi.  Cerita fiksi Tarzan sebenarnya ditulis oleh Edgar Rice Burroughs. Selain film, Tarzan juga seringkali jadi karakter utama dalam acara radio, majalah dan sebagainya.

Meski demikian, banyak sekali yang tidak tahu tentang kebenaran Tarzan menurut penulis aslinya. Dalam novel, tentu kisah Tarzan lebih menarik dan detail. Dan berikut adalah Fakta tantang Tarzan si anak hutan.

Tidak Dibesarkan Gorila

Jika selama ini Anda berpikir kalau Tarzan dibesarkan oleh gorila, kepercayaan itu adalah salah. Dalam novelnya, ternyata Burroughs menggambarkan bahwa Tarzan dibesarkan  oleh sejenis spesies yang menyerupai gorila, namun pemakan daging. Cara berjalannya tegak dan dapat berbicara.

gorilla[ Image Source ]

Mereka menyebut diri mereka “Mangani”. Digambarkan bahwa mereka besar dan mengerikan. Mirip gorila, namun cerdas. Bisa dibayangkan makhluk macam apa yang membesarkan Tarzan? Jika Anda membaca novelnya, mungkin akan lebih jelas detailnya.

Awal Cerita Diciptakan

Burroughs mulai menulis empat dekade setelah Haggard. Dan sebagian besar Afrika masih belum ia eskplor. Ia berpikir untuk membuat cerita tentang peradaban yang belum ditemukan. Dan Burroughs mulai berimajinasi dan mencipyakan petualangan Tarzan.

jungle-ruins[ Image Source ]

Satu karua yang menurutnya tidak biasa. Karena ia membuat cerita tentang komunitas ilmuan Inggris yang menjuluki diri mereka Tuhan, dan mampu menggunakan pengetahuan untuk memasukkan pikiran kedalam tubuh gorila.

Karakter Dalam Film Banyak Berubah

Burroughs mencintai sekaligus membenci Hollywood. Dia suka mendapat bayaran tambahan, namun ia tidak suka film Tarzan merubah karakter sesungguhnya dalam novel. Burroughs tak pernah puas dengan hasil film hingga dibuat beberapa versi.

weissmuller

Ia juga tidak suka dengan Johnny Weissmuller, dari film Tarzan yang paling terkenal. Sebab di versi ini, diceritakan Tarzan hampir tidak bisa berbahasa Inggris. Sungguh sulit membuat film yang sesuai dengan imajinasi penulis aslinya.

Rumah Pohon Primitif

Di film Johnny Weissmuller, Tarzan dan Jane ditampilkan di sebuah rumah pohon primitive jauh di dalam hutan. Namun, ternyata hal ini sama sekali tidak terjadi di novel. Dalam novel Eternal Lover, dijelaskan rumah itu bergaya Inggris.

tree-house[ Image Source ]

Kita mendapatkan gambaran yang lebih datail dari film The Son of Tarzan. Ketika ia membiarkan Mariem tinggal di sana. Sungguh disayangkan jika film ini sangat berbeda dari versi aslinya dalam novel. 

Burroughs Membunuh Jane

Aktris pertama yang berperan sebagai Jane Porter adalah Enid Markey. Namun sayangnya, sosok Markey sangat berlawanan dengan Jane dalam novel. Burrough tidak menyukainya, sehingga ia membunuh Jane dalam cerita berikutnya.

legend-of-tarzan[ Image Source ]

Namun tentu saja Jane tidak benar-benar mati. Sejak cerita serial diterbitkan, Burroughs merubah nasib Jane di bab terakhir. Tak ada yang tahu kenapa. Tapi di akhir cerita, Tarzan menemukan bahwa Jane diculik, dan tidak dibunuh. Hal itu tentu saja membuat lubang dalam plot, tapi toh, para fans novel ini tidak peduli.

Berapa kali Anda menyaksikan film Tarzan? Mungkin sering. Mungkin Anda juga sudah melihat berbabagai versi. Tapi, apakah Anda juga tertarik membaca novelnya? Barangkali banyak perbedaan mencolok yang bisa ditemukan. Dan itu pasti lebih seru. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *