Masih Suka Makan Minum Manis? FAKTA Ini Membuatmu NGERI

Mitos bahwa gula merusak gigi dan bikin gendut memang tidaklah salah. Rasanya yang manis sudah menjadi bahan pokok yang harus ada di dapur setiap hari.  Sebagai campuran teh, kopi ataupun saat membuat kue.

Tapi, tahukah Anda jika gula juga bisa membahayakan kesehatan kita lebih dari kerusakan gigi? Banyak sekali dampak buruk yang disebabkan oleh gula yang tiap harinya Anda konsumsi. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

Menurunkan Kolesterol Baik

Mengkonsumsi gula terlalu banyak dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, gula juga bisa meningkatkan lemah dalam darah. Hal ini dapat merangsang penebalan dinding arteri.

jantung-diabet
Menurunkan Kolesterol Baik [ Image Source ]
Salah satu penyebab stroke berasal dari gula. Tak sampai di situ, gula juga bisa menjadi pemicu rusaknya jantung. Dari gambar di atas ditunjukkan bentuk jantung yang rusak karena gula.

Merusak Hati

Hati adalah organ vital yang berfungsi sebagai filterasi darah. Bagi Anda penggemar manis, lebih baik mulai mengurangi. Sebab, terlalu banyak makan makanan manis dapat menyebabkan timbunan lemak di hati.

hati
[ Image Source ]
Sementara timbunan lemak di hati dapat mengurangi fungsinya. Hal ini bisa menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh. Gula salah satu yang bisa meningkatkan kadar trigilesida dan merusak hati Anda.

Menyebabkan Disfungsi Ereksi

Pria yang memiliki kadar gula tinggi berisiko menderita disfungsi ereksi. Hal ini bisa terjadi pada pria muda sekalipun. Dan gula adalah salah satu penyebabnya.

newsmedia_p1_ilustrasi_disfungsi_ereksi
Ereksi [ Image Source ]
Bagi pria yang mengalami diabetes, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Jaga pula kadar gula yang dikonsumsi sebelum terkena disfusngsi ereksi. Jika terlanjur, tetaplah lakukan perngobatan untuk membantu terjadinya ereksi.

Penuaan Pada Otak

Dampak buruk dari gula selanjutnya berkaitan dengan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan, bahwa mengkonsumsi gula secara berlebihan menyebabkan penuaan pada sel-sel otak. Sehingga dapat mengganggu memori dan proses pembelajaran.

6-Makanan-yang-Bahaya-Bagi-Otak-Anak_blog.tokopedia.com_-900x668
[ Image Source ]
Namun, jika dikonsumsi secukupnya, gula akan berfungsi sebagai bahan bakar otak. Gula menghasilkan pelepasan glukosa. Kelebihan gula hanya akan membuat Anda menjadi lesu.

Obesitas

Gula dapat menyebabkan resitensi leptin. Leptin berfungsi sebagai penanda bagi tubuh bahwa asupan makanan sudah memadai. Semenetara jika tubuh mengalami resisten terhadap leptin, maka Anda akan merasa ingin makan terus.

20140908_075555_obesitas
[ Image Source ]
Hal ini hanya berujung pada kegemukan. Dan tentu saja hal itu merusak penampilan. Ada baiknya, kurangi gula mulai sekarang.

Mengkonsumsi gula memang salah satu kebutuhan, namun semua yang berlebihan memang tidak baik. Hal itu akan menjadi bumerang yang akan merusak tubuh Anda sendiri. Bijak dalam mengkonsumsi gula dapat menghindarkan Anda dari beberapa risiko penyakit seperti di atas. Setuju?