Yang Ngaku Suka Mendaki, Pasti Kenal 5 Gunung Terbaik di Indonesia ini

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya. Keindahan alam dari Sabang hingga Merauke memiliki destinasi yang indah dan memiliki keunikan tersendiri, baik lautan dan gunungnya. Hal itu tentu memanjakan masyarakat Indonesia.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk menikmati pantai yang eksotis. Tak perlu pula melancong ke negeri tetangga jika hanya ingin mendaki ke gunung yang memukau. Tak kalah dengan Jepang yang punya gunung Fuji, Indonesia juga punya gunung terbaik yang patut didaki.

Gunung Semeru ( Mahameru)

Merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung ini juga merupakan gunung merapi tertinggi setelah Kerinci dan Rinjani. Secara administratif, lokasi gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang.

0[ Image Source ]

Namun, untuk mendaki gunung ini, butuh energi yang super. Sebab, dibutuhkan waktu sekitar empat hari untuk mendakinya pergi-pulang. Namun, sekitar 5 km menyusuri lereng bukit, kamu akan dimanjakan dengan bunga-bunga edelweis yang tumbuh di sana.

Gunung Rinjani

Gunung satu ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m. Menjadi favorit para pendaki berkat keindahannya yang memukau.

0[ Image Source ]

Jadi tak heran jika gunung ini menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Tiap tahunnya, para pendaki yang datang dari masyarakat lokal maupun mancanegara mengalami peningkatan. Pesona lainnya tentu danau Segara Anak, danau jernih tak jauh dari gunung ini, memungkinkan kamu untuk camping sembari menikmati keindahan alamnya.

Gunung Bromo

Yang ngaku pendaki sejati, pasti pernah mengunjungi gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini. Statusnya merupakan gunung merapi yang masih aktif, meski begitu, gunung satu ini merupakan salah satu obyek wisata favorit.

0[ Image Source ]

Selain keindahan alamnya, para pendaki pasti dimanjakan dengan pemandangan bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Kerinci

Hamparan kebun teh pasti akan menyambut kamu di sekitar penginapan. Barangkali, kamu bakal ngerasa ada di nirwana saking takjubnya dengan keindahan gunung ini. Hijaunya tetumbuhan pasti memberikan ketenangan yang tidak kamu temukan di perkotaan.

0[ Image Source ]

Gunung ini adalah yang tertinggi di Sumatera. Merupakan  gunung tipe A aktif yang berada di sekitar 130 km arah Selatan kota Padang. Di sekitar gunung ini banyak ditumbuhi mahoni, ada pula Raflesia Arnoldi dan Suwek raksasa.

Gunung Merbabu

Gunung terbaik selanjutnya adalah Merbabu. Terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Menjadi salah satu gunung yang populer dan menyenangkan untuk acara pendakian. Memiliki udara dingin, kabut tebal dan hutan yang lebat. Nuansa alami ini pasti menantang untuk dinikmati.

0[ Image Source ]

Terpaan angin di sekitar gunung sangat kuat, namun kamu bisa berlindung di  Watu Gubug, sebuah batu berlubang yang dapat dimasuki lima orang. Konon, batu tersebut adalah pintu gerbang menuju kerajaan ghaib.

Gunung-gunung di Indonesia memang nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Hijau, natural, dan tentu saja menjanjikan ketenangan buat kamu yang udah lelah sama kepenatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *