Hal-hal Unik yang bisa dilakukan Jari Tangan!

Hal-hal Unik yang bisa dilakukan Jari Tangan!

Mengapa jari tangan manusia ada lima? Mengapa jari tangan manusia beruas-ruas? Mengapa panjang jari tangan berbeda-beda?

Bayangkan jika jari manusia menyatu jadi satu, tentu tidak akan bisa digunakan untuk membawa benda atau menggenggam. Jika jari tangan diciptakan berjumlah dua, maka fungsinya hanyalah untuk menjepit, seperti kepiting. Lalu bagaimana jika jari tangan diciptakan berjumlah enam? Maka tidak akan pernah dijumpai yang namanya jari tengah.

Sekarang mari kita berandai-andai, jika saja jari-jari manusia tidak memiliki ruas, apakah yang akan terjadi? Tentu tanpa ruas, jari manusia hanya lurus dan tidak bisa ditekuk. Hal tersebut membuat keberadaan jari-jari ini tidak berarti karena tidak bisa melakukan apa pun.

Jari tangan manusia masing-masing berjumlah lima di kanan dan kiri. Empat jari panjangnya hampir sama dan satu jari yang lebih pendek dan besar yaitu jempol. Sebagai makhluk sosial, manusia diciptakan untuk saling tolong menolong. Seperti itu juga jari tangan manusia. Ketika akan memegang atau menggenggam sebuah benda, empat jari lainnya bergotong-royong merengkuhnya, dan jempol yang berukuran lebih besar bertugas untuk mengikat keempat jari yang ada agar sempurna dalam mengerjakan tugasnya.

Lalu apa lagi yang bisa dilakukan jari kita? Berikut beberapa informasi unik terkait jari tangan manusia.

Jari Tangan Bisa Mendeteksi Penyakit

Di kutip dari Daily Mail: Profesor John Manning (Ahli biologi University of Swansea), mengatakan bahwa perbedaan panjang jari manis dan telunjuk berhubungan dengan kadar hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi risiko penyakit.

Mereka yang memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk rentan terhadap penyakit flu, kanker prostat (bagi pria), gangguan jantung, anorexia, dan autisme. Namun selain rentan terhadap penyakit, mereka juga memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.

Ilustrasi jemari tangan pria
Ilustrasi jemari tangan pria. [image Source]

Mendeteksi Orientasi Sex Seseorang

Semakin panjang jari manis, mengindikasikan makin tinggi paparan testosteron pada minggu-minggu awal kehadirannya dalam kandungan. Ia cenderung hipermaskulin. Tetapi jangan pernah menuduh seseorang telah salah orientasi seksual, karena orientasi seksual seseorang bisa dipengaruhi oleh banyak faktor.

Jari dan Orientasi Sex
Jari dan Orientasi Sex, [Image Source]

Menggantikan Fungsi Kacamata

Sesuatu yang unik bisa dilakukan oleh jari tangan anda. Ternyata jari-jari manusia bisa difungsikan sebagai pengganti kacamata. Bagaimana caranya? Mari simak  penjelasan berikut.

Buat celah antara jari telunjuk dan jempol. Lubang yang tercipta bisa digunakan untuk melihat obyek lebih jelas walau tidak memakai kacamata (berlaku untuk penglihatan jauh atau dekat).

Menggantikan Fungsi Kacamata
Menggantikan Fungsi Kacamata. [image Source]
Mengapa bisa begitu? Karena jari akan memblokkan cahaya yang datang, sehingga cahaya yang masuk hanya dari lubang kecil di tangan anda tadi. Prinsip ini mirip dengan Pinhole Camera ataupun Pinhole Glasses. Cahaya yang masuk dibatasi, dengan begitu cahaya akan menekan retina lebih langsung dan menghasilkan cahaya lebih jelas.

Bagaimana? Sangat unik dan bermanfaat, bukan, jari-jari tangan kita? Ternyata, jari bukan hanya berfungsi untuk memegang dan menggenggam benda, tapi lebih dari itu. Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu tanpa maksud.