5 Hal Membanggakan Ini Dilakukan oleh Polisi Indonesia

Tergabung dalam Pasukan Force Police Unit PBB

Menjadi polisi bukanlah pekerjaan gampang. Sebagai pengayom masyarakat, mereka dituntut untuk selalu membantu dan melindungi masyarakat. Tidak hanya itu saja, sikap dan tingkah laku mereka akan selalu diperhatikan. Jadi sudah seharusnya mereka memberikan contoh dengan selalu bersikap baik.

Sayangnya sebagian masyarakat justru merasa kesal dan tidak percaya lagi dengan aparat gara-gara kelakukan beberapa oknum polisi yang tidak bertanggung jawab. Padahal sebenarnya banyak juga lho hal-hal membanggakan yang dilakukan oleh polisi.

1. Membongkar Praktik Pelacuran yang Meresahkan

Beberapa waktu terakhir ini wilayah Kalijodo banyak mendapatkan sorotan tajam. Pasalnya, area hiburan yang sudah berdiri selama bertahun-tahun tersebut akhirnya akan dirobohkan dan diubah menjadi area terbuka hijau. Warga Kalijodo direlokasi ke rusun dan kafe-kafe yang ada di wilayah tersebut dihancurkan.

Membongkar Praktik Pelacuran yang Meresahkan
Membongkar Praktik Pelacuran yang Meresahkan [via]
Polisi bertindak tegas dengan melakukan razia dan menggeledah kafe dan tempat hiburan lain yang ada di sana. Dari beberapa bukti dan keterangan para saksi, Polisi berhasil mengungkap praktik prostitusi di wilayah tersebut. Kasus tersebut kemudian menyeret nama Daeng Azis yang merupakan pemilik kafe terbesar di Kalijodo.

2. Penggerebekan Jaringan Narkoba Terbesar Indonesia

Beberapa waktu lalu juga ramai diberitakan tentang penggerebekan jaringan narkoba oleh aparat kepolisian. Menuntaskan masalah peredaran narkoba juga bukan perkara mudah. Bahkan pada saat penggerebekan pada 18 Januari lalu, dua orang polisi dibacok dan 1 orang polisi jatuh ke sungai setelah dikeroyok warga dengan membawa parang.

Penggerebekan Jaringan Narkoba Terbesar Indonesia
Penggerebekan Jaringan Narkoba Terbesar Indonesia [via]
Polisi sudah berhasil menangkap para pelaku yang menyerang polisi serta yang kedapatan membawa sabu-sabu telah berhasil ditangkap. Beberapa razia lain juga dilakukan di berbagai tempat lainnya untuk memerangi peredaran obat-obat terlarang yang mengkhawatirkan.

3. Meringkus Para Teroris yang Mengganggu Keamanan

Kita sudah melihat sendiri bagaimana aksi polisi menghentikan aksi terorisme di kawasan Thamrin, Jakarta beberapa waktu lalu. Dengan kesigapannya, aksi para pelaku akhirnya berhasil dihentikan. Belum lagi dengan kasus-kasus teror bom yang akhirnya berhasil diungkap tuntas oleh para polisi dengan menangkap para pelakunya. Tapi tidak berhenti sampai di situ saja, para polisi masih terus menyelidiki dan memburu teroris lainnya.

Meringkus Para Teroris yang Mengganggu Keamanan
Meringkus Para Teroris yang Mengganggu Keamanan [via]
Polisi berhasil melakukan beberapa penggerebekan dan penangkapan terhadap beberapa orang yang diduga sebagai teroris. 5 terduga teroris di Malang berhasil ditangkap pada 19 Februari lalu. Kemudian pada 21 Februari, polisi kembali melakukan penangkapan di Cisauk, Tangerang. Sejak Desember 2015, polisi telah menggerebek sejumlah tempat dan menangkap orang-orang yang dicurigai sebagai teroris.

4. Menangkap Para Pelaku Pembunuhan

Beberapa kali Indonesia digegerkan dengan kejadian pembunuhan sadis. Mulai dari beberapa kasus pembunuhan dengan anak-anak sebagai korbannya, hingga kasus yang masih menjadi sorotan saat ini adalah kematian Mirna yang menenggak kopi berisi racun sianida.

Menangkap Para Pelaku Pembunuhan
Menangkap Para Pelaku Pembunuhan [via]
Kasus-kasus pembunuhan rumit tersebut pada akhirnya berhasil ditangani oleh polisi. Hasil penyelidikan yang teliti akhirnya membuahkan hasil sehingga para tersangka berhasil ditangkap dan diadili. Tentu hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi polisi yang berhasil mengusut kasus kejahatan seperti ini.

5. Tergabung dalam Pasukan Force Police Unit PBB

Formed Police Unites atau FPU adalah unit polisi reaksi cepat yang dibentuk dari satu kontingen. FPU dibentuk oleh PBB dan bertugas untuk mendukung perkembangan kemampuan polisi lokal dan kemampuan polisi sebagai individu. Polisi Indonesia juga tergabung dengan FPU dan diberi nama Garuda Bhayangkara Indonesia.

Tergabung dalam Pasukan Force Police Unit PBB
Tergabung dalam Pasukan Force Police Unit PBB [via]
FPU Garuda Bhayangkara terlatih dalam penanggulangan huru-hara, search and rescue, penjinakkan bom, investigasi, intelijen, kontra teroris, perlindungan, penembak jitu, komunikasi elektronik, dan masih banyak lagi. Sehari setelah upacara bersama Kapolri, FPU Garuda Bhayangkara diberangkatkan ke Darfur-Sudan dan bertugas selama satu tahun dalam operasi hybrida PBB dan Uni Afrika.

Sebenarnya kepolisian Indonesia memiliki banyak prestasi yang patut dibanggakan. Mereka bertugas dengan sungguh-sungguh untuk menjaga keamanan masyarakat dan menangkap para pelaku kejahatan. Memang selama ini masyarakat sering merasa resah dengan oknum polisi yang korup dan tidak bertanggung jawab. Tapi bukan berarti setiap orang dalam instansi memiliki perilaku yang sama. Jadi, ada baiknya kita tetap mendukung kepolisian Indonesia.