5 Hal Sepele ini Membuat Paru-paru dan Jantung jadi Sehat

Paru-paru dan jantung merupakan organ yang paling vital dalam tubuh kita. Perannya begitu dibutuhkan tubuh, paru-paru menyuplai oksigen yang dibutuhkan, sementara jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Meski peran keduanya sangat penting, namun organ tersebut sama-sama bekerja tanpa kita sadari. Sehingga banyak orang lalai untuk menjaga kesehatan organ ini. Sebagai pengingat, berikut adalah beberapa tips sederhana dan terkesan sepele yang akan membantu Anda memiliki jantung dan paru-paru sehat.

1. Minum Teh Hijau

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengkonsumsi teh hijau. Minumlah dua kali sehari.

teh-hijau
Minum Teh Hijau [ Image Source ]

Kandungan antioksida akan membantu mencegah kerusakan pembuluh darah, sehingga jantung akan tetap sehat. Selain menyehatkan jantung, teh hijau juga dikenal sebagai rahasia awet muda wanita Jepang. Yang ingin sehat dan awet muda, baiknya rutinlah konsumsi teh hijau. Sederhana, bukan?

2. Mengkonsumsi kacang-kacangan

Mulai sekarang, cobalah ganti cemilan Anda dengan kacang-kacangan yang sehat, seperti almon misalnya. Jenis kacang-kacangan terbukti mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh.

kacang-almond
Mengkonsumsi kacang-kacangan [ Image Source ]

Namun kalori tersimpan dalam kacang tinggi, jadi jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Makankah secukupnya, karena yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh. Bukannya sehat, malah berakhir obesitas.

3. Berjalan Kaki

Berjalan kaki setiap hari sejauh 3 km dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menguatkan jantung. Selain itu juga berkhasiat untuk mengendalikan berat badan. Anda akan terhindar dari obesitas jika tidak malas melakukannya.

Cegah-penyakit-dengan-Aktif-Berjalan-Kaki
Berjalan Kaki [ Image Source  ]

4. Hindari Minum Es

Paru-paru sangat sensitif terhadap sesuatu yang dingin. Jadi ada baiknya Anda tidak membiasakan diri mengkonsumi es. Karena itu akan berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru.

esbatu
Hindari Minum Es [ Image Source ]

Minum es memang nikmat, apalagi dinikmati saat udara sedang panas. Namun, cobalah mulai mengurangi. Anda bisa membiasakan diri dengan tidak memasukkan minuman ke dalam kulkas.

5. Bernapas Dari Hidung

Ada baiknya Anda jangan sampai bernapas melalui mulut. Karena menarik udara dari hidung sejatinya mampu menyaring dan menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru. Sehingga udara yang masuk akan lebih bersih.

53630422847-hidung
Bernapas Dari Hidung [ Image Source ]

Nah, bagaimana jika sedang terkena flu? Saluran pernapasan tersumbat hingga mengharuskan Anda bernapas dari mulut? Anda bisa saja menggunakan masker untuk menghindari masuknya udara kotor ke paru-paru.

5 cara di atas adalah hal yang sederhana. Tak berat dilakukan setiap hari. Meski begitu memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi kesehatan dua organ paling vital dalam tubuh Anda. Jadi, masihkah malas melakukan hal di atas?