Yuyun adalah Bukti Bahwa Hidup di Indonesia Memang tidak Aman

Kasus yang menimpa Yuyun, remaja 14 tahun memang membuat masyarakat gelisah. Hal tersebut tentu bukan tak beralasan. Pasalnya, gadis belia tersebut menjadi korban kekerasan seksual hingga tewas. Tragisnya lagi, pelaku melakukan pemerkosaan tersebut tidaklah seorang diri, melainkan 14 orang melakukannya dengan cara bergilir.

Meski para pelaku sudah berhasil dibekuk dan diancam hukuman penjara selama 15 tahun, tak serta merta membuat masyarakat bisa bernapas lega. Kasus yang terjadi pada Yuyun tentu bukan yang pertama terjadi. Sebelumnya, masih banyak gadis-gadis lain yang menjadi korban kekerasan seksual.

9[ Image Source ]

Demi memuaskan nafsu, para pelaku tega merenggut harga diri dan melukai korbannya. Hukum yang berlaku di Indonesia rupanya tak cukup seram untuk membuat takut para pelaku. Yuyun hanya secuil kisah tragis yang terjadi di Indonesia.

Entah apa yang sebenarnya terjadi pada negeri ini, namun tingkat kriminalitas di Indonesia terus saja meningkat. Kegelisahan ini menjadi obrolan viral di berbagai sosial media. Bahkan banyak sekali artikel yang memuat kisah tragis bocah SMP ini.

9[ Image Source ]

“Para tersangka ini membunuh korban dengan cara menjatuhkan korban ke jurang dalam kondisi kedua tangan terikat setelah memperkosanya,” demikian yang dikatakan Kapolres Rejang Lebong Dirmanto.  Tindakan menjatuhkan Yuyun ke jurang usai ‘dipakai’ bersama, apa mereka masih bisa disebut manusia?

14 pelaku tersebut tentu masih dalam pengaruh alkohol. Dan tentu saja barang haram tersebut adalah sumber dari segala kemaksiatan. Namun nyatanya, di Indonesia banyak sekali pabrik yang memproduksi minuman terkutuk tersebut, bahkan minuman keras juga dijual bebas. Terlebih, minuman tersebut tergolong terjangkau dan bisa dibeli segala kalangan, termasuk anak-anak di bawah umur. Pantas saja massyarakat merasa gelisah, dan kasus kematian Yuyun mengingatkan kembali pada kita semua bahwa hidup di Indonesia memang tidak aman.

Tindakan paling tepat untuk menyiasi situasi ini tentu saja dengan meningkatkan kewaspadaan. Ada baiknya jika anak-anak di antar jemput ke sekolah, terlebih jika ia harus melalui jalan yang sepi setiap hari. Jangan sampai ada Yuyun yang lain lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *