Ingin Waktumu Dihabiskan Dalam Kebermanfaatan? Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Bersedekah Setiap Hari, Siapa Takut

Seringnya kita mengeluhkan waktu berlalu begitu cepat. Padahal masih banyak hal yang belum kita selesaikan sehingga menumpuk dan terus menumpuk. Hingga akhirnya kita tak sadar bahwa kita telah memiliki banyak PR yang harus segera kita selesaikan.

Bagi yang bekerja, alasan kesibukan dalam pekerjaan seringkali membuat kita mengeluh karena merasa waktu kita hanya habis untuk bekerja. Sedangkan, saat sampai rumah kita sudah lelah dan tak ada waktu untuk keluarga. Namun tahukah kalian? Bahwa sesungguhnya waktu tidur kita yang terlalu banyak dan aktivitas yang sebenarnya tak terlalu bermanfaat lah yang membuat kita merasa hari-hari kita berlalu dengan cepat tanpa adanya kebermanfaatan.

Nah, jika kamu ingin hari-harimu terasa lebih bermanfaat dan Allah memudahkan semua pekerjaan atau tanggunganmu, jangan lupa untuk membiasakan 5 hal ini setiap hari. Karena sesungguhnya ibadah kepada Allah itu bukanlah untuk mengisi waktu luang. Karena ibadah adalah kebutuhan, maka luangkanlah waktumu!

1. Jangan Tinggalkan Shalat Wajib 5 Waktu

Perintah shalat wajib hanya 5 waktu dalam sehari. Itupun pelaksanaannya tak sampai satu jam kan biasanya? Lalu apa yang masih memberatkan untuk tidak menjalankannya? Sedangkan kalian saja betah dengan waktu berjam-jam memandangi komputer atau laptop, untuk menyelesaikan pekerjaan kalian yang sangat banyak itu. Ingatlah, bahwa rezeki itu Allah yang punya. Jadi dengan kalian bekerja keras sekalipun sampai meninggalkan sholat wajib, jika Allah kemudian murka dan tidak ridho menambah rezekimu, maka apakah kariermu akan naik? Tidak!

Jangan Tinggalkan Shalat Wajib 5 Waktu
Jangan Tinggalkan Shalat Wajib 5 Waktu. [image source]

Bersyukurlah kepada Allah atas kehidupan yang Dia berikan kepadamu dengan taat kepadaNya untuk menjalankan segala perintahNya, termasuk sholat wajib 5 waktu. Dengan sholat wajib pula, badanmu akan terasa lebih segar dan hatimu akan terasa lebih lapang. Apapun masalah yang kamu hadapi, kamu tak takut, karena kamu merasa bahwa Allah Maha Dekat.

2. Biasakan Amalan Sunah

Biasakan Amalan Sunah
Biasakan Amalan Sunah. [image source]

Banyak amalan sunah yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk syukurmu kepada Allah dan mengisi hari-harimu dalam kehidupan ini dengan kebermanfaatan agar Dia selalu memberikan berkahNya yang melimpah. Misalkan sholat sunah fajar, sholat tahajud di sepertiga malam, sholat witir, sholat sunah rawatib, puasa sunah daud, puasa sunah senin dan kamis, puasa sunah ‘ayamul bidh, dan masih banyak lagi. Selain bisa menambah pahala, kamu juga akan semakin dekat dengan Allah, dan terasa ada kelapangan dalam hati dan hidupmu.

3. Bersedekah Setiap Hari, Siapa Takut?

Sedekah sebenarnya tak hanya tentang masalah harta. Bahkan dengan tersenyum manis, saling tolong menolong, mengucap salam, dan mendoakan pun bisa disebuts ebuah sedekah bagi orang lain. Namun memang, sedekah harta selalu menjadi pilihan utama untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, karena bagi mereka yang gemar bersedekah, mereka tahu bahwa semua adalah milik Allah, termasuk harta.

Bersedekah Setiap Hari, Siapa Takut
Bersedekah Setiap Hari, Siapa Takut. [image source]

Sehingga cara paling benar untuk menginfestasikannya bukan dengan menumpuknya sendiri, namun dengan mensedekahkannya demi kebaikan di jalan Allah. karena kelak saat mati manusia tak ada yang membawa harta, namun mereka membawa amal ibadah yang akan ditukar dengan syurga di akhirat kelak.

Nah, agar hartamu dan hari-harimu lebih berkah dan bermanfaat, yuk mulai membiasakan bersedekah. Jika memang sedang tidak ada uang atau harta, bisa kok bersedekah dengan senyuman, salam, doa, atau kegiatan baik yang lainnya.

4. Membaca Al-Qur’an Dan Memahami Maknanya

Al-Qur’an adalah pedoman hidup umat Muslim. Di dalamnya terkandung banyak hal yang akan mengatur manusia dalam segala aspek kehidupan. Allah telah menuntun manusia lewat Al-Qur’an, agar manusia tak tersesat arah. Namun seringnya Al-Qur’an hanya dibaca sekilas tanpa dibaca artinya bahkan didalami maknanya. Jika sudah demikian, bagaimana seseorang bisa berakhlak sesuai dengan tuntunan Allah dalam kehidupannya.

Membaca Al-Qur’an Dan Memahami Maknanya
Membaca Al-Qur’an Dan Memahami Maknanya. [image source]

Dewasa ini bahkan banyak umat Islam sudah mulai meninggalkan Kitab Sucinya. Membiarkannya berdebu karena jarang disentuh, apalagi dibaca. Astaghfirullaah. Dengan membaca Al-Qur’an, dan memiliki waktu sedikitnya satu jam dalam sehari untuk membaca arti, memahami makna, dan berusaha menerapkannya dalam kehidupan, maka hati akan terasa lapang dan hidup pun menjadi lebih bermanfaat. Coba saja!

5. Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an

Agar makna dari Al-Qur’an bisa benar-benar merasuk dalam jiwa dan kehidupan, kemudian bisa kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu cara ampuhnya adalah dengan menghafalnya. Al-Qur’an Allah turunkan dalam seindah-indah bahasa, yang mudah diingat dan dihafalkan, mudah dipelajari dan dimaknai, sehingga sampai kiamat pun Al-Qur’an akan terus terjaga keasliannya.

Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an
Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an. [image source]

Dengan menghafal ayat demi ayat dari Al-Qur’an juga akan membuat kita terhindar dari waktu-waktu yang tidak bermanfaat dan dari aktivitas maksiat dan dosa. Sehingga kita bisa menjaga diri kita, menjaga waktu kita, agar tetap bermanfaat sampai ajal menjemput kelak. In shaa Allah.