Enak dan Legendaris, Jajanan Jadul Ini Masih Populer Di Zaman Modern

Makin menjamurnya toko kue modern memang membuat masyarakat mulai melupakan jajanan tradisional. Rasa yang enak dan motif yang bervariasi memang mengundang perhatian segala kalangan. Bahkan banyak anak yang sama sekali tidak mengenal jajanan warisan nusantara.

Padahal rasa kue tradisional sebenarnya juga tak kalah dari kue modern. Namun, hanya beberapa jajanan saja yang mampu bertahan dan tetap populer. Dan inilah beberapa jajanan yang masih bertahan hingga kini.

Onde-onde

Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau kupas. Rasa gurih wijen yang bertaburan di bagian luar juga sangat khas. Sampai saat ini, jajanan ini masih banyak disuka.

resep-onde-onde-tokomesinOnde-onde [ Image Source ]

Nyatanya kepopulerannya tak tergerus zaman. Masih mudah kita jumpai kue ini di pasar-pasar. Sering juga dijadikan pengisi kardus di acara hajatan.

Lumpia

Makanan yang berisi wortel atau rebung ini masih jadi candu bagi para penggemarnya.  Tak kalah dari onde-onde, lumpia juga banyak dijual di pasar. Namun di era modern ini, isi lumpia makin bervariatif, ayam dan daging misalnya.

608664375_1393042382

Lumpia [ Image Source ]

Dari segi harga, lumpia pun tergolong terjangkau. Mungkin inilah salah satu alasan lumpia masih banyak digemari. Masih cocok dengan uang saku anak sekolah.

Kue Lumpur

Kue ini terbuat dari kentang. Teksturnya lembut dan rasanya manis dan gurih. Rasa kue ini sangat khas dan tak akan bisa tergantikan oleh kue modern.

Kue-Lumpur

Lumpur [ Image Source ]

Entah apa sejarah yang membuat kue kentang ini dijuluki ‘lumpur’. Tapi bentuk dan rasa jajanan satu ini jauh dari image tanah basah kok. Kue ini masih sering terlihat di meja-meja masyarakat yang sedang punya hajad.

Kue Cucur

Meski resepnya sederhana, kue berbahan dasar tepung beras ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi saat membuatnya. Butuh ketelatenan untuk menggoreng satu persatu. Meski demikian, kue ini masih banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Kue cucurr

Cucur [ Image Source ]

Kamu yang ingin menikmati kue ini pun tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Kue ini dijual berkisar 1000 rupiah saja. Murah meriah, juga mengenyangkan.

Getuk Lindri

Sederhana, tapi enak rasanya. Mungkin deskripsi itu cocok untuk kue bernama ‘Getuk Lindri’. Terbuat dari singkong rebus yang digiling dengan gula.  Agar lebih menarik, getuk bisa ditambahkan pewarna hijau atau merah.

Resep-Getuk-Lindri-Enak-dan-Unik

Getuk Lindri [ Image Source ]

Kue ini bisa dengan mudah dibuat di rumah. Kamu hanya membutuhkan penggiling daging untuk menghasilkan bentuk getuk lindri yang menyerupai mie. Cara penyajiannya bisa ditambahkan kelapa parut agar lebih gurih.

Kue-kue tradisional memang terlalu enak untuk dilupakan. Memilih jajanan trandisional juga salah satu cara mencintai warisan kuliner Indonesia. Dengan begini, budaya kita akan tetap lestari.