Inilah 7 Alasan Mengapa Jawa Timur Adalah Tempat Ideal Untuk Tinggal dan Bekerja

masih banyak kota yang sepi

Tidak bisa dimungkiri lagi jika Jakarta memiliki pesona yang sangat besar bagi orang-orang yang ingin bekerja. Mereka selalu memiliki anggapan jika Jakarta selalu memberikan pekerjaan yang baik, lalu hidup yang enak pula. Namun, impian itu kadang sirna begitu kekejaman Jakarta sudah terasa begitu pekat sejak pertama menghirup udaranya.

Well, Jakarta memang memberikan banyak mimpi. Tapi wilayah lain di Indonesia, khususnya Jawa Timur justru yang melunaskan mimpi-mimpi itu hingga jadi nyata. Dan inilah alasan mengapa Jawa Timur justru menjadi tempat terbaik dan ideal untuk tinggal dan mulai bekerja dengan tenang.

1. Banyak Wilayah yang Masih Sepi

Jawa Timur terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota tang tersebar dari ujung barat hingga ke timur. Wilayah di Jawa Timur relatif lebih sepi ketimbang di Jakarta yang penuh sesak. Barangkali kota paling ramai di provinsi ini adalah Surabaya dan Malang. Namun wilayah itu masih terbilang sepi dan bisa digunakan untuk sasaran membangun rumah dan tinggal.

masih banyak kota yang sepi
masih banyak kota yang sepi [via]
Jika anda ingin wilayah yang lebih dingin atau sepi, bisa mencari tempat tinggal di wilayah Kota Batu atau wilayah pegunungan di sekitar Probolinggo dan Bondowoso. Wilayah-wilayah itu masih terbilang sepi dan tenang hingga sangat layak untuk dijadikan tempat tinggal.

2. Banyak Memiliki Wilayah Industri

Jawa Timur memiliki banyak sekali kawasan Industri yang tersebar mulai dari Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, Gresik, dan Sidoarjo. Selain lima wilayah utama itu, Jawa Timur juga sedang mempersiapkan kawasan industri baru di Lamongan dan Tuban. Pelebaran sayap kawasan industri ini tentu membuka banyak sekali lapangan pekerjaan.

banyak terdapat kawasan industri
banyak terdapat kawasan industri [via]
Inilah alasan kenapa anda harus tinggal di Jawa Timur. Wilayah industri yang cukup banyak ini tentu akan memudahkan mencari pekerjaan. Terpenting lagi, UMR dari kawasan Industri tak berbeda jauh dengan kawasan industri yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

3. Harga Tanah Terbilang Murah

Tanah di beberapa lokasi di Jawa Timur terbilang lebih murah dari wilayah lain. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai jalan investasi. Mungkin saat ini anda belum memiliki keinginan untuk membangun rumah karena tidak mau meninggalkan kampung halaman. Tidak masalah, setidaknya beli dahulu tanah di Jawa Timur.

kavling tanah
kavling tanah [via]
Kelak saat tanah ini harganya mulai naik, anda bisa menjualnya. Atau membangun rumah di situ untuk menghabiskan hari tua dengan tenang. So, tidak ada ruginya kan tinggal di Jawa Timur?

4. Kulinernya Sangat Jagoan

Jawa Timur memiliki keberagaman kuliner yang sangat aduhai enaknya. Mulai dari Malang anda bisa menemukan bakso yang khas, lalu bergerak ke arah Surabaya anda akan menemui Rawon, rujak cingur, dan lontong balap yang sangat menggoyang lidah. Makanan di Jawa Timur kebanyakan bercita rasa asin, gurih, dan pedas hingga selalu cocok bagi lidah semua orang.

Rawon
Rawon [via]
Oh ya, kuliner masih berlanjut lagi, bergerak ke arah barat di wilayah Blitar hingga Madiun anda akan menemui kuliner pecel. Ingin yang lebih autentik lagi? Wilayah madura akan menyajikan nasi buk dan sate yang sangat juara. Masih ragu lagi untuk tinggal di Jawa Timur?

5. Banyak Memiliki Tempat Wisata

Barangkali orang Jawa Timur boleh berbangga hati dengan tempat wisatanya yang sangat banyak. Bahkan turis-turis di Eropa lebih banyak berkunjung dahulu ke Jawa Timur baru melanjutkan pelesir ke Bali. Provinsi ini dikenal karena memiliki Gunung Bromo yang sangat unik. Selanjutnya ada Kawah Ijen yang memiliki “blue fire” paling indah di dunia.

Gunung Bromo
Gunung Bromo [via]
Jika wisata alam masih kurang puas. Anda bisa menjajal ragam wisata yang ada di Kota Batu. Di kota yang sangat dingin ini, wisata 1-2 hari saja tidaklah cukup. Objek wisata seperti Jatim Park, Muesum Satwa, dan Batu Night Spectaculer akan membuat anda anda sangat betah. Bahkan memiliki keinginan untuk tinggal di kota yang terkenal akan Apelnya ini.

6. Biaya Hidup yang Cukup Murah

Sebagian besar kabupaten dan kota di Jawa Timur memiliki tingkat biaya hidup yang cukup murah. Mungkin di Jakarta uang Rp10.000,00 tidak akan mendapatkan apa-apa. Di Jawa Timur, bisa untuk makan dua kali dan mengenyangkan. Harga-harga kebutuhan pokok di Jawa Timur terbilang lebih murah karena banyak daerah menjadi sentra produksinya.

harga kebutuhan pokok lebih murah
harga kebutuhan pokok lebih murah

Harga-harga kebutuhan lain seperti baju, sepatu, hingga pendidikan sekali pun lebih murah. Tak mengherankan jika banyak orang betah tinggal lama-lama di Jawa Timur. Bahkan ada yang sejak kuliah mulai menetap dan enggan pulang ke kampung halamannya.

7. Memiliki Banyak Situs Budaya

Presiden Soekarno pernah bilang: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak akan pernah melupakan sejarahnya.” Jawa Timur menyimpan banyak sekali sejarah Indonesia, bahkan sejak kerajaan-kerajaan nusantara zaman dahulu. Di Surabaya pernah terjadi peristiwa perobekan bendera Belanda hingga akhirnya diperingati sebagai Hari Pahlawan.

candi penataran
candi penataran [via]
Selanjutnya ada makam Proklamator di Jawa Timur dan makam Para Walisongo yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Timur. Untuk penyuka sejarah kerajaan nusantara, aneka candi-candi tersebar di Blitar, Malang, dan Mojokerto bisa dikunjungi dan dijelahi masa lalunya. Masih kurang?

Inilah tujuh alasan mengapa Jawa Timur layak dijadikan tempat paling ideal untuk tinggal dan juga bekerja. So, jangan ragu lagi untuk memulai sejarah anda sendiri di wilayah paling nyaman di Indonesia ini.