Awas! 5 Jebakan Ini Sering Kalian Temui Saat Makan

Makanan sebelum kita makan udah seharusnya diperiksa dulu. Mulai dari kebersihannya, komposisinya, rasanya, sampai bahan-bahan dan siapa saja yang hendak makan makanan tersebut.

Pernah kan, entah karena kurang jeli memeriksa kebersihannya, atau karena tidak tahu dan tidak sengaja, hal-hal berikut ini jadi jebakan buat kita saat makan? Makan yang semula nikmat dan lezat, bisa jadi berubah heboh gara-gara ada deretan hal berikut ini ikut terkunyah.

1. Kerikil

Saat mencuci beras, ada baiknya kita lebih teliti lagi dengan ‘benda-benda asing’ yang bukan beras ikut nimbrung di situ. Salah satunya batu kecil nan keras, alias kerikil.

beras bercampur kerikil
beras bercampur kerikil

Meski cuma sebesar tanda titik, kerikil sudah seharusnya dienyahkan saja dari koloni beras itu. Karena benda yang semestinya ada di tanah ini, bisa bikin sakit gigi juga mengubah ekspresi dan mood kalian saat makan, Sob.

2. Garam

Ada kalanya saat memasak ternyata masakannya kurang asin. Langsung kita tambahkan saja ke masakan yang udah setengah jadi itu. Nah, ini bisa jadi jebakan buat yang makan makanan kita, Sob.

garam
garam

Jika kita kurang merata saat mengaduk masakan, terkadang garam yang kita tambahkan itu nggak serta merta hancur dan menyatu dengan masakan kita. Ada beberapa diantaranya yang masih utuh dan tak terlihat. Saat kita melahapnya, nah berubah deh tuh muka sambil merem-merem gimana gitu!

3. Cabe

Bahan makanan satu ini punya sejuta efek bagi yang memakannya. Bagi yang suka sekali pedas, maka panasnya cabe justru nikmat. Ada juga yang bahkan menyentuh pun ogah.

cabai
cabai [via]
Nah, ada kalanya saat beli makanan cepat saji ada taburan cabe utuh disitu. Tujuannya sih, biar bisa dimakan sama mereka yang memang suka pedas. Tapi cabe bisa jadi hal menghebohkan ketika orang yang tak suka pedas tak sengaja memakannya. Waduh… waduh bisa nangis-nangis dan teriak-teriak tuh.

4. Rempah-rempah

Masakan Indonesia terkenal akan cita rasa rempah-rempahnya yang khas. Rempah-rempah itu sendiri bisa berupa kunyit, jahe, lengkuas, kencur, dan masih banyak lagi. Ada beberapa masakan yang mengharuskan rempah-rempah itu dibiarkan utuh, atau hanya digeprek saja.

rempah rempah
rempah rempah [via]
Ketika masakan sudah matang dan rempah-rempah itu bercampur dengan bahan lainnya, maka akan susah dibedakan. Terutama makanan yang berbahan utama daging. Bisa jadi saat hendak menyantap ‘daging’ itu, tiba-tiba saja kita ketipu. Karena ternyata bukan daging, tapi jahe atau lengkuas. Nahlo, gimana rasanya makan Jahe?

5. Merica

Sama seperti kerikil, ‘benda’ ini juga ‘kecil-kecil bikin perkara’. Tak semua dari kita yang suka dengan merica bubuk. Mereka lebih suka jika merica dihaluskan sendiri bersama dengan bumbu lainnya.

merica
merica

Kulit merica yang keras, terkadang tak semuanya bisa hancur saat ditumbuk. Nah ini bisa jadi jebakan buat kita. Meski efeknya tak se-ekstrem ‘benda-benda’ di atas, tapi efek kejut merica juga bisa bikin tenggorokan panas dan batuk-batuk loh.

Kalau merica, jahe, lengkuas, atau cabe mungkin masih wajarlah nimbrung di makanan, meski saat tak sengaja ikut termakan pasti bikin nggak enak makan. Tapi kalau kerikil, memang perlu benar-benar jeli untuk bisa menyingkirkannya. Karna memang nggak semestinya ada di makanan. Ada lagi tuh ‘benda asing’ yang bikin nafsu makan kalian langsung pergi. Seperti ulat, kecoa, atau hal menjijikkan lainnya. So, lebih jeli saat membersihkan bahan makanan dan saat akan makan ya Guys!