5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Tidak Lolos SBMPTN

Mulai hari ini, secara serempak ujian SBMPTN dilaksanakan. Tentunya calon mahasiswa berbondong-bondong mengikuti ujian seleksi untuk bisa masuk universitas impian. Namun, tidak semua calon bisa diterima karena keterbatasan kuota yang ada.

Jika kamu merupakan salah satu yang mengikuti ujian SBMPTN, jangan hanya menyusun agenda setelah diterima kuliah. Ada baiknya kamu juga menyiapkan rencana jika kamu tidak lulus SBMPTN. Dan sepertinya, lima hal ini bisa kamu jadikan alternatif kalau tidak lolos seleksi ujian universitas negeri.

Daftar Ke Universitas Swasta

Tidak diterima di universitas negeri bukan berarti kamu tidak bisa kuliah, bukankah masih banyak kampus swasta yang bersedia menampungmu? Tentu di kota tempat tinggalmu banyak sekali kampus swasta yang bisa dijadikan pilihan.

0[ Image Source ]

Jika tidak puas dengan kampus-kampus swasta di kotamu, kamu masih bisa merantau ke kota tetangga. Banyak sekali kota yang memiliki kualitas unggul di kampus swastanya. Malang adalah salah satu pemilik kampus swasta terbaik di Indonesia, mungkin bisa kamu jadikan pilihan.

Bekerja

Pilihan tak kalah bagus adalah bekerja. Jika kamu lulusan SMK, pasti kamu memiliki keterampilan yang pastinya siap digunakan untuk terjun ke dunia kerja. Namun, bukan hal mustahil bagi lulusan SMA untuk memilih bekerja.

0[ Image Source ]

Menyelam sambil minum air, kamu bisa menghasilkan uang sembari menunggu datangnya ujian SBMPTN tahun depan. Tapi, kebanyakan orang yang memilih bekerja sambil menunggu SBMPTN justru lebih mencintai pekerjaannya dan batal masuk kuliah.

Menikah

Ehem, membahas pernikahan saat baru lulus SMA mungkin terkesan terlalu dini, namun hal ini cukup baik untuk menghindari pergaulan bebas. Lagipula, setiap kampus tidak memberi larangan untuk kuliah bagi mahasiswa yang sudah memiliki suami atau istri.

0[ Image Source ]

Lagipula, usia lulus SMA juga sudah bisa dibilang dewasa. Setidaknya, mental sudah siap untuk berumah tangga. Menikah juga salah satu yang menyempurnakan iman. Kamu juga bisa jadi orang tua muda, yang memiliki usia tak terlalu jauh beda dari anak-anak kelak.

Mengikuti Bimbingan Belajar

Jika kamu memang sangat ingin kuliah di universitas negeri impianmu, dan sangat terobsesi untuk lolos seleksinya, kamu bisa memilih untuk mengikuti ujiannya lagi tahun depan. Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar di waktu setahun yang kamu miliki.

0[ Image Source ]

Senggang waktu yang kamu miliki selama setahun itu bisa kamu manfaatkan untuk belajar. Dengan bantuan guru bimbingan belajar, kamu akan lebih siap untuk mengukuti ujian yang akan datang.

Mengikuti Ujian Mandiri

Jika gagal dalam ujian SBMPTN, kamu tidak perlu berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk bisa masuk di universitas impianmu, yaitu dengan cara menempuh ujian mandiri. Banyak sekali PTN yang mengadakan ujian mandiri.

0[ Image Source ]

Universitas tersebut meliputi UI, UGM, Undip, UB dan lainnya. Namun, mengikuti ujian mandiri memiliki syarat-syarat yang tentu berbeda dari SBMPTN, salah satunya besarnya biaya sumbangan yang harus diberikan dan sebagainya.

Demikian adalah lima jalur alternatif yang bisa kamu ambil jika tidak SBMPTN.  Lulus SBMPTN bukanlah harga mati. Gagal masuk satu pintu, kamu masih bisa masuk pintu yang lain. Intinya, selama kamu bersungguh-sungguh, pastilah kesuksesan menjadi milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *