Wisata Hutan Mangrove Kampung Laut, Destinasi Ngehits di Cilacap

Coba kamu ketik Explore Cilacap di pencarian instagram. Akan banyak sekali muncul foto-foto traveler yang berpose di jembatan kayu yang berada di tengah-tengah hutan mangrove dengan caption Kampung Laut. Inilah tempat yang lagi hits banget di kalangan traveler dan instagramer Cilacap. Yuk kita cari tahu dimana sih tempat kece ini.

Kampung Laut adalah sebuah kecamatan di kabupaten Cilacap yang terdiri dari 4 desa atau kelurahan, masing-masing adalah Desa Ujungalang, Ujung Gagak, Panikel, dan Klaces. Daerah ini dikenal masih memiliki rimbunan hutan bakau yang besar di kawasan Segara Anakan. Segara Anakan sendiri adalah laguna terbesar di Indonesia yang terletak di utara pulau Nusakambangan.

Kampung laut [ Image Source ]
Kampung laut [ Image Source ]

Saat masuk melewati gerbang utamanya sudah terlihat jika kawasan ini memang tempatnya traveler bisa berkeliling pulau-pulau kecil termasuk singgah ke pulau Nusakambangan dan juga berkeliling di Laguna Segara Anakan yang punya obyek wisata hutan mangrove. Nah tempat yang terakhir disebutkan tadi yang tengah hits di kalangan traveler jadi kamu pun wajib menyinggahinya.

gerbang utamanya [ Image Source ]
Gerbang utamanya [ Image Source ]

Akses menuju hutan mangrove Kampung Laut cukup jauh, butuh waktu 1 jam untuk mencapainya. Bagi yang berminat ada dua cara untuk menuju kesana, pertama dengan menyewa kapal nelayan di pelabuhan Seleko. Harga sewa perahu ini sekitar Rp. 300-600 ribu tergantung hasil negosiasi traveler dengan nelayan setempat. Keuntungan menyewa perahu nelayan adalah traveler bisa leluasa menentukan waktu berangkat dan pulang dari lokasi.

Kampung Laut [ Image Source ]
Kampung Laut [ Image Source ]

Sedangkan cara kedua dengan menumpang kapal reguler yang memiliki jam operasional mulai pukul 8 pagi hingga jam 1 siang. Tentu tarifnya lebih murah yaitu per kepala Rp. 10 ribu untuk menyeberang ke Kampung Laut dari Cilacap dan pindah kapal lagi untuk menuju ke hutan mangrove dengan biaya yang sama. Waktu tempuhnya menjadi lama sekitar 1,5 jam dan traveler terikat oleh waktu kalau tidak mau ketinggalan kapal.

Menggunakan kapal [ Image Source ]
Menggunakan kapal [ Image Source ]

Berkeliling hutan mangrove melalui jembatan kayu adalah aktivitas seru yang ditawarkan di tempat ini. Di beberapa sudut juga disediakan gardu pandang yang memungkinkan traveler untuk melihat lebih luas hamparan hutan mangrove yang katanya terbesar se-Indonesia tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di tempat ini karena hasilnya akan bikin traveler makin keren di instagram. Yuk berkunjung ke Hutan Mangrove Kampung Laut.