Ternyata Seperti Ini Keadaan Bumi Yang Sesungguhnya!

Sebagian besar manusia tidak sadar jika bumi yang mereka tinggali sedang dalam keadaan sekarat. Dunia modern membuat manusia di bumi merasa nyaman dan lupa jika segala sesuatu yang dilakukan manusia terhadap alam selalu menghadirkan efek samping. Efek samping tersebut mungkin tidak akan dirasakan dalam waktu dekat namun pasti akan terjadi di masa mendatang.

Telah banyak ramalan mengenai kehancuran bumi ini meski tak satu pun yang bisa memastikan kapan waktu itu akan terjadi. Setidaknya dengan melihat gambar-gambar di bawah ini manusia bisa memperkirakan sendiri berapa lama lagi bumi akan bertahan menopang kehidupan manusia yang ada di dalamnya. Kami tidak akan menjelaskan panjang lebar mengapa hal ini bisa terjadi, sebab gambar di bawah ini telah menjelaskan lebih banyak dari sekedar kata-kata.

Es Mencair Akibat Perubahan Iklim

Di awal abad ke-21 ini dunia tengah diterpa isu global mengenai perubahan iklim dunia. Keadaan tersebut tentu disebabkan oleh adanya pemanasan global. Efek pemanasan global ini sungguh luar biasa.

1
Es Mencair Akibat Perubahan Iklim [ Image Soure ]

Sebagaian besar kawasan kutub mulai mencair. Gletser-gletser raksasa di daerah kutub mulai berubah menjadi sungai dan ukurannya terus mengecil. Padahal jika hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan permukaan air laut dunia meningkat dan banyak pulau yang akan tenggelam.

Laut Yang Mulai Tercemar

Foto dibawah ini diambil oleh seorang fotografer bernama Zak Noyle sedangkan model di dalam foto adalah seorang surfer asal Indonesia bernama Dede Surinaya. Kita semua sudah tahu persis pesan apa yang ingin disampaikan dari gambar tersebut.

31ECDG1671
Laut Yang Mulai Tercemar [ Image Source ]

Foto ini diambil di salah satu laut di Pulau Jawa. Nampak jelas bahwa kondisi laut mulai tercemar oleh sampah baik ranting pepohonan dan juga aneka plastik. Sungguh miris melihatnya bukan?

Beruang Kutub Mati Kelaparan

Beruang kutub menggantungkan hidupnya dari berburu di permukaan es. Tapi ketika perubahan iklim terjadi. lapisan-lapisan es di kutub mulai menghilang yang berarti hewan ini juga kehilangan habitat mereka. Foto di bawah ini diambil di kawasan Svalvard, Norwegia.

A-male-Polar-Bear-Ursus-m-013
Beruang Kutub Mati Kelaparan [ Image Source ]

Ketika habitat asli beruang kutub menghilang, mereka tidak bisa lagi menangkap mangsa. Akhirnye mereka pun mati kelaparan. Dan jumlah beruang kutub yang mati kelaparan dilaporkan terus meningkat dari tahun ke tahun.

TPA Ban Bekas di Nevada

Kemana ban-ban bekas kendaraan di Amerika dibuang setelah usang? Yakin negara maju ini akan mendaur ulang semua ban bekas? Coba tengok ke sebuah gurun yang ada di Nevada. Kamu akan tercengang dengan apa yang akan kamu saksikan.

ban-bekas-1
Ban Bekas [ Image Source ]

Gambar di atas diambil oleh Daniel Dancer di sebuah TPA ban bekas yang ada di Nevada. Kalau mau tahu jumlahnya kamu bisa menghitung satu per satu ban-ban yang ada di sana. Sedangkan ban-ban yang terbuat dari karet ini akan melepaskan racun berbahaya ketika diuraikan atau dibakar. Asap yang terbawa udara ke kawasan pemukiman bisa merusak kesehatan manusia.

Perburuan Gajah

Yang satu ini jamak terjadi di negara-negara yang mempunyai populasi gajah seperti Indonesia, Thailand, hingga Afrika. Perburuan gading gajah sudah terjadi sejak zaman dahulu dan terus terjadi hingga saat ini. Foto ini misalnya, bangkai tubuh gajah dibiarkan begitu saja dengan gading yang telah dicuri.

elephant_death_tn_13102012_01
Perburuan Gajah [ Image Source ]

Memang tidak mudah menyelesaikan masalah perburuan gajah di dunia hingga membuat populasi hewan berbelalai ini menurun drastis dan telah berada di ambang kepunahan. Semoga sesegera mungkin masalah perburuan gading gajah segera terselesaikan.

Penggundulan Hutan

Ini adalah foto dari kawasan hutan hujan yang telah dibabat habis di kawasan Kanada. Para pelaku tidak pernah belajar dari kasus serupa yang pernah terjadi di Brasil yang hingga kini menimbulkan efek bencana alam seperti banjir yang selalu menghantui warganya.

pembalakan-liar1
Penggundulan Hutan [ Image Source ]

Pemandangan seperti itu sebenarnya tidak perlu jauh-jauh kita cari hingga Kanada. Proses pembabatan hutan secara liar juga tengah terjadi di semua negara termasuk Indonesia. Berapa juta hektar hutan yang telah hilang dari tanah Kalimantan hingga Papua? Semua dilakukan hanya demi uang!

Berton-Ton Sampah Elektronik

Pemandangan dari berton-ton tumpukan sampah elektronik ini jamak dilihat di negara-negara berkembang. Yang dibuang tersebut adalah bagian yang tidak mempunyai nilai ekonomi atau secara ekonomi tidak begitu berharga.

guiyu_5
Berton-Ton Sampah Elektronik [ Image Source ]

Sedangkan logam mulia yang terkandung di perangkat lainnya akan dilucuti menggunakan zat-zat kimia berbahaya. Kebanyakan barang elektronik ini sudah memasuki masa kadaluarsa tanpa ada daur ulang dan hanya dibuang di TPA begitu saja.

Pemandangan Udara Kawasan New Delhi, India

Jika ada yang lebih buruk atau setidaknya sama buruknya dengan kawasan padat Mexico City maka kota New Delhi di India lah jawabannya. Foto diambil dalam mode pemandangan mata burung ini merupakan kawasan permukiman di New Delhi.

IMG_20151014_173655_HDR
Pemandangan Udara Kawasan New Delhi, India [ Imaage Source ]

Kalian bisa menebak berapa jumlah manusia yang tinggal di kawasan berjejal tersebut? Tidak kurang dari 22 juta penduduk tinggal di kawasan ini dan menjadikannya sebagai kawasan kumuh dimana kesenjangan sosial sangat tinggi terjadi di sana.

Perburuan Harimau Siberia

Selama satu abad terakhir terjadi perburuan liar besar-besaran terhadap beraneka satwa di dunia hingga tak menyisakan tempat bagi hewan-hewan ini untuk hidup secara aman. Selain gajah, Harimau Siberia juga menjadi salah satu target buruan para pemburu liar.

harimau-padang-evakuasi
Perburuan Harimau Siberia [ Image Source ]

Harimau Siberia diburu untuk dicuri kulitnya sebagai bahan baku pembuatan tas, pakaian dan lain sebagainya. Penelitan terbaru menyebutkan jika 97% spesies harimau ini telah hilang dari permukaan bumi.

Pembabatan Hutan Untuk Membuat Dam

Di salah satu kawasan Oregon, Amerika Serikat dibangun sebuah dam. Pembangunan ini mengorbankan banyak hal salah satunya adalah kerusakan lingkungan. Ribuan hektar hutan yang tumbuh selama beratus-ratus tahun ditebang begitu saja hingga menyisakan lahan gundul.

Over-population-guardian-1j
Pembabatan Hutan Untuk Membuat Dam [ Image Source ]

Akibat dari proyek ini adalah hilangnya habitat ratusan spesies hewan dan tumbuhan yang tadinya tinggal di dalam hutan tersebut. Hal ini menjadi bukti bagaimana serakahnya manusia dan egoisnya mereka.

Eksploitasi Sumber Daya Berlebihan

Alam mempunyai sumber daya yang berlimpah yang bisa digunakan untuk mensejahterakan manusia. Tapi manusia juga harus sadar jika alam pun juga butuh diperhatikan bukan diperas habis-habisan.

ilustrasi-pertambangan
Eksploitasi Sumber Daya Berlebihan [ Image Source ]

Gambar di atas memperlihatkan bagaimana manusia terus “merampok” sumber daya alam hingga tetes terakhir. Foto tersebut diambil dari ladang minyak yang ada di California, sebuah gambaran jelas usaha manusia mengeksploitasi alam berlebihan tanpa ampun.

Pembangunan Gila-Gilaan

Foto yang kita lihat di bawah ini bukanlah bukit berbatu, melainkan sekumpulan apartemen dan perumahan. Yap, ini adalah gambaran dari pembangunan gila-gilaan yang melebihi batas wajar dan merusak lingkungan. Dalam lingkungan sempit nan padat tersebut tinggal sekitar 20 juta penduduk.

5-alasan-harga-rumah-dan-apartemen-naik-gila-gilaan-tahun-depan
Pembangunan Gila-Gilaan [ Image Source ]

Gambaran seperti foto di atas bisa kita temukan di kawasan Mexico City. Sedangkan kabut putih yang terlihat itu adalah polusi udara. Bahkan hanya dengan melihat fotonya saja kita bisa membayangkan betapa sulitnya bernafas di dalam kota tersebut.

Polusi di Bangladesh

Kurang jelas tempat apa ini yang pasti foto tersebut diambil di salah satu daerah di negara Bangladesh. Yang nampak adalah tumpukan sambah dengan anyak cerobong mengeluarkan asap di sekitar lokasi.

negara-dengan-tingkat-polusi-tertinggi-07
Polusi di Bangladesh [ Image Source ]

Sedikit informasiyang didapat ini adalah pabrik pembakaran sampah di Bangladesh. Lihat saja bagaimana asap hitam mengepul keluar dari cerobong terbawa angin menuju ke kawasan padat penduduk. Penyakit semacam gangguan saluran pernafasan bisa saja terjadi.

Pencemaran Sungai Kuning di Mongolia

Hampir semua sumber kerusakan alam disebabkan oleh aktivitas manusia. Seperti di Mongolian ini, yang terlihat dalah pemandangan Sungai Kuning yang sedang terkontaminasi oleh polutan berbahaya.

31
Pencemaran Sungai Kuning di Mongolia [ Image Source ]

Polutan tersebut menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap. Terlihat dari seorang petani yang menutup hidung lantaran tidak tahan dengan bau yang berasal dari Sungai Kuning yang sudah terpolusi.

Kebakaran Hutan

Hutan hujan adalah penopang hidup banyak spesies di dalamnya sekaligus menjadi sumber utama oksigen yang dihirup manusia. Namun sepertinya manusia tidak sadar jika udara yang mereka hirup berasal dari hutan tersebut hingga seenaknya mereka membakar hutan untuk kepentingan pribadi.

151023065HUTANTERBAKAR
Kebakaran Hutan [ Image Source ]

Kebakaran hutan jamak terjadi di berbagai negara. Tidak perlu jauh-jauh setiap musim kemarau Indoensia selalu menghadapi permasalahan yang sama berupa kebakaran lahan dan hutan yang mana asapnya hingga sampai ke negeri tetangga.

Hingga kini belum banyak orang yang menyadari efek mengerikan dari gaya hidup yang mereka jalani. Semoga foto-foto ini bisa menjadi jembatan untuk menggugah kita semua untuk berbuat lebih baik pada bumi tempat tinggal kita. Sebab ketika pohon terakhir di tebang, ikan terakhir dimakan dan aliran sungai terakhir telah tercemari maka kita baru akan menyadari jika uang ternyata tidak bisa dimakan.