4 Kebiasaan Ini Malah Bisa Jadi Godaan untuk Selingkuh

Perselingkuhan memang bisa jadi pemicu retak dan hancurnya sebuah hubungan. Kalau salah satu pasangan sudah berselingkuh, rasa percaya dan komitmen yang sudah dibangun sejak lama bisa runtuh seketika. Perselingkuhan itu bisa terjadi karena berbagai sebab. Diselingkuhi atau menyelingkuhi, semua itu pasti ada akar masalahnya.

Ada sejumlah kebiasaan yang sebenarnya bisa membuat seseorang tergoda untuk selingkuh. Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin terlihat sepele dan tak berbahaya. Tapi pada kenyataannya bisa sangat menjebak dan membuatmu bisa terjerumus ke dalam jurang perselingkuhan. So, berhati-hatilah, empat kebiasaan ini umumnya bisa membuatmu tergoda untuk berselingkuh dan berpindah ke lain hati. Kalau kamu ingin tetap mempertahankan hubungan dan kesetiaanmu, sebelum terlambat sebaiknya berhentilah dan hindari empat kebiasaan ini dari sekarang.

1. Curhat dengan Lawan Jenis Hingga Timbul Rasa Nyaman

Sudah berumah tangga? Sebaiknya hati-hati lagi memilih teman curhat. Kurang disarankan untuk memiliki teman curhat lawan jenis, sedekat apapun kamu dengannya. Rasa nyaman yang kamu dapat ketika curhat padanya bisa membuatmu tergoda untuk pindah ke lain hati.

Curhat dengan Lawan Jenis Hingga Timbul Rasa Nyaman [image source]
Curhat dengan Lawan Jenis Hingga Timbul Rasa Nyaman [image source]
Hal ini mungkin agak sulit ya khususnya buat kamu yang sudah punya sahabat lawan jenis sejak lama. Tapi bagaimana pun ada hati pasangan yang harus kamu jaga. Ada pasangan yang harus mendapatkan perhatianmu lebih banyak dari orang lain. Kalau ada masalah, sebaiknya bicarakan langsung dengan pasanganmu. Bisa juga dengan teman dan sahabat, tapi bukan dengan yang lawan jenis. Atau untuk lebih amannya, kamu bisa berkonsultasi dengan anggota keluargamu.

Pada dasarnya yang terpenting adalah bagaimana agar kamu bisa menjaga komunikasi dengan pasangan. Supaya kalau ada masalah, tidak dipendam atau malah diumbar ke pihak ketiga. Sejak menjalin hubungan, buatlah kesepakatan dan komitmen dari awal tentang apa saja yang harus dilakukan kalau sedang ada masalah. Bersikap jujur dan terbuka sejak awal jauh lebih baik daripada bersikap pura-pura merasa baik, padahal ada masalah yang sedang dihadapi.

2. Menerima Terlalu Banyak Perhatian dari Pihak Ketiga

Bersikap ramah dan bergaul dengan semua orang itu sangat penting. Tapi berhatilah-hatilah jika ada seseorang yang memberimu terlalu banyak perhatian. Ia bisa jadi pihak ketiga yang membuat hubunganmu goyah dan rapuh. Apalagi kalau kamu membiarkannya terus mencampuri urusan pribadi dan kehidupanmu. Jangan sampai dia jadi sosok yang membangun tembok antara dirimu dengan pasanganmu sendiri.

 [image source]
Menerima Terlalu Banyak Perhatian dari Pihak Ketiga [image source]
Sekalipun kamu merasa kesepian atau kurang mendapat perhatian dari pasanganmu sendiri, tetaplah jaga diri dan hatimu. Perhatian yang kamu dapat dari orang tertentu bisa menimbulkan godaan yang sangat kuat untuk selingkuh. Seperti ikan yang akhirnya dilepas ke samudera, godaan untuk berenang jauh dan bebas sangatlah kuat. Tapi bagaimana pun ada tanggung jawab dan komitmen yang harus kamu pertahankan sejak awal. Ada hati yang tak bisa kamu tinggalkan begitu saja.

3. Selalu Menyimpan Masalah Sendiri, Tak Mau Membagi dengan Pasangan

Kamu punya kebiasaan ini? Menyimpan masalah seorang diri lama kelamaan akan membuatmu sangat terbebani. Seolah kamu menanggung semua hal seorang diri dan ini bisa membuatmu jatuh kapan saja. Kamu jadi berusaha untuk mencari ketenangan hati atau perhatian dari orang lain. Mencari tempat berlabuh yang baru.

 [image source]
Selalu Menyimpan Masalah Sendiri, Tak Mau Membagi dengan Pasangan [image source]
“Sticking to one person for a lifetime is not a waste of time or lack of better ones, it means you’ve found your place of eternity.”
― Michael Bassey Johnso.

Kalau punya masalah, ayolah bicarakan dulu dengan pasanganmu. Jangan hanya dipendam atau disimpan sendiri. Atau malah main petak umpet dengan pasanganmu sendiri. Mencintai seseorang itu artinya kamu percaya dan memberinya kepercayaan untuk jadi penyempurna hidupmu. Buktikan kamu mempercayainya untuk bisa jadi orang yang bisa diajak memecahkan masalah bersama. Kalau sudah ada rasa percaya di dalam hubunganmu, yakin deh kamu nggak akan tergoda untuk berselingkuh atau mencari orang lain.

4. Genit dan Masih Suka Tebar Pesona atau Cari Perhatian dari Orang Lain

Hayo, masih suka genit dan tebar pesona dengan lawan jenis? Sikap ini nantinya bisa menyeretmu dalam godaan selingkuh. Apalagi jika orang di sekitarmu mulai menunjukkan ketertarikan lebih dan memberi perhatian khusus padamu.

 [image source]
Genit dan Masih Suka Tebar Pesona atau Cari Perhatian dari Orang Lain [image source]
Kalau sudah punya pasangan dan berumah tangga, kamu perlu lebih berhati-hati bersikap dan bergaul di lingkaran sosialmu. Kalau masih suka curi-curi perhatian, wah kamu akan mudah sekali terbujuk dan tergoda untuk selingkuh.

“So many love affairs doesn’t survive, because the couple has been very loving to each other but with the time they stop respecting each other.” ― Amit Kalantri

Dalam sejumlah kasus, godaan berselingkuh itu muncul karena kebiasaan atau perilaku yang dilakukan oleh salah satu atau kedua pasangan itu sendiri. Khususnya sikap kita saat bergaul atau bersosialisasi dengan lawan jenis. Yang lebih penting lagi untuk diingat adalah tetap kendalikan diri ketika godaan untuk berselingkuh itu sangat kuat. Ingat lagi orang-orang tercinta yang mungkin akan terluka jika kamu nekat untuk berselingkuh.