Kecil tapi Cabe Rawit, Inilah Alasan Kenapa Jombang jadi Pilihan untuk Tinggal

Jombang memang termasuk kota kecil. Tapi jangan salah, pemilik julukan ‘Kota Santri” ini sangat recommended untuk dijadikan tempat tinggal. Memang, kota satu ini tak memiliki banyak tempat wisata. Tapi, Jombang memiliki banyak taman pendidikan islami dan pesantren.

Jika Anda sedang mencari tujuan tempat tinggal, tidak ada salahnya memilih Jombang. Kota yang pasti memberi suasana berbeda. Dan inilah rincian kenapa Jombang menjadi kota pilihan untuk tinggal.

1. Kota Tenang

Bagi yang tidak suka suasana kebisingan, Anda bisa memilih Jombang untuk ditinggali. Kota yang tenang memungkinkan Anda untuk hidup lebih rileks. Karena tak seperti kota lain, Jombang adalah kota yang tidak begitu ramai.

17376662
Kota tenang [ Image Source ]

Selain itu, jati diri kota ini masih terpelihara. Bisa dibayangkan bagaimana kota yang masih belum tersentuh budaya-budaya asing, bukan? Terasa lebih natural dan apa adanya.

2. Kota Santri

Ini juga jadi alasan masyarakat Jombang enggan meninggalkan kotanya. Julukan kota santri bukan hanya nama, sebagian besar penduduk Jombang memang religius. Jadi tak heran jika banyak pondok pesantren di sana.

1
Kota santri [ Image Source ]

Jombang sangat cocok untuk mereka yang ingin menimba ilmu Islam lebih dalam. Juga terdapat makam mantan presiden sekaligus tokoh agama untuk tempat berziarah. Jombang pasti membuat Anda betah. Jika tidak memiliki rumah di sana, Anda masih bisa tinggal di asrama pesantren.

3. Kota Durian

Bagi Anda penggemar durian, tidak ada salahnya singgah di Jombang. Karena di kota ini, lidah pasti dimanjakan dengan rasa manis buah berkulit tajam itu. Karena tak jauh dari kota Jombang, terdapat wisata yang memungkinkan untuk memetik durian langsung dari pohonnya.

2
Kota durian [ Image Source ]

Jombang termasuk surganya durian. Terlebih Wonosalam yang memiliki rasa durian yang khas dan terkenal sampai ke luar negeri. Inilah salah satu sebab Jombang jadi kota pilihan untuk tinggal.

4. Kota Beriman

Beriman sendiri akronim dari: Bersih Indah Nyaman. Di Jombang, sangat ditekankan untuk memelihara kebersihan. Jadi, jangan kaget jika melihat suasana kota sangat bersi, berbeda dari kota besar yang penuh sampah berserakan.

100_30083
Kota beriman [ Image Source ]

Tempat macam ini memang sangat layak huni. Suasananya bersih dan penuh tetumbuhan hijau alami. Sangat memungkinkan Anda akan hidup lebih sehat di kota kecil ini.

5. Kota Budaya

Adat istiadat di kota Jombang masih sangat dijunjung tinggi. Kota kecil ini rutin melakukan pawai sebagai hiburan bagi masyarakat. Selain hiburan, pawai juga bertujuan untuk mengenalkan budaya leluhur pada generasi muda.

pawai budaya jombang 9
Kota budaya [ Image Source ]

Selain pawai budaya, Jombang juga masih mempertahankan kuliner khasnya. Di pasar-pasar masih banyak makanan tradisional yang dijual, seperi onde-onde merah misalnya. Memiliki masyarakat tradisional dan cinta budayanya, bukankah itu kebanggaan tersendiri? Itulah sebab kenapa Jombang patut diacungi jempol.

Meski kota kecil, tapi Jombang sudah menjadi kota teladan bagi kota-kota lain. Jawa Timur cukup beruntung memiliki kota kecil namun damai seperti ini. Jadi, apakah Anda punya keinginan pindah ke Jombang?