Foto Tentang Kerukunan Agama Di Indonesia Bikin Adem

Dalam kehidupan Indonesia, agama memang memiliki peran penting. Bahkan dinyatakan dalam sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa.” Indonesia memiliki 6 agama yang dianut oleh para penduduknya. Dalam undang-undang, diberikan kebebasan bagi warga untuk memilih agama untuk dianut.

Meski memiliki agama yang berbeda, kita sebagai warna negara harus bisa saling menghargai satu sama lain. Seperti contoh-contoh gambar di bawah ini. Kerukunan ini pasti bisa ngasih banyak inspirasi.

Masjid dan Gereja Berdampingan

4834[ Image Source ]

Di Solo ada lho masjid yang bertetangga dengan gereja. Sejak dulu, masing-masing menganut agama saling berdampingan. Tidak ada sejarah perselisihan. Bahkan, mereka saling menjaga saat salah satu merayakan hari raya. Kalau rukun begini kan enak.

Harmoni Lintas Agama

159588[ Image Source ]

Di Semarang, setiap tanggal 3 Januari memperingati momen Harmoni Lintas Agama. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pemeluk agama. Mereka melakukan doa bersama yang ditujukan untuk bangsa. Kerukunan ini dianggap terbaik di dunia.

WNI Pamer Kerukunan Beragama di Hongoria

ed3819f4-dec2-4c96-a41f-c1337492985d_169 [ Image Source ]

Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Natal secara bersamaan memang momen yang membuat Hongoria takjub. Pesan kerukunan tersebut benar-benar disimak oleh warga. Acara ini mengusung tema, “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah.”

Doa Bersama Di Mataram

123385_doa-bersama-lintas-agama_663_382[ Image Source ]

Acara ini dihadiri para tokoh lintas agama. Selain itu, Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) Kristen F Bauer juga ingin menyeran info tentang kerukunan beragama di Mataram. Hebat! Bahkan tokoh asing sampai datang langsung, mungkin terinspirasi dengan beberapa suku di Mataram yang tetap damai  meski berbeda agama,

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)

walikota-fkub

Forum ini didirikan oleh masyarakat Balikpapan. Bagusnya lagi, forum ini difasilitasi pemerintah. Forum ini berdiri dengan tujuan membangun dan memberdayakan umat beragama. FKUB banyak berperan dalam memandu masyarakat Balikpapan untuk menjadikan kota mereka memiliki kerukunan beragama.

Saling menjaga, menghormati dan menghargai, itulah guna kerukuna beragama. Melihat hal itu diterapkan di negeri kita, rasanya tentram, kan? Di atas hanya sedikit contoh kerukunan di Indonesia. Kalau di tempatmu, bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *