5 Kesalahan Saat Membersihkan Gigi, Kamu Mungkin Melakukannya

Menyikat gigi adalah kegiatan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Rutin menggosok gigi juga akan membantu menghindarkan dari segala masalah mulut seperti sakit gigi atau bau mulut.

Selain baik untuk kesehatan, menggosok gigi juga baik untuk menjaga penampilan. Memiliki gigi yang putih dan bersih adalah dambaan setiap orang. Namun, untuk mendapatkan gigi putih dan bersih, seringkali orang melakukan lima kesalahan ini.

Langsung Menggosok Gigi Setelah Makan

Menggosok gigi setelah makan memang baik, hal itu dilakukan agar bakteri tidak sempat menempel dan merusak gigi. Namun, sebaiknya kamu jangan menggosok gigi langsung setelah makan, berilah jeda beberapa saat.

0[ Image Source ]

Sementara menyikat gigi langsung justru menyebabkan abrasi gigi. Setidaknya beri jeda sekita 20 menit untuk memberi kesempatan bagi air liur untuk membantu pencernaan, karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan.

Menggosok Gigi Terlalu Keras

Biasanya orang yang menyikat giginya terlalu bertenaga memiliki tujuan agar giginya lebih bersih. Meskipun setelahnya terlihat baik-baik saja, namun sebenarnya menyikat gigi terlalu keras memberikan dampak buruk bagi gigi serta gusi.

00[ Image Source ]

Sebab, menyikat gigi terlalu keras dapat meningkatkan sensitivitas gigi. Padahal, sensitivitas itu bisa terjadi dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Jika selalu memberi tekanan lebih pada saat menggosok gigi, akan memperburuk kondisi saat tua nanti.

Menyikat Gigi Terlalu Lama

Tiap orang pasti ingin memiliki gigi putih dan bersih. Hal itu membuat beberapa orang menyikat giginya lebih lama, tujuannya tentu agar lebih bersih. Namun sebenarnya hal itu justru berbahaya. Sebab terlalu lama menggosok gigi hanya mengikis lapisan gigi.

0[ Image Source ]

Terlalu lama menyikat gigi juga tidak baik untuk gusi. Gusi akan lebih rentan berdarah, apalagi jika sikat yang kamu gunakan terlalu keras, bisa-bisa masalah yang ditimbulkan bukan hanya gusi berdarah, tapi juga bengkak.

Menyikat Gigi Terlalu Sering

Kamu yang beranggapan bahwa semakin sering menggosok gigi maka semakin bersih gigi. Yang terjadi justru jauh dari harapan kamu. Karena gigi yang terlalu sering digosok justru menyebabkan kerusakan enamel dan email.

0[ Image Source ]

Enamel adalah bagian gigi yang paling keras. Fungsinya untuk melindungi saraf-saraf yang ada di dalamnya. Ketika enamel terkikis, otomatis perlindungan gigi semakin rendah. Akibatnya, gigi menjadi sensitif dan mudah ngilu.

Melakukan Teknik yang Salah

Teknik menyikat gigi sepertinya sering diabaikan. Kebanyakan orang menyikat gigi dengan cara menggosok dengan posisi lurus ke kanan dan ke kiri. Namun, dengan menggunakan cara tersebut tidka akan mendapatkan hasil yang optimal.

0[ Image Source ]

Sebaiknya, menggosok gigi dengan cara berputar. Saat kamu akan menggosok bagian belakang gigi, ubahlah posisi sikat secara vertikal agar dapat menjangkau seluruh bagian gigi. Selain itu, kamu juga baiknya lebih fokus pada bagian dalam, di mana banyak plak berkumpul.

Itulah lima kesalahan dalam membersihkan gigi. Barangkali lima hal tersebut adalah bumerang yang akan menyerang kita sendiri. Bukannya mendapat gigi yang bersih, malah kerusakan yang kita dapatkan. Mulai saat ini, jangan ulangi kesalahan menyikat gigi seperti lima hal di atas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *