Mengharukan, Kisah Balita 2 Tahun yang Survive Dari Penyakit Bawaan yang Mematikan

Dianugerahi buah hati adalah kado terindah bagi setiap pasangan di dunia. Namun tidak semua orang beruntung mendapatkan keturunan dalam keadaan yang sempurna beberapa diantaranya diuji dengan keturunan yang cacat baik fisik maupun psikis.

Seperti pasangan asal Wales bernama Emma Summerhill (38) dan suaminya Leighton (35). Buah hatinya didiagnosa menderita kelainan jantung bawaan yang sangat serius dan mematikan. Lantas bagaimana nasib si jabang bayi? Berikut ulasan lengkapnya yang nikin kita semua bakal terharu dan lebih menghargai nikmat sehat yang dianugerahkan Tuhan.

1. Kelainan Jantung Terdeteksi di Usia Kehamilan 20 Minggu

Pasangan asal Wales Selatan Emma Summerhill (38) dan suaminya Leighton (35) harusnya berbahagia menyambut kehadiran bayi mungil mereka yang telah lama dinantikan. Namun berita buruk menghampiri saat sang istri sedang mengandung si jabang bayi di usia 20 minggu.

a kelahiran bayi
Kelainan Jantung Terdeteksi di Usia Kehamilan 20 Minggu [ Image Source ]

Pada usia kandungan sekitar 5 bulan tersebut, petugas medis mendeteksi adanya kelaianan jantung bawaan yang diderita calon buah hati Emma dan Leighton. Dokter menjelaskan kondisinya sangat serius hingga akhirnya memberikan pilihan yang sangat sulit untuk pasangan tersebut.

2. Tiga Pilihan Yang Sulit Untuk Dipilih

Saat tim dokter mendiagnosa bayi dalam kandungan Emma mengalami kelainan jantung bawaan yang sangat mematikan, petugas medis lantas memberikan pilihan yang sangat sulit bagi pasangan ini. Ada tiga pilihan yang kesemuanya tidak ada yang menggembirakan.

b operasi jantung
Oprasi jantung [ Image Source ]

Pilihan pertama, tim dokter menawarkan untuk menggugurkan kandungan yang telah berumur 5 bulan. Sedangkan pilihan kedua, membiarkan bayi lahir dan mati secara alami atau pilihan ketiga yaitu membiarkan lahir dan melakukan operasi jantung dengan keberhasilan yang belum pasti.

3. Emma dan Leighton Mengambil Keputusan Beresiko

Ketiga pilihan yang ditawarkan tim dokter tidak ada yang memihak pada buah hati mereka dengan kata lain apapun yang dipilih kemungkinan selamat bayi mereka sangatlah kecil. Namun apa yang dilakukan orang tua ini sungguh membuat kita semua merinding.

c pasca operasi
Pasca operasi [ Image Source ]

Mereka berfikir bahwa sang buah hati berhak mendapatkan kesempatan untuk lahir ke dunia dan menghirup udara meski hanya sesaat. Mereka sepakat untuk terus menjaga kandungannya dan mencoba pilihan ketiga yaitu melakukan operasi jantung dengan segala resikonya.

4. Mengenal Pulmonary Atresia

Pulmonary Atresia atau atresia paru adalah suatu kondisi dimana darah tidak mengalir antara ventrikel kanan jantung ke paru-paru untuk mengambil oksigen. Dalam bahasa awam ada salah satu bagian dalam jantung yang tidak terbentuk sempurna sehingga dapat menyebabkan gagal jantung dan meninggal dunia.

d bayi lahir cacat jantung
Bayi lahir cacat jantung [ Image Source ]

Penyebab penyakit ini tidak diketahui namun gejalanya bisa dideteksi seperti kulit berwarna kebiruan, bernafas cepat, mudah lelah, sesak nafas dan juga mudah terpancing emosi. Cara mengatasi kelainan ini antara lain dengan operasi kateterisasi jantung dan juga operasi terbuka untuk mengganti katup jantung hingga transplantasi jantung.

5. Summerhill Kecil Mampu Bertahan Hidup

Sejak bayi ini dalam kandungan telah didiagnosa mengalami atresia paru, orang tuanya telah memberikannya nama yaitu Harriet Summerhill. Tanpa putus asa pasangan ini berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk bayi perempuan mereka meski harus melewati operasi bedah terbuka dengan resiko besar mengingat operasi dilakukan pada bayi.

e survive
Survive [ Image Source ]

Dalam kepasrahan orang tuanya tanpa diduga Summerhill kecil mempu melewati segala ujian dan bertahan hidup. Kini ia berusia 2 tahun yang mana orang tuanya tidak menduga akan bisa melihat anak mereka merayakan ulang tahunnya. Tentu ini menjadi pengalaman hidup paling mengharukan yang dialami pasangan Emma dan Leighton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *