Traveling Anti Mainstream Ke 7 Kuburan Keren yang Menarik Dikunjungi Sebelum Mati

Departments of Solóla

Kuburan atau pemakaman selalu identik dengan jasad orang meninggal dan rumah bagi cerita-cerita menyeramkan. Kuburan ini pula menjadi salah satu tempat paling ampuh untuk mengingatkan manusia bahwa mereka bukanlah makhluk abadi yang mana pada suatu hari nanti akan menyusul para pendahulu yang sudah tiada.

Jika mengunjungi kuburan di Indonesia membuat kamu merinding dan ketakutan setengah mati maka lain halnya jika kamu mengunjungi kuburan-kuburan di luar negeri ini. Pasalnya kuburan-kuburan ini memiliki bangunan yang unik baik itu bentuk nisan atau pagar penghiasnya. Bahkan beberapa diantaranya memiliki pemandangan yang sangat keren. Inilah 7 kuburan yang menarik untuk traveler kunjungi sebelum mati.

1. The Merry Cemetery – Romania

Kuburan atau pemakaman pertama yang layak untuk traveler kunjungi adalah The Merry Cemetery, sebuah pemakaman yang terletak di kota Sapanta, Romania. Pemakaman ini sama sekali tidak terlihat menyeramkan malah sebaliknya dengan nisan berbentuk salib berwarna-warni penuh pernak-pernik serta lukisan dari orang yang dimakamkan.

The Merry Cemetery
The Merry Cemetery [via]
Ide makam yang blink-blink ini adalah warisan dari orang Dacia yang percaya bahwa kematian hanya suatu bagian dari kehidupan baru yang lebih baik. Jadi mereka menganggap kematian bukanlah musibah atau hal yang menyedihkan sebab mereka percaya jika orang yang mati akan segera bertemu dengan dewa tertinggi, Zalmoxis. Gambaran kuburan yang ceria tersebut menjadi simbol bahwa kematian harus disambut dengan suka cita.

2. Tulcan Cemetery – Ekuador

Sepintas tidak ada yang mengira jika taman yang cantik di ekuador ini adalah sebuah pemakaman. Tidak nampak sama sekali kesan angker atau pun deretan nisan di area tersebut yang ada hanya tugu-tugu berbentuk unik yang ditumbuhi tanaman merambat hijau. Namun siapa sangka jika taman itu sebenarnya adalah pemakaman umum dengan pembatas pagar yang dibuat menjadi berbagai bentuk seperti binatang, malaikat, simbol inka dan bentuk-bentuk imut lainnya.

Tulcan Cemetery
Tulcan Cemetery [via]
Pada mulanya kuburan ini sama dengan kuburan lain yang punya kesan angker, tapi setelah ada tukang kebun yang punya darah seni, kuburan tersebut diubah menjadi seperti taman yang indah. Semak-semak pembatas makam dari pagar hidup ia pangkas dan mendekorasinya menjadi berbagai bentuk menarik. Traveler bisa menemukan bantuk gajah, malaikat dan bentuk lainnya. Setelah kuburan ini berubah wajah menjadi lebih bersahabat, banyak traveler yang berkunjung ke Ekador menyempatkan diri unutk mampir ke Tulcan Cemetery.

3. Kuburan di Guatemala

Kuburan-kuburan di Guatemala bukan sekedar menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi orang yang sudah mati tapi juga menjadi salah satu destinasi wisata. Warga yang tinggal di negara tersebut memiliki tradisi mengecat setiap batu nisan yang ada di pemakaman. Sehingga pemandangan di pemakaman menjadi indah dan tidak lagi menyeramkan.

Departments of Solóla
Departments of Solóla [via]
Beberapa makam terkenal yang memiliki wajah berwarna-warni adalah Departments of Solóla dan ChichicastenangoXela. Makam tersebut telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dengan tujuan berziarah maupun mereka yang penasaran dengan keindahan makam tersebut. Umumnya nisan-nisan yang ada di kuburan tersebut dicat warna-warni serta didekorasi dengan aneka lukisan menarik.

4. Punta Arenas Cemetery – Chile

Tepat di pusat kota Punta Arenas, Chile terdapat makam yang didominasi oleh batu marmer putih. Pemakaman ini berada di kaki Patagonia dan terletak di dekat pesisir pantai sehingga aura angker dari kuburan tidak nampak di sana. Malah dari area pemakaman ini traveler bisa melihat pemandangan pantai yang indah serta deretan makam marmer yang unik-unik.

Punta Arenas Cemetery
Punta Arenas Cemetery [via]
Beberapa makam terlihat lebih megah dibanding makam yang lainnya. Tentu hal tersebut menandakan sosok orang yang dikubur di dalamnya dimana makam dengan marmer mewah biasanya adalah makam dari orang-orang elit di Chile. Makam-makam di kuburan ini dihiasi dengan bunga-bunga yang berwarna-warni serta cat yang mencolok. Kawasan di sekeliling makam pun ditumbuhi oleh pohon-pohon cemara yang makin menambah asri suasana sekitar.

5. Calvary Cemetery – Amerika Serikat

Lokasi dari Calvary Cemetery sangat tidak biasa karena berada di dekat pusat perkotaan. Dari area pemakaman para peziarah bisa melihat dengan jelas deretan gedung pencakar langit kota New York. Familiar dengan kuburan di dalam foto tersebut guys? Wajar saja sebab makam ini juga pernah menjadi tempat syuting beberapa film Hollywood salah satunya adalah film berjudul God Father.

Calvary Cemetery
Calvary Cemetery [via]
Calvary Cemetery menyuguhkan indahnya pemandangan kota New York yang memiliki banyak sekali gedung pencakar langit. Pemakaman ini begitu terkenal lantaran di dalamnya juga dimakamkan banyak tokoh terkenal mulai dari mafia, pendiri kota hingga pelindung kota. Bukan hal yang aneh jika banyak fotografer datang ke pemakaman untuk mengabadikan gambaran pemakaman yang bersandingan dengan area perkotaan.

6. Waverly Cemetery – Australia

Waverly Cemetery adalah pemakaman umum di Sydney, Australia yang berada di tebing yang menghadap ke lautan lepas. Tempat ini layak traveler kunjungi sebelum mati sebab dari pemakaman ini selain mereka bisa mengingat akan kematian mereka juga bisa menyaksikan indahnya pemandangan laut yang terhampar luas di depan mata.

Waverly Cemetery
Waverly Cemetery [via]
Layaknya kuburan dari umat non-Muslim bahwa makam-makam di Waverly Cemetery memiliki nisan berbentuk salib dengan ukuran yang besar dengan aneka bentuk yang berbeda-beda. Ditambah keberadaan laut di seberang makam ini membuat kuburan tersebut praktis hampir tidak memiliki kesan angker. Di kuburan ini pula telah dimakamkan lebih dari 200 veteran perang, beberapa artis terkenal serta legenda olahraga Australia. Sejak dibuka pada tahun 1877, sudah ada sekitar 8.000 orang dimakamkan di Waverly Cemetery.

7. Okunoin Cemetery – Jepang

Okunoin Cemetery adalah kuburan yang paling terkenal di Jepang dan menjadi situs ziarah bagi agama Budha. Kuburan yang dikhususkan sebagai makam pemeluk agama Budha ini berada di dalam hutan di Gunung Koya. Dari sekian banyak kuburan yang ada terdapat satu kuburan yang paling dikeramatkan dan berumur paling tua yaitu makam seorang Budhisme sekaligus pendiri makam bernama Kobo Daishi.

makam di jepang
makam di jepang [via]
Umumnya mereka yang dikubur di pemakaman Okunoin adalah mereka pengikut setia Kobo Daishi. Jangan heran pula jika berkunjung ke sana banyak makam yang di atasnya terdapat patung-patung budha. Bukan patung Budha biasa melainkan patung dari jasad yang dikuburkan di bawahnya. Jadi orang yang dikubur di Okunoin Cemetery akan dibuatkan patung yang mirip dirinya dan diletakkan di atas makamnya. Tertarik mengunjungi salah satu makam di atas?