7 Kuliner Yang Bikin Kangen Sama Jawa Timur

Kuliner Indonesia memang nggak bakal mati meski banyak restoran cepat saji. Di setiap daerah, pasti memiliki makanan khas yang jadi andalan. Termasuk Jawa Timur.

Sudah bukan rahasia jika kuliner Jawa Timur memang markotop. Banyak sekali negara asing yang menjual menu-menu asal Jawa. Kelezatan rasanya selalu identik dengan suasana di Jawa Timur. Tak heran jika sedang mencicipi makanan-makanan ini, kamu bakal kangen sama Jawa Timur.

 

Rawon

Kuah hitam yang berasal dari kluwek ini pasti tidak akan kamu temui pada kuliner lain. Rasanya yang lezat, banyak disuka segala kalangan. Cocok dijadikan menu hajatan.

rawon-daging-khas-jawa-timur

[ Image Source ]

Rawon sudah jadi menu andalan Jawa Timur. Bahkan di kota-kota besar banyak sekali rumah makan yang menjadikan rawon sebagai menu utama. Jika kamu sedang berada jauh dari Jawa Timur dan kebetulan menikmati kuliner satu ini, dijamin bakal kangen balik ke Jawa Timur, deh.

 

Bakso Malang

Bakso di mana-mana memang banyak, tapi apa sama dengan bakso Malang? Tentu tidak. Bakso Malang jelas punya ciri khas tersendiri. Bagi kamu yang pernah nyoba, pasti bawaannya kangen sama kota Malang.

bakso-malang

[ Image Source ]

Dalam mangkuk bakso Malang, kamu bakal nemuin berbagai macam isi selain bola daging. Ada tahu isi, somay, goreng, mie. Pokoknya bervariasi dan pasti tidak akan bikin lidah kamu bosan.

 

Soto

Makanan ini lho yang pasti ngingetin kamu sama Lamongan. Soalnya soto memang identik sama salah satu kota di Jawa Timur ini. Depot soto saat ini memang ada di mana-mana.

photo

[ Image Source ]

Bagi yang suka nyicip kuliner satu ini, apa bisa bedain rasa soto lamongan dan soto biasa? Soto lamongan punya ciri khas, yaitu taburan bubuk koya di atasnya. Makan soto, bisa nggak sih ngobatin rasa kangen sama Jawa Timur?

 

Rujak Cingur

Siapa yang tahan godaan kuliner satu ini? Dengan harga murah meriah, kamu bisa nikmatin seporsi rujak yang pasti bikin kamu kenyang. Kuliner ini masih populer di Indonesia hingga kini.

Rujak-Cingur-Spesial

[ Image Source ]

Rujak memang identik dengan Jawa Timur. Perpaduan antara sayur-sayuran dan irisan cingur yang kenyal, kemudian disiram dengan bumbu kacang petis yang lezat. Duh, menikmati rujak cingur, pasti bawaannya pengen melancong keliling Jawa Timur.

 

Pecel

Di Kediri, pecel seperti menu wajib yang pasti ada di meja makan. Rasanya yang enak memang tidak pernah bikin lidah bosan. Kalau makan pecel, pasti keinget sama kota tahu ini.

nasi-pecel-sego-pecel-sambel-pecel-pecel-madiun-sambel-pecel-madiun-sego-pecel-madiun-madiun-makanan-khas-madiun

[ Image Source ]

Pecel sendiri sering disajikan dengan rempeyek kacang. Perpaduan antara pecel dan rempeyek memang seperti jodoh tak terpisahkan. Kuliner ini juga murah meriah, hanya menyediakan budget sekitar 7000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati Jawa Timur di lidah.

 

Gado-gado

Kuliner ini juga dijual di New York, lho. Nggak percaya? Coba saja jalan-jalan ke sana kalau punya dana lebih. Tapi jangan menyesal ya, kalau makan pecel di New York, kamu bakal ditagih USD 10 atau sekitar 110.000 rupiah.

Resep-Gado-Gado-Spesial-Enak

[ Image Source ]

Tak usahlah jauh-jauh kalau mau menikmati gado-gado. Toh di Indonesia juga banyak. Makanan berisi sayuran, tahu, tempe yang disiram dengan bumbu kacang ini punya rasa original Jawa Timur. Ngangenin banget, deh.

 

 

Urap-urap

Kuliner ini juga biasa disebut dengan ‘Krawu’. Makanan ini berupa rebusan berbagai macam sayuran, kemudian ditambah dengan parutan kelapa yang sudah berbumbu. Kelezatannya memang jadi cerminan Jawa Timur.

A LODHO AYAM 2

[ Image Source ]

Cara membuatnya cukup mudah. Menu ini juga sering ada di meja makan orang Jawa. Menu yang tentu saja dikangeni penduduk Jawa yang sedang merantau jauh di sana.

Jawa Timur memang sangat kaya akan kuliner. Beberapa di antaranya bahkan sudah dikenal sampai  ke luar negeri. Bule saja kangen sama makanan Jawa Timur, kamu kangen juga?