Memanjakan Lidah Dengan Kuliner Khas Jerman Yang Dijamin Bikin Ketagihan

Bratwurst

Punya hobi berkeliling dunia? Tak ada salahnya untuk mampir sejenak di Jerman dan menikmati keragaman budaya di negara tersebut. Jerman memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Eropa.

Selain memiliki arsitektur bangunan yang indah, yang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan, Jerman juga diberkahi dengan pemandangan alamnya yang elok.

Nah, agar liburan Anda di Jerman terasa semakin lengkap, wajib hukumnya untuk mencicipi kuliner khas dari negara yang beribukota di Berlin ini. Penasaran? Yuk simak bersama!

1. Currywurst

Currywurst adalah salah satu makanan cepat saji paling populer di Jerman. Camilan lezat ini rupanya sangat populer di Berlin dan daerah Rhine-Ruhr. Dan bukan cuma orang tua yang menyukai jajanan lezat ini, penggemar currywurst juga datang dari kalangan anak muda lho.

Currywurst
Currywurst [via]
Kuliner unik ini berisi sosis yang dipanggang atau digoreng, lalu kemudian dipotong dalam irisan besar. Setelah itu, saus tomat dan bubuk kari ditambahkan di atas potongan sosis. Camilan ini biasanya disajikan bersama kentang goreng, sehingga bisa lebih mengenyangkan.

2. Bratwurst

Jerman memang terkenal dengan sosisnya yang lezat. So, tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi Bratwurst, sosis khas Jerman yang kelezatannya sudah mendunia. Bratwurst biasanya terbuat dari daging sapi atau babi.

Bratwurst
Bratwurst [via]
Usut punya usut, Bratwurst sendiri rupanya memiliki lebih dari 40 varian lho. Jadi, setiap wilayah di Jerman memiliki resep Bratwurst versi mereka sendiri, sehingga variasinya sangat beragam. Cara penyajian Bratwurst di setiap daerah juga berbeda. Namun, sebagian besar dari mereka memang menghidangkannya sebagai camilan.

3. Schwarzwaelder Kirschtorte alias Kue Black Forest

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan dari kue Black Forest. Jika Anda adalah salah satu penggemar kue ini, wajib hukumnya untuk merasakan Schwarzwaelder Kirschtorte, kue Black Forest khas Jerman. Well, memang banyak yang meyakini bahwa kue Black Forest berasal dari Jerman. Hal ini karena nama dari kue tersebut diambil dari sebuah kawasan hutan yang populer di Jerman.

black forest cake
black forest cake

Di Jerman, Black Forest adalah nama dari sebuah kawasan pegunungan yang ditutupi dengan area hutan yang sangat lebat. Hutan Black Forest juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jerman lho. Nah, ciri khas dari Schwarzwaelder Kirschtorte sendiri adalah rasa cerinya yang dominan. Selain itu, kue ini juga diberi rum agar rasanya jadi lebih kuat. Wah, jadi lapar ya!

4. Luebeck Marzipan

Saat bertandang ke Jerman, jangan lewatkan untuk mencicipi camilan manis ini. Luebeck Marzipan juga biasa disebut Luebecker Marzipan atau hanya Luebecker saja. Camilan unik ini merupakan makanan khas dari Luebeck, sebuah kota yang berada di utara Jerman.

Luebeck Marzipan [Image source]
Luebeck Marzipan [Image source]
Memang, marzipan tidak hanya ditemukan di Jerman, namun Luebecker punya cita rasa yang berbeda. Marzipan yang dibuat di Luebeck dibuat dari 100 persen pasta almond dan gula. Kue ini biasanya juga sering dijumpai dalam perayaan ulang tahun, pernikahan, dan Natal.

5. Stollen

Stollen adalah salah satu jenis roti yang populer di Jerman. Roti ini biasanya dibuat dari cincangan manisan buah dan/atau buah kering, kacang-kacangan dan juga rempah-rempah. Untuk penyajiannya, bagian atas kue biasanya diberi gula bubuk atau gula icing sebagai pemanis.

Stollen [Image source]
Stollen [Image source]
Selain disantap sebagai teman minum teh di sore hari, kue tradisional khas Jerman ini juga menjadi hidangan pelengkap dalam acara-acara spesial seperti Natal.

Wah, kalau berbicara tentang makanan, perut jadi terasa lapar yah. Nah, kelima makanan itu adalah kuliner khas Jerman yang wajib dicoba. Dijamin, rasanya pasti bisa bikin Anda ketagihan!