5 Pesona Kuningan Yang Pasti Bikin Kamu Krasan

Setiap kota memang memiliki ciri khas yang membedakan dengan kota lain. Demikian dengan Kuningan. Kuningan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Lokasinya berbatasan langsung dengan Cirebon, Brebes, Majalengka dan Ciamis.

Mungkin nama kota Kuningan tidak sebeken Malang yang dikenal dengan wisatanya yang menawan. Padahal, sejatinya kota ini benar-benar memesona. Nggak kalah deh dengan kota wisata lainnya. Terlebih, Kuningan lebih menonjolkan penampilan alam yang alami. Datangi kota ini, kamu pasti merasa sedang berada di desa yang masih ‘perawan’. Butuh refreshing? Kamu wajib datangi tempat ini!

Gunung Ciremai

Saat kamu melakukan perjalanan menuju gunung Ciremai, sepanjang mata memandang pasti kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang bikin hati adem. Gunung Ciremai merupakan obyek wisata paling digemari para pendaki.

0[ Image Source ]

Persawahan membentang, pasti membuat kamu ngerasa melewati lorong waktu dan menjelajah desa tempo dulu. Nuansa alami ini cocok buat kamu para orang kota yang selama ini sibuk kerja. Menginap di Kuningan selama beberapa hari pasti bikin tubuh dan pikiran lebih bugar.

Telaga Remis

Sebuah danau besar yang terletak di bawah gunung Ciremai. Menjadi salah satu obyek wisata yang difavoritkan di Kuningan. Lokasinya terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Saat mengunjungi tempat ini, dijamin mata kamu bakal terpukau dengan pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

[ Image Source ]

Udaranya di sekitar danau juga sejuk, sebab telaga ini dikelilingi dengan pepohongan rindang. Di sini juga disediakan berbagai fasilitas, seperti sepeda air, perahu motor. Jika ingin menginap beberapa hari, kamu juga bisa menyewa penginapan yang terletak tak jauh dari danau.

Waduk Darma

Waduk ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota. Lokasinya terletak di sebelah barat daya Kuningan. Waduk ini berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan serta perikanan.

0[ Image Source ]

Yang menawan, waduk ini dikelilingi oleh lembah yang sangat indah. Di sini, kamu bisa bermain fly fox (outbound). Jika ingin berkemah, tersedia juga fasilitas yang bisa kamu sewa. Sebab, sangat disayangkan jika kamu mengunjungi tempat indah ini tanpa menginap.

Palutungan

Palutungan adalah kawasan hutan yang digunakan untuk berkemah. Bagi kamu yang merasa pecinta alam, hukumnya kudu mendirikan tenda di Palutugan. Praktisnya, kawasan ini dilengkapi dengan MCK dan musola, kamu tak perlu repot-repot kabur ke sungai kalau ada panggilan alam.

0[ Image Source ]

Lokasi wisata unik ini terletak di desa Setianegara, kacamatan Cigugur. Jika singgah di Kuningan, sempatkan diri untuk relaksasi menikmati nuansa alam dengan keaneka ragaman flora dan fauna.

Curug Sidomba

Merupakan obyek wisata air terjun eksotis yang terletak di desa Peusing, Jalaksana. Wisata ini juga terletak di bawah kaki gunung Ciremai. Yang unik di sini adalah, air terjun ini merupakan hasil buatan manusia. Meski begitu, tetap saja terlihat indah dan menarik untuk dikunjungi.

0 Image Source ]

Di bawah air terjun ini juga digunakan untuk memelihara berbagai jenis ikan. Nama Sidomba sendiri, mungkin diambil dari jenis hewan yang dipelihara di tempat ini, yaitu domba.

Mengisi waktu liburmu, Kuningan adalah kota yang sangat recommended untuk dikunjungi. Selain indah, nuansa alami juga bermanfaat untuk melepas penat setelah otak dibuat lelah dengan pekerjaan. Manjakan diri dengan nuansa pegunungan hingga telaga jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *